Pengaruh Etika dan Tanggung Jawab Sosial terhadap Pemasaran Global
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v8i4.21320Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang pengaruh etika dan tanggungjawab sosial terhadap pemasaran global. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatf deskripsi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hakikat etika bisnis dapat diartikan sebagai cara menjalankan kegiatan bisnis yang mencakup aspek individu, perusahaan, industri, dan masyarakat secara keseluruhan. Etika bisnis berfokus pada standar moral yang diterapkan pada kebijakan, institusi, dan tindakan bisnis, dan juga mencerminkan studi tentang nilai-nilai moral tentang benar dan salah. Intinya, etika bisnis adalah pandangan kritis terhadap moralitas dalam konteks ekonomi dan bisnis. Secara umum prinsip-prinsip yang tercakup dalam bisnis yang berkualitas tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan erat kaitannya dengan nilai-nilai yang diterima masyarakat. Menurut Sonny Keraf prinsip-prinsip etika bisnis dapat dirinci sebagai berikut; Prinsip otonomi, Prinsip kejujuran, Prinsip keadilan, Prinsip saling menguntungkan (mutual benefit principle) dan Prinsip integritas moral. Relevansi etika bisnis di era global kini telah merambah ke dimensi global sehingga memunculkan warna-warna unik dalam setiap aspek kehidupan. Dalam konteks yang lebih luas, negara-negara terlibat dalam dinamika bisnis global. Setiap negara mempunyai sumber dayanya masing-masing, sehingga tidak terasa setiap negara memiliki semua sumber daya yang dibutuhkannya. Sejak zaman ekspedisi Eropa ke Asia untuk mencari rempah-rempah hingga perdagangan minyak internasional, fakta menunjukkan bahwa keberadaan bisnis antar bangsa sudah menjadi hal yang tidak dapat dihindari.
Katakunci: Pengaruh Etika dan Tanggungjawab Sosial, Pemasaran Global
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.