Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Ponorogo dalam Menumbuhkan Ekonomi dan Pendidikan di Masyarakat

Authors

  • Azid Syukroni universitas muhammadiyah ponorogo
  • Adib Khusnul Rois Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Mushlih Candrakusuma universitas muhammadiyah ponorogo
  • Icha Adelia Sufi Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Ihsan Muttaqin Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Krismonika Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v8i3.19654

Keywords:

BAZNAS, Ekonomi, Pendidikan

Abstract

Lembaga amil zakat nasional telah berdiri di Indonesia dengan tujuan untuk menghimpun zakat, infaq dan shodaqoh untuk kesejahteraan umat, BAZNAS Ponorogo menjadi salah satu lembaga yang berdiri di lingkungan pemerintah kabupaten Ponorogo dengan peran untuk menghimpun ZISWAF yang akan disalurkan ke masyarakat. Dalam menjalankan perannya BAZNAS Ponorogo memiliki dua program yang sangat menarik yaitu dalam sektor ekonomi dan pendidikan, dari sektor ekonomi yaitu memberikan bantuan modal usaha dan pembinaan usaha kepada masyarakat, dari sektor pendidikan yaitu memberikan beasiswa kepada SD atau MI, SMP atau MTS, SMA/MA atau SMK, paket bantuan sekolah untuk pendidikan, dan penghargaan untuk instruktur ABK non-PNS adalah contoh dari kategori tersebut. Ponorogo Makmur adalah ungkapan yang digunakan dalam program BAZNAS, yang merupakan salah satu cara untuk menyalurkan dana ZISWAF yang memiliki tujuan untuk kemakmuran mustahik, program ini sudah pernah di terapkan di kecamatan sawoo kabupaten Ponorogo deangan Memberikan bantuan kepada masyarakat 10 ekor kambing kepada 10 mustahik, di tambah lagi dengan program ponorogo makmur dengan memberikan bantuan sebagai berikut: 1).Memberikan pinjaman dalam bentuk modal usaha yang tanpa bunga, 2).Memberikan Bantuan permodalan untuk usaha kepada fair dan mismin serta dhuafa, dalam program pendidikan di pakai istilah Ponorogo Cerdas adalah BAZNAS Ponorogo memberikan banyak Beasiswa kepada para pelajar dengan jumlam 261 pelajar di 22 sekolah SMP yang telah menerima bantuan tersebut. Bentuk dari tasyaruf BAZNAS Ponorogo dalam mendistribusikan bantuan tersebut langsung di serahkan kepada pihak sekolah dan di saksikan oleh guru dan pegawai yang ada di sekolah.

References

‘Afif, Wildan, Tarmizi, Muhammad, A., and Mutia, Agustina (2021) Analisis Efektivitas Promosi Laznas Baitul Maal Hidayatullah Dalam Menghimpun Dana Zakat Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dhuafa Kota Jambi. Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Bahri, Efri Syamsul, and Khumaini, Sabik. "Analisis efektivitas penyaluran zakat pada badan amil zakat nasional." Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking 1.2 (2020): 164-175.

Ginting, M. Nawawi, Wido Supraha, and Abas Mansur Tamam. (2021) "Pengembangan Supervisi Isi Pendidikan Islam di Pesantren Darussofa Bogor." Rayah Al-Islam 5.02: 230-241.

Ibrahim, (2017) "Perencanaan Distribusi Zakat Pada Dompet Peduli Ummat Darut Tauhid (Dpu Dt) Cabang Yogyakarta." TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 1.2 217-232.

M, Holis, (2017) Sistem distribusi dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah. Sep 19;1(2).

Machali, Imam. (2012) "Islam Memandang Hak Asasi Pendidikan." Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati 27.1: 1-20.

Nata, Abuddin (2003) Manajemen Pendidikan: Mengatasi KelemahanPendidikan Islam di Indonesia, (Jakarta: Pranada Media Group),228

Qusthoniah, Qusthoniah, and Ali Murtopo."Peran Pemerintah Menanggulangi Problematika Ekonomi Masyarakat Melalui Reorientasi Zakat." Syariah 7.2 (2019): 19-36.

Sugiyono.( 2016) Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta, 26

Syamsuri, and Ma’aldini, Muhammad Yogi. (2018) "Strategi Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Melalui Optimalisasi Pengelolaan Zakat Profesi Di BAZNAS Ponorogo." IQTISHADIA Jurnal Ekonomi & Perbankan Syariah 5.2: 266-283.

Thoha, Chabib dkk, (1999) Metodologi Pengajaran Agama, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar) 1

Internet:

https://baznasponorogo.or.id/

https://baznasponorogo.or.id/penanda-tanganan-kesepakatan-bersama-dinas-pendidikan-kabupaten-ponorogo-dengan-baznas-kabupaten-ponorogo-dan-bpjs-ketenagakerjaan-kantor-cabang-madiun/

https://baznasponorogo.or.id/ponorogo-cerdas/

https://baznasponorogo.or.id/ponorogo-makmur/

https://baznasponorogo.or.id/mendorong-motivasi-belajar-siswa-baznas-ponorogo-salurkan-bantuan-beasiswa-pendidikan

Wawancara:

Wawancara, Agus Susanto, M.E, Wakil Ketua BAZNAS Ponorgo, 2023

Wawancara, Kholid, S.Ag, M.Pd Ketua BAZNAS Ponorgo, 2023

Downloads

Published

2023-10-25

How to Cite

Syukroni, A., Rois, A. K., Candrakusuma, M., Adelia Sufi, I., Muttaqin, I., & Krismonika. (2023). Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Ponorogo dalam Menumbuhkan Ekonomi dan Pendidikan di Masyarakat. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(3). https://doi.org/10.30651/jms.v8i3.19654

Issue

Section

Artikel