Penerapan Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Kafe di Sukanagara - Cianjur (Studi Kasus pada Haku Kafe)

Aldy Santo Hegiarto (1), Ratna Nabila Ristiani (2)
(1) Universitas Teknologi Digital Bandung, Indonesia,
(2) Universitas Teknologi Digital Bandung, Indonesia

Abstract

Konsep bauran pemasaran dapat digunakan dalam membantu memahami produk yang akan dipasarkan, juga membantu dalam memaksimalkan kepuasan pelanggan. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana strategi Marketing Mix yang dilakukan oleh Haku Kafe serta mengetahui pengaruh Marketing Mix terhadap Kepuasan Pelanggan pada Haku Kafe Cianjur. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Penelitian ini befokus pada penerapan strategi marketing mix dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan menggunakan strategi marketing mix 4p (product, price, place, dan promotion). Metode  penelitian kualitatif deskriptif pada enelitian ini dan cara teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari ke-empat variabel marketing mix  (produk, harga, promosi dan tempat) masing masing memiliki peranan yang berdampak terhadap kepuasan pelanggan, namun hanya variabel promosi yang kurang signifikan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di Haku kafe.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Aldy Santo Hegiarto
Ratna Nabila Ristiani
ratna10120895@digitechuniversity.ac.id (Primary Contact)
Hegiarto, A. S., & Ristiani, R. N. (2024). Penerapan Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Kafe di Sukanagara - Cianjur (Studi Kasus pada Haku Kafe). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2). https://doi.org/10.30651/jms.v9i2.22514

Article Details