Pengaruh Etika dan Tanggung Jawab Sosial terhadap Pemasaran Global

Authors

  • Fadillah Hanum Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Mhd. Arifta Pulung Tumangger Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Via Alya Huda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Suhairi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.21320

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh etika dan tanggungjawab sosial terhadap pemasaran global. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatf deskripsi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hakikat etika bisnis dapat diartikan sebagai cara menjalankan kegiatan bisnis yang mencakup aspek individu, perusahaan, industri, dan masyarakat secara keseluruhan. Etika bisnis berfokus pada standar moral yang diterapkan pada kebijakan, institusi, dan tindakan bisnis, dan juga mencerminkan studi tentang nilai-nilai moral tentang benar dan salah. Intinya, etika bisnis adalah pandangan kritis terhadap moralitas dalam konteks ekonomi dan bisnis. Secara umum prinsip-prinsip yang tercakup dalam bisnis yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan erat kaitannya dengan nilai-nilai yang diterima masyarakat. Menurut Sonny Keraf prinsip-prinsip etika bisnis dapat dirinci sebagai berikut; Prinsip otonomi, Prinsip kejujuran, Prinsip keadilan, Prinsip saling menguntungkan (mutual benefit principle) dan Prinsip integritas moral. Relevansi etika bisnis di era global kini telah merambah ke dimensi global sehingga memunculkan warna-warna unik dalam setiap aspek kehidupan. Dalam konteks yang lebih luas, negara-negara terlibat dalam dinamika bisnis global. Setiap negara mempunyai sumber dayanya masing-masing, sehingga tidak terasa setiap negara memiliki semua sumber daya yang dibutuhkannya. Sejak zaman ekspedisi Eropa ke Asia untuk mencari rempah-rempah hingga perdagangan minyak internasional, fakta menunjukkan bahwa keberadaan bisnis antar bangsa sudah menjadi hal yang tidak dapat dihindari.

Katakunci: Pengaruh Etika dan Tanggungjawab Sosial,  Pemasaran Global

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Fadillah Hanum, Mhd. Arifta Pulung Tumangger, Via Alya Huda, & Suhairi. (2023). Pengaruh Etika dan Tanggung Jawab Sosial terhadap Pemasaran Global. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(4). https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.21320

Issue

Section

Artikel