Analisis Pengaruh Stock Split dan Reverse Stock Split Terhadap Abnormal return (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2018)

Dedy Januar (1), Agung Tri Putranto (2), Agus Susanto (3)
(1) a:1:{s:5:"en_US";s:31:"Universitas Teknologi Nusantara";}, Indonesia,
(2) Universitas Teknologi Nusantara, Indonesia,
(3) Universitas Teknologi Nusantara, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh pengumuman Stock Split  dan reverse Stock Split  terhadap abnormal return perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel-variabel yang diuji dalam penelitian ini adalah Stock Split  dan reverse Stock Split . Penelitian ini menggunakan sampel 13 perusahaan terpilih yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang melakukan kebijakan Stock Split  dan juga 2 perusahaan terpilih yang melakukan kebijakan reverse Stock Split  selama periode tahun 2017-2018 dengan menggunakan metode purposive sampling. Variabel- variabel tersebut dilakukan uji normalitas data dengan menggunakan kolmogorov smirnov. Setelah diketahui data berdistribusi normal maka dilakukan uji beda menggunakan statistik parametrik paired sample t-test pada level signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah Stock Split  begitu pula tidak terdapat perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah reverse Stock Split .

Full text article

Generated from XML file

Authors

Dedy Januar
dedyjanuar24@gmail.com (Primary Contact)
Agung Tri Putranto
Agus Susanto
Januar, D., Putranto, A. T., & Susanto, A. (2024). Analisis Pengaruh Stock Split dan Reverse Stock Split Terhadap Abnormal return (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2018). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(2). https://doi.org/10.30651/jms.v9i2.22282

Article Details