Analisis Kinerja Marketing dalam Menawarkan Produk Pembiayaan Mudharabah di BMT Raudhah

Authors

  • Tuti Anggraini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmad Sabili Yuhda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21583

Abstract

Mengenai Baitul Mal wat-Tamwil (BMT), salah satu lembaga keuangan syariah yang sedang berkembang di Indonesia. Secara etimologi (secara bahasa) adalah Bait yang berarti rumah, Mal yang berarti harta, dan Tamwil artinya kelimpahan. Secara terminologi, Baitul Mal wat-Tamwil (BMT) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan manufaktur dan investasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas perekonomian skala mikro dan kecil, serta mendorong kegiatan tabungan dan mendukung pembiayaan perekonomian. Dan juga sebagai pusat bisnis mandiri yang mengembangkan kegiatan usaha. Selain itu, BMT juga mencanangkan program penerimaan simpanan Zakat, Infaq, dan Sedekah serta disalurkan sesuai ketentuan dan kewajibannya. Berdirinya BMT (Baitul Mal wat-Tamwil) di Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah sangat mendukung kami dan BMT telah memengaruhi sistem perekonomian warga dan santri di lingkungan Pondok Pesantren ada yang bisa diberikan pengetahuan. Umat Islam tidak hanya menjadi penyedia jasa keuangan, namun juga menyebarkan ilmu agama. Jenis pembiayaan yang umum di BMT adalah akad mudharabah. Mudharabah adalah akad jual-beli yang mana pihak Bank sebagai penjual, dan nasabah sebagai pembeli.

Downloads

Published

2024-01-22

How to Cite

Tuti Anggraini, & Ahmad Sabili Yuhda. (2024). Analisis Kinerja Marketing dalam Menawarkan Produk Pembiayaan Mudharabah di BMT Raudhah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1). https://doi.org/10.30651/jms.v9i1.21583

Issue

Section

Artikel