Efektivitas Mata Kuliah Kewirausahaan dalam Meningkatkan Minat untuk Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v8i2.18648Keywords:
Efektivitas, Minat, Mata Kuliah Kewirausahaan.Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Minat berwirausaha Mahasiswa dan efektivitas mata kuliah kewirausahaan FEBI UINSU. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh yaitu data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh langsung dari hasil wawancara dengan informan yaitu mahasiswa FEBI UINSU. Berdasarkan kajian hasil penelitian dan pembahasan, peneliti menyimpulkan minat berwirausaha mahasiswa di FEBI UINSU berbeda-beda yaitu: mahasiswa yang mempunyai minat berwirausaha serta masih menjalankan usaha, mahasiswa yang sudah berminat dan pernah menjalankan usaha, mahasiswa yang sudah berminat berwirausaha namun belum pernah menjalankan usaha, dan mahasiswa yang tidak berminat dan belum pernah menjalankan usaha. Sedangkan  minat  berwirausaha  berdasarkan perspektif waktu  dibagi dalam tiga yaitu: Minat untuk berwirausaha setelah lulus kuliah, Minat untuk berwirausaha sekarang dan seterusnya, dan belum menentukan waktu untuk memulai usaha. Mata kuliah kewirausahaan di FEBI UINSU sudah efektif dalam meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa hal ini dapat dibuktikan dari mahasiswa yang sebelumnya tidak berminat berwirausaha namun jiwa kewirausahaannya tumbuh sesudah belajar mata kuliah kewirausahaan dikarenakan adanya praktik lapangan yang dilakukan selama proses pembelajaran, kemudian mahasiswa sebelum belajar mata kuliah kewirausahaan sudah berminat dikarenakan masih menjalankan usaha dan setelah belajar makin senang dikarenakan ingin mengetahui ilmu tentang kewirausahaan, dan yang terakhir mahasiswa yang baik sebelum maupun sesudah belajar mata kuliah kewirausahaan mengaku tidak mempunyai minat berwirausaha dikarenakan tidak ada niat dalam diri sendiri.References
DAFTAR PUSTAKA
Aderafika dan Nawawi, M Zuhrinal (2022). Pengaruh Matakuliah Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Wirausaha: Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Asuransi UINSU. ManBiz: Journal Of Management and Busines, 1(!), 55-65.
Angraini, T. (2020). Faktor-Faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Sumatera Utara untuk Membangun Wirausaha. Tansiq, 3, 68-84.
AISAH, N., Nasution, Y. samri juliati, & Kamilah. (2020). STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN PENSIUNAN DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP MEDAN AKSARA. 41. https://all3dp.com/2/fused-deposition-modeling-fdm-3d-printing-simply-explained/
Ariyanti, A. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Mental Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(2), 95. https://doi.org/10.33370/jpw.v20i2.199
Budianto, A. (2020). ENTREPRENEURIAL Mindset (T. M. Publishing (ed.); 1st ed.). Media Nusa Creative.
Cahyo, A. C. T. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa. Skripsi, 3(1), 86. https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1881
Farid. (2017). Kewirausahaan Syariah. Kencana.
Idrus., S. Al. (2017). Strategi Pembelajaran Kewirausahaan Aplikasi pembelajaran Mata kuliah Kewirausahaan di perguruan tinggi. Media Nusa Creative.
Imsar. (2020a). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA UCOK DURIAN MEDAN. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
Imsar. (2020b). Strategi Home Industri Konveksi Dalam Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Masyarakat Kota Binjai (Studi Kasus Abu Bakar Konveksi Mencirim Binjai Timur). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(Desember), 2774–4795.
Iskandar. (2001). Test, Bakat, Minat, Sikap, & Personality MMPI-DG (p. 89). Yayasan Dharma Nugraha.
Jayadi, J., Triastuti, Y., & Prasilowati, S. L. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kewirausahaan. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 33. https://doi.org/10.33370/jpw.v22i01.369
Kamilah, Ekawarna, & Nasori, A. (2022). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dan Entrepreneurial Creativity Terhadap Kesiapan Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Journal of Economic Education, 1(1), 26–34.
Marliyah, Daim, R., & Rahmi, D. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Dan Efikasi Diri Terhadap Inovasi Dalam Berwirausaha Pasca Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif Di Kota Medan. 2(2), 64–70.
Muhlisah lubis. (2020). Efektivitas Matakuliah Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa Stan Mandailing Natal. Ekonomi Syariah, 1(1), 1–16.
Murofi. (2003). Kunci Sukses Berwirausaha. Pt Elex Media Komputindo.
Nawawi, M. Zuhrinal.( 2015). Kewirausahaan Islami. Febi Uinsu Press.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif.
Prasetio., T. (2020). Analysis the Influence Use of Social Media, Intrinsic Motivation, and Entrepreneurship Knowledge on Student Entrepreneurial Interest. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 18(1), 35–46.
Putri, A. B., Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2023). The Effect of Job Satisfaction and Work Discipline on Employee Performance at BPRS Bhakti Sumekar Sumenep. Perisai: Islamic Banking and Finance Journal, 7(2), 177-197.
Rafsanjani, H. (2022). Kaidah-Kaidah Fiqh (Qawa’id Al-Kulliyah) tentang Keuangan Syariah. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 7(2).
Rafsanjani, H. (2022). Kewajiban Penyediaan Modal Minimum dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Capital Adequency Ratio pada Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 5(2).
Rafsanjani, H. (2022). Hutang Negara dan Sumber Alternatif Keuangan Negara Perspektif Islam. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 9(2)
Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).
Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.
Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1), 1-24.
Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).
Rafsanjani, H. (2016). Akad Tabarru'Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1).
Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.
Rahmani, N. A. B. (2016). Metodologi Penelitian Ekonomi. Febi Uinsu Press.
Rohman, F. (2019). Persepsi Mahasiswa terhadap Minat Berwirausaha Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Mahasiswa PTB Angkatan 2016 Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. In Skripsi.
Rosnaida. (2020). Efektivitas Sikap Dan Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Asahan. Universitas Asahan.
Rukin. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Ahmad Cendikia Indonesia.
Sandu Siyoto. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Karanganya). Literasi Media Publishing.
Saputra, A. (2017). Efektifitas Mata Kuliah Kewirausahaan dalam Meningkatkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa Prodi Ekonomi Syari’ah IAIN Bengkulu. In IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/201/
Sari, N. E., & Habsari, N. T. (2016). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Ber-Entrepreneur. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 4(2), 135. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v4i2.654
Setiawan, D. (2016). Pengaruh ekspentasi, pendapatan, Lingkungan keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Soemitra, A. (2015). Kewirausahaan berbasis syariah. CV. Manhaji.
Suci Ramadhani Siregar, Zuhrinal M. Nawawi, & Mawaddah Irham. (2022). Peran Pemerintah Melalui Program Pelatihan Dan Job Fair Dalam Mengurangi Jumlah Pengangguran Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Asahan). EKSYA : Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 103–111. https://doi.org/10.56874/eksya.v3i1.737
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Alfabeta.
Surya, I. (2022). Efektivitas Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat untuk Berwirausaha Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta. 06(01), 515–525.
Utama, S. S. R., & Zuhrinal M. Nawawi. (2022). Membuka Usaha Minuman
Kekinian (THAI TEA) untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan bagi Mahasiswa yang Mengalami Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1541–1546.
Yuyus Suryana dan Kartib Bayu. (2010). Kewirausahaan Pendekatan Karakteristik Wirausahaan Sukses. Kencana Prenada Media Group.
Zulianti, D., & Zuhrinal, M. nawawi. (2022). Pengaruh motivasi dan mental kewirausahaan terhadap minat mahasiswa manajemen untuk berwirausaha. Jurnal Ilmiaj Sosial Teknologi, 4(8.5.2017), 2003–2005
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.