Analisa Strategi Pemasaran Pembiayaan Qardh di KSPPS Guna Lestari Jaya

Authors

  • Ahmad Aris Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Miswan Ansori Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v8i3.18146

Keywords:

KSPPS, Strategi, Pemasaran, Qardh

Abstract

Koperasi Simpan Pinjam Syariah atau KSPPS merupakan salah satu lembaga keuangan yang menghimpun dana dan menyalurkan dana dari masyarakat. KSPPS didirikan untuk memberikan kemudahan bagi pengusaha kecil yang memerlukan bantuan permodalan yang sesuai syariah. Saat ini KSPPS merupakan rujukan bagi masyarakat yang membutuhkan permodalan untuk usahanya. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pembiayaan yang dilakukan oleh Koperasi. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dimana peneliti melakukan wawancara di KSPPS Guna Lestari JayaKantor Cabang Kalinyamat. Hasil yang penulis dapatkan adalah strategi pemasaran produk pembiayaan yang terdapat pada KSPPS Guna Lestari Jaya yang memiliki lima strategi dalam memasarkan produk pembiayaannya serta faktor-faktor yang pendukung dalam pemasaran produk pembiayaan.

Author Biography

Ahmad Aris, Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

Mahasiswa

References

Ascarya. (2007). Akad & produk Bank Syariah. PT Grafindo.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Tengah. (2022). https://satudata.dinkop-umkm.jatengprov.go.id/data/koperasi-kabkota/Kab. Jepara

F, N., & Hrtimbul, G. (2011). Manajemen Pemasaran. CV Yrama Widya.

Fandy, T., & Diana, A. (2020). Pemasaran. ANDI.

Heri Sudarsono. (2003). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Ekonisia.

Johnson, G., & Scholes, K. (2016). Exploring Corporate Strategy -Text and Cases. Prentice-Hall.

Kasmir. (2012). Manajemen Perbankan. Rajawali Press.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. CV Al Fath Zumar.

Meilina, F. (2018). Pembiayaan Pinjaman Lunak Usaha Kecil Ikan Patin dengan PT. Telkom Pekanbaru Melalui Mitra Binaan Menurut Ekonomi Islam. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 1.

Muhammad. (2005). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Upp Amp Ykpn.

Purba, T. P., & Limakrisna, N. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Dalam Bisnis di Indonesia. Mitra Wacana Media.

Ridwan, M. (2004). Manajemen Baitul Maal wa Tamwil. UII Press.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. ANDI.

Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). PT. Buku Seru.

Thamrin Abdullah, & Tantri, F. (2014). Manajemen Pemasaran. Rajawali Press.

Downloads

Published

2023-11-16

How to Cite

Aris, A., & Ansori, M. (2023). Analisa Strategi Pemasaran Pembiayaan Qardh di KSPPS Guna Lestari Jaya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(3). https://doi.org/10.30651/jms.v8i3.18146

Issue

Section

Artikel