Pengaruh Promosi Shopee Affiliate, Promosi Bellow The Line, dan Positive Emotion terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi Kasus Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee di UINSU)
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v8i2.18688Keywords:
Shopee Affiliate Promotion, Bellow The Line Promotion, Positive Emotion, Impulsive BuyingAbstract
Penelitian Kinanti Putri Bestari (2023) Skripsi berjudul, “Pengaruh promosi
shopee affiliate, promosi bellow the line, dan positive emotion terhadap
keputusan pembelian impulsif secara online (Studi kasus mahasiswa
pengguna aplikasi shopee di UINSU)†dengan dosen pembimbing skripsi
1
Bapak Dr. Muhammad Arif, MA serta dosen pembimbing 2 Ibu Mawaddah
Irham, M.E.I.
Penelitian ini bertujuan guna menelaah pengaruh shopee affiliate, promosi
bellow the line serta positive emotion terhadap pembelian impulsif secara online
pada mahasiswa UINSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Pengumpulan data mengenakan kuisioner dengan teknik simple random
sampling sejumlah 99,67 namun saya bulatkan menjadi 100 responden. Dengan
catatan siswa aktif UINSU. Semua variabel independen mempunyai pengaruh
secara bersama-sama terhadap variabel dependen. PromosiShopee Affiliate tidak
berpengaruh dengan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif.
Promosi Below The Line tidak berpengaruh dengan signifikan terhadap
Keputusan Pembelian Impulsif. Positive Emotion berdampak dengan konkret
serta signifikan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif. Hal ini dapat dilihat
dari skor thitung ialah sebesar 5,094 serta koefisien regresi (β) 1,708 dengan
probabilitas (p) = 0,000 dan menandakan bahwa semakin tinggi nilai Positive
Emotion, maka semakin tinggi Keputusan Pembelian Impulsifnya. Berdasarkan
ketentuan uji F dimana skor probabilitas (p) ≤ 0,05, maka dapat dikatakan bahwa
Promosi Shopee Affiliate, Promosi Below The Line, Positive Emotion dengan
simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian
Impulsif secara online pada mahasiswa UINSU.
Kata Kunci : Promosi Shopee Affiliate, Promosi Bellow The Line, Positive
Emotion, Pembelian Impulsif
References
Nur Kholidah and Muhammad Arifliyanto, Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal (T.t.p: NEM, 2020), h. 7
I Putu Lugra Pranawa and Agus Putu Abiyasa, ‘Digital Marketing Dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusanâ€â€™, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 16.No. 4 (2019), 58–72, h. 63
Halim Agung, Rustono Farady Marta & Christanti, “Dampak Strategi Pemasaran Digital Shopee Terhadap Pembelian ImpulsifProduk Kesehatan Selama Pandemi Di Indonesiaâ€, jurnal Communication, Vol. 12 No.2 Oktober 2021. h.122 – 131
Reni Ria Armayani Hasibuan, ‘Pengaruh Produk DOmestik Regional Bruto (PDRB) Terhadap Tingkat Kemiskinan Kota Medan’, Religion Education Social Laa Roiba Journal, Vol.4.No. 3 (2022), 683–93, h. 688
Dimas Pratomo & Liya Ermawati, “Kecenderungan Pembelian Impulsif Ditinjau di Perspektif Islam (Studi Kasus Pada Pengunjung Malioboro Mall Yogyakarta), Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, E-ISSN : 2599-3410 | P-ISSN : 2614-3259, Vol 2 No 2, Juni 2019
Putri, A. B., Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2023). The Effect of Job Satisfaction and Work Discipline on Employee Performance at BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 7(2), 177-197.
Rafsanjani, H. (2022). Kaidah-Kaidah Fiqh (Qawa’id Al-Kulliyah) tentang Keuangan Syariah. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 7(2).
Rafsanjani, H. (2022). Kewajiban Penyediaan Modal Minimum dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capital Adequency Ratio pada Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(2).
Rafsanjani, H. (2022). Hutang Negara dan Sumber Alternatif Keuangan Negara Perspektif Islam. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 9(2)
Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).
Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.
Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1-24.
Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).
Rafsanjani, H. (2016). Akad Tabarru'Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1).
Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.
Ramayani Yusuf, Heny Hendrayati & Lili Adi Wibowo, “Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelangganâ€, Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, E-ISSN : 2716-375X, P-ISSN : 2716-3768, Volume 1, Issue 2, Juli 2020
Eka Andriyanti & Siti Ning Farida, “Pengaruh Viral Marketing Shopee Affiliate, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Shopee Indonesia (Studi Pada Generasi Z Pengguna Tiktok Di Sidoarjo)â€, Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis Universitas Multi Data Palembang, Vol. 11 No. 2 Maret 2022, hal-228
Ana Ramadhayanti, “Pengaruh Komunikasi Pemasaran serta Affiliate Marketing atas VolumePenjualanâ€, Jurnal Komunikasi Bisnis serta Manajemen, ISSN 2355-3197, Vol.8 No.1 Januari 2021
Muhammad Afif & Purwanto, “Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis, Gaya Hidup Berbelanjadan Promosi Penjualan atas Pembelian Impulsifpada Konsumen Shopee IDâ€, Jurnal Aplikasi Manajemen serta Inovasi Bisnis, E-ISSN (Online) : 2621 – 3230, Volume 2, Nomor 2, Februari 2020
Ahmad Muhamim, “Analisis Strategi Affiliate Marketing Terhadap Tingkat Penjualan di Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Butik Zoya Cabang Kedaton Bandar Lampung)â€, (Skripsi Fakultas Ekonomi serta Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan, Lampung, 2017)
Asneliy Sa’adah, “Pengaruh Faktor Budaya, Faktor Sosial, Gaya Hidup, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda: Studi Kasus Di Toko Yasir Kabupaten Blitar†(Skripsi, Fakultas Ekonomi serta Bisnis Islam IAIN Tulungagung, 2021), h. 47
Yafiz, M., Harahap, I., & Cahyanti, S. (2020). Consumption Behavior Of Bidikmisi Scholarship Students With Religiosity As A Moderating Variable. JEBIS: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2), 239-259
Saputra, S., Radnan, Y. (2022). Pengaruh Website Quality, Kesadaran Fashion, Perceived Product Quality, Dan Program Shopee Affiliates Terhadap Peningkatan Pembelian Impulsif Pada Pengguna E-Commerce Shopee. Jurakunman.Vol.15 No.2, Juli 2022
I’sana, A. D., & Nugraheni, R. (2013). Analisis Pengaruh Display Produk, Promosi Below The Line, Dan Emosi Positif Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Pada Sriratu Departement Store. Diponegoro Journal of Management, 2(2), 72-79
Lubis, Fauzi Arif. (2016). Peranan BMT Dalam Pemberdayaan Ekonomi Di Kecamatan Berastagi-Kabanjahe Kabupaten Karo (Studi Kasus Bmt Mitra Simalem Al-Karomah). Jurnal Human Falah, Vol.3, No.2
Akbar, S., Tricahyadinata, I., Asnawati. (2020). Pengaruh display produk, advertensi below the line serta motivasi beli hedonis terdahap ketegasan pemesanan impulsif. JURNAL MANAJEMEN - VOL. 12 (1) 2020, 115-123
Triadi, D. Bharata, A. (2010). Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah, (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2010)
Febri, M., Oktavio, A. (2020). Peran Positive Emotion Sebagai Intervening Variable Antara Sales Promotion Dan Impulsive Buying Behaviour Pada Pengguna E-Wallet Pengunjung Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 14, No. 2,Oktober 2020, 67─76
Sistem Informasi Pangkalan Data Internal UINSU Medan. Diakses di https:/sipandai.uinsu.ac.id di 20 Desember 2022
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, serta R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif serta R&D. Bandung: Alfabeta
Solimun, Fernandes, A. A., & Nurjannah. (2017). Metode Statistika Multivariant – Pemodelan Persamaan Struktural : Pendekatan WarpPLS. Malang : UB Press
Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Tafsir Al-Qur’anul Madjid An-Nur Jilid 3 (Jakarta: Cakrawala Publishing, 2011), h. 265
Solomon, M.R, “Consumer Behavior: buying, having,and being†(8th ed). Dalam Tesis Tania, Perilaku Pembelian Impulsf Produk Pakaian Masyarakat Urban di Kota Jakarta dan Bandung, Fakultas Ekonomi Magister Manajemen, UI, 2010, h. 32
Rook, D.W, “The Buying Impulseâ€, Journal of Consumer Research, 14 Sept 1987, h. 189-199
Mai, N, et.al, “An Exploratory Investigation into Impulse Buying Behaviorin a Transtional Economy:A Study of Urban Consumers in Vietnamâ€, Journal of International Marketing, Vol. 11, 2003, h. 16- 31
Rook dan Fisher, “Normative Influences on Impulsive Buying Behaviorâ€, Journal of Consumer Research, 1995, h. 305-313
Andrian Refianto, “Sistem Kerja Biro Iklan Media Lini Bawah Di PT. Cipta
WarnaPesona (D’Network)†(Skripsi, Program DIII, Universitas Sebelas Maret Surakarta,2009), h. 12
Soemetra, Andri. Buku Panduan Akademik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara Tahun Akademik 2018/2019, Medan: FEBI UIN-SU Press, 2018
Sri Wahyuni. (2013). Teori Konsumsi dan Produksi dalam Perspektif Ekonomi Islam, Jurnal Akuntabel: 10(1), 74-79
Tarigan, A. A. (2015). Buku Panduan Penulisan Skripsi. Medan: FEBI Press
Rahmani, Nur Ahmadi Bi. (2016). Metode Penelitian Ekonomi. Medan: Press FEBI
Imsar, Nurhayati, Isnaini Harahap. Analysis Of Digital Economic Interactions, Economic Openness, Islamic Human Development Index (I-HDI) And Investment On Indonesia’s GDP Growth. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, VOL: 12/NO: 01 Februari 2023
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.