Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v8i2.18568Abstract
Abstrak. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang digunakan di BPRS Bhakti Sumekar kemudian dijabarkan dalam dua fokus penelitian yaitu pertama strategi pemasaran produk pembiayaan KPR Syariah dan kedua untuk mengetahui strategi manakah yang paling efektif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji strategi pemasaran produk pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah dan untuk mengetahui strategi yang paling efektif dalam meningkatkan jumlah pembiayaan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep. Penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan menggunakan STP (Segmenting, Targetting, Positioning) dan bauran pemasaran 4p (Product, Price, Place, Promotion). Sedangkan strategi yang paling efektif adalah strategi promosi, dimana pihak bank bersosialisasi kesemua instansi dan membagikan brosur secara langsung ke masyarakat. Pemasaran yang dilakukan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Pusat Sumenep sudah sesuai syariah dan selalu mengedepankan pelayanan yang optimal serta menjunjung tinggi etika, moral dan akhlak dalam segala kegiatan operasional.
Â
Kata kunci: Strategi Pemasaran ;Pembiayaan ; KPR Syariah
References
DAFTAR PUSTAKA
Annisa Humaira. “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan KPR Syariah (Studi Pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh).†Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2019.
Ashari, Nur Aini, dan Asidigisianti Surya Patria. “PERANCANGAN KONTEN VISUAL INSTAGRAM TENUN IKAT ‘PARADILA’ LAMONGAN.†Desain Komunikasi Visual Manajemen Desain dan Periklanan (Demandia) 6, no. 2 (8 September 2021): 237. https://doi.org/10.25124/demandia.v6i2.3082.
Fahmi Hakim. “Strategi Pemasaran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Pada PT. Bank Syariah Indonesia KC. Jakarta Abdul Muis.†Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2021.
Luluk Marinda Sari. “Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan KPR Syariah Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Nasabah Di Bank BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Madya Pamekasan.†Institut Agama Islam Negeri Madura, 2021.
Rafsanjani, H. (2022). Kaidah-Kaidah Fiqh (Qawa’id Al-Kulliyah) tentang Keuangan Syariah. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 7(2).
Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).
Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.
Sigit Triandaru. Bank dan lembaga keuangan lain / Sigit Triandaru, Totok Budisantoso. Jakarta: Salemba Empat, 2006.
Sugiyono, Prof. Dr. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. 23 ed. Bandung: Alfabeta cv, 2016.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.