Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Di Bank Syariah Mandiri Kcp Ampel Surabaya

Authors

  • Abdul Mujib Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Izzah Fikroh Basyariyah Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

Abstrak

Dalam Rukun Islam yang kelima, yaitu Haji, umat Islam khususnya diwajibkan kepada setiap yang mampu untuk menunaikan Ibadah Haji. Di zaman yang modern ini, telah banyak perkembangan yang dapat mempengaruhi pola pikir, pola hidup serta pola perilaku dalam diri manusia. Dalam mengambil kesempatan ini, Bank Syariah Mandiri KCP Ampel Surabaya, menyediakan produk Tabungan Mabrur untuk memudahkan umat Islam dalam mempersiapkan Ibadah Hajinya, dari pembukaan rekening Tabungan Mabrur dengan akad Mudharabah Muthlaqah, persyaratan yang diberikan di awal, penyetoran awal tabungan, hingga mendapat porsi dan bank akan mendaftarkan secara online ke SISKOHAT.

 

Penelitian ini merumuskan masalah implementasi strategi pemasaran produk Tabungan Mabrur ke dalam dua rumusan, yang pertama penulis akan membahas tentang strategi pemasaran produk tabungan mabrur dan yang kedua penulis akan membahas tentang implementasi strategi pemasaran untuk menigkatkan produk tabungan mabrur di Bank Syariah Mandiri KCP Ampel Surabaya.

 

Penelitian ini menggunakan kajian pustaka dengan jenis data kualitatif, yang datanya diperoleh dari kajian pustaka (Buku, jurnal, artikel, hasil wawancara terstruktur dan sumber data lainnya) yang bersangkutan dengan analisis implementasi strategi pemasaran produk tabungan mabrur di bank Syariah Mandiri KCP Ampel Surabaya.

 

Strategi pemasaran yang digunakan dalam produk Tabungan Mabrur ialah dengan menggunakan beberapa macam strategi yaitu melihat dari segi segmentasi, membuat target, lalu melakukan posisi dari Bank Syariah Mandiri KCP Ampel Surabaya, setelah itu melakukan diferensiasi dan yang terakhir merancang bauran pemasaran yang akan dilakukan, ada 5 macam bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat, promosi dan manusia.

 

Kata Kunci :  peningkatan nasabah; strategi pemasaran; tabungan mabrur

Downloads

Published

2022-08-07

How to Cite

Abdul Mujib, & Izzah Fikroh Basyariyah. (2022). Analisis Implementasi Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mabrur Di Bank Syariah Mandiri Kcp Ampel Surabaya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/Mas/article/view/21731

Issue

Section

Artikel