Analisis Kinerja PT. Jasa Raharja Dalam Penyelesaian Klaim Kecelakaan Lalu Lintas Pada Era Society 5.0
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.18133Abstract
ABSTRAK
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Utara dalam penyelesaian klaim kecelakaan lalu lintas pada era society 5.0. Penelitian ini dilakukan di kantor PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Utara. Jenis penelitian memakai metode deskriptif pendekatan kualitatif. Sedang teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti yakni wawancara, observasi juga dokumentasi. Hasil penelitian ini mendiskripsikan bahwa kinerja dalam penyelesaian klaim PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Utara sudah berjalan seefisien mungkin. Dilihat dari terealisasikannya rata-rata pembayaran santunan selama 3 tahun 11 bulan: Rp. 713,570,352,518,- (2019-s/d Nov 22) dengan 58.334 ribu kasus dengan besaran santunan yang disalurkan. Penyelenggaraan layanan digital pada masyarakat pada era society 5.0 membawa dampak, yakni: (1) memberi layanan santunan inklusif. Dan (2) memberi pelayanan efisien 24 jam.
Kata Kunci: Kinerja, Klaim, Society 5.0
References
Afifa, Umami, and Syahriza Rahmi. 2022. “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Klaimen PT Jasa Raharja Cabang Sumatera Utara.†8(1): 33–42.
Alif, Karnadi. 2022. “Jumlah Kecelakaan Lalu Lintas Naik.†DataIndonesia.id. https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/jumlah-kecelakaan-lalu-lintas-naik-jadi-103645-pada-2021.
Anggraeni, Angga Dewi, “Pengaruh kualitas Pelayanan terhadap Kepuasaan Pelanggan pada Divisi Pelayanan Klaim di PT. Jasa Raharja (PERSERO) Cabang Jawa Barat†Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 2. No 1, januari 2016
Faruqi, U. Al. (2019). Future Service In Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 2(1), 67–79.https://doi.org/10.37396/jsc.v2i1.21
Fukuyama, Mayumi. 2018. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Societyâ€.Japan Economy Foundation Journal-Japan SPOTLIGHT.https://www.jef.or.jp/journal/pdf/220th_Special_Article_02.pdf. diakses tanggal 8 November 2022.
Mayumi Fukuyama. 2018. “Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society.†Japan SPOTLIGHT (August): 8–13.
Moenir, H.AS. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho, Riant. 2004. Kebijakan Publik Formulasi, Impelentasi, dan Evaluasi. PT. Elek Media Komputindo: Jakarta
Peraturan Mentri Keuangan RI No. 15 dan 16/PMK.10/2017 Terkait Besaran Santunan dan Iuran Wajib Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Alat Angkutan Penampungan Umum di Darat, Sungai/Danau, Ferry/Penyebrangan Laut dan Udara.
PT. Jasa Raharja. Profil. (https://www.jasaraharja.co.id/page/detailprofil)
Rustandi. (2019). Kinerja Manajemen Sumber Daya Manusia di Era Disrupsi. Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 10(2), 67–73.
Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.
Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).
Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).
Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).
Rafsanjani, H. (2017). Peranan Pemerintah dan Aturan Al-Qur’an. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).
Rafsanjani, H. (2022). Hutang Negara dan Sumber Alternatif Keuangan Negara Perspektif Islam. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 9(2).
Rafsanjani, H. (2017). Peran Koperasi Wanita dalam Membangun Keuangan Inklusif Syariah. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).
Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.
Sampe, F., Nazipawati, N., Samosir, M. S., Siregar, N. A., Pahlevi, R. W., Aziz, A. A., ... & Shadiq, T. F. (2022). Dasar-Dasar Ekonomi Pembangunan.
Satori, D. & Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Siagian, Juli. F. 2014. Kinerja PT. Jasa Raharja (Persero) di Jawa Tengah. http://www.fisip.undip.ac.id. 11-12
Sugiono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta, Bandung. Tjiptono, Fandi. 2004. Manajeme
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sulistyowati. 2012. “Dinamika Dan Problematika Asuransi Syariah (Mekanisme Kerja Asuransi Syariah & Prosedur Pembayaran Klaim).†Jurnal Maneksi 01(01): 337–66.
Undang-undang No. 33 Tahun 1964 terkait Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang
Undang-undang No. 34 Tahun 1964 Terkait Dana Kecelakaan Lalu Lintas
Wasitarini, D. E. (2019). Perpustakaan Satu Data. Jurnal Madika, 5(2), 26–39.
Zericka. M.Dhenda. 2013. Penerapan Electronic Service dalam Pengembangan Informasi di Kabupaten Kutai Kartanegara. E-Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (1): 345-361. Fisip-unmul.org
Wawancara
Berman, Kasubag Administrasi Santunan PT. Jasa Raharja Cab. Sumatera Utara, Wawancara Pribadi, 7 Desember 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.