Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Ponorogo dalam Menumbuhkan Ekonomi dan Pendidikan di Masyarakat
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v8i3.19654Keywords:
BAZNAS, Ekonomi, PendidikanAbstract
Lembaga amil zakat nasional telah berdiri di Indonesia dengan tujuan untuk menghimpun zakat, infaq dan shodaqoh untuk kesejahteraan umat, BAZNAS Ponorogo menjadi salah satu lembaga yang berdiri di lingkungan pemerintah kabupaten Ponorogo dengan peran untuk menghimpun ZISWAF yang akan disalurkan ke masyarakat. Dalam menjalankan perannya BAZNAS Ponorogo memiliki dua program yang sangat menarik yaitu dalam sektor ekonomi dan pendidikan, dari sektor ekonomi yaitu memberikan bantuan modal usaha dan pembinaan usaha kepada masyarakat, dari sektor pendidikan yaitu memberikan beasiswa kepada SD atau MI, SMP atau MTS, SMA/MA atau SMK, paket bantuan sekolah untuk pendidikan, dan penghargaan untuk instruktur ABK non-PNS adalah contoh dari kategori tersebut. Ponorogo Makmur adalah ungkapan yang digunakan dalam program BAZNAS, yang merupakan salah satu cara untuk menyalurkan dana ZISWAF yang memiliki tujuan untuk kemakmuran mustahik, program ini sudah pernah di terapkan di kecamatan sawoo kabupaten Ponorogo deangan Memberikan bantuan kepada masyarakat 10 ekor kambing kepada 10 mustahik, di tambah lagi dengan program ponorogo makmur dengan memberikan bantuan sebagai berikut: 1).Memberikan pinjaman dalam bentuk modal usaha yang tanpa bunga, 2).Memberikan Bantuan permodalan untuk usaha kepada fair dan mismin serta dhuafa, dalam program pendidikan di pakai istilah Ponorogo Cerdas adalah BAZNAS Ponorogo memberikan banyak Beasiswa kepada para pelajar dengan jumlam 261 pelajar di 22 sekolah SMP yang telah menerima bantuan tersebut. Bentuk dari tasyaruf BAZNAS Ponorogo dalam mendistribusikan bantuan tersebut langsung di serahkan kepada pihak sekolah dan di saksikan oleh guru dan pegawai yang ada di sekolah.
References
‘Afif, Wildan, Tarmizi, Muhammad, A., and Mutia, Agustina (2021) Analisis Efektivitas Promosi Laznas Baitul Maal Hidayatullah Dalam Menghimpun Dana Zakat Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dhuafa Kota Jambi. Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Bahri, Efri Syamsul, and Khumaini, Sabik. "Analisis efektivitas penyaluran zakat pada badan amil zakat nasional." Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 1.2 (2020): 164-175.
Ginting, M. Nawawi, Wido Supraha, and Abas Mansur Tamam. (2021) "Pengembangan Supervisi Isi Pendidikan Islam di Pesantren Darussofa Bogor." Rayah Al-Islam 5.02: 230-241.
Ibrahim, (2017) "Perencanaan Distribusi Zakat Pada Dompet Peduli Ummat Darut Tauhid (Dpu Dt) Cabang Yogyakarta." TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 1.2 217-232.
M, Holis, (2017) Sistem distribusi dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Sep 19;1(2).
Machali, Imam. (2012) "Islam Memandang Hak Asasi Pendidikan." Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati 27.1: 1-20.
Nata, Abuddin (2003) Manajemen Pendidikan: Mengatasi KelemahanPendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Pranada Media Group),228
Qusthoniah, Qusthoniah, and Ali Murtopo."Peran Pemerintah Menanggulangi Problematika Ekonomi Masyarakat Melalui Reorientasi Zakat." Syariah 7.2 (2019): 19-36.
Sugiyono.( 2016) Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 26
Syamsuri, and Ma’aldini, Muhammad Yogi. (2018) "Strategi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Melalui Optimalisasi Pengelolaan Zakat Profesi Di BAZNAS Ponorogo." IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah 5.2: 266-283.
Thoha, Chabib dkk, (1999) Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar) 1
Internet:
https://baznasponorogo.or.id/ponorogo-cerdas/
https://baznasponorogo.or.id/ponorogo-makmur/
Wawancara:
Wawancara, Agus Susanto, M.E, Wakil Ketua BAZNAS Ponorgo, 2023
Wawancara, Kholid, S.Ag, M.Pd Ketua BAZNAS Ponorgo, 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.