Pengaruh Sistem Paylater Terhadap Minat Belanja Konsumen Pengguna Gojek

Authors

  • Purnama Ramadani Silalahi
  • Gibral Naval Althariq
  • Alimuddin Pohan
  • Agung Wibowo
  • Ihsan Rahmadi Wijaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.16164

Abstract

Abstrak

System bayar nanti atau paylater sangat memberikan kemudahan pagi penggunanya sehingga menimbukan individual yang konsumtif. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beanja konsumen dengan adanya system bayar paylater dan ingin mengetahui peminat gopay later. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Hasil uji T menunjukkan bahwa  hipotesis terhadap pengaruh sistem paylater terhadap minat belanja konsumen pengguna gojek secara parsial diterima. Hadirnya sistem bayar paylater juga meningkatkan  minat belanja konsumen pengguna gojek dalam melakukan transaksi pada layanan tersebut. Tetapi, masih terdapat beberapa akun gojek yang belum bisa mengaktifkan fitur paylater.

 

Kata kunci: pay later, minat belanja konsumen

References

Achsa, A., & Dewi, M. S. E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen: Studi Pada Online Shop Shopee. Ekonomi & Bisnis, 20(1), 80–87. https://doi.org/10.32722/eb.v20i1.4065

Adirinekso, G. P. (2021). Minat dan Penggunaan Fintech PayLater Pekerja Urban Pelanggan Traveloka dan GoJek Sebelum dan Selama Pandemi Covid 19 di DKI Jakarta. Journal of Management and Business Review, 18(2), 327–342. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.283

Aziah, A., & Adawia, popon rabia. (2018). analisis perkembangan industri transportasi online di era inovasi disruptif (studi kasus PT gojek indonesia). Cakrawala-Jurnal Humaniora, volume 18(2).

Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968–1977.

Hardhika, R. E., & Huda, M. A. (2021). Pengalaman Pengguna Paylater Mahasiswa di Surabaya. Commercium, 4, 19–32.

Khairunnisa, S. A., Rahman, M. C., Apriyanti, C., Putri, D. O., & Fajrussalam, H. (2022). Perilaku Konsumtif Penggunaan Online Shopping dan Sistem Pay Later dalam Perspektif Ekonomi Islam. Fondatia, 6(1), 130–147. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i1.1711

Mahanani, E., & Roosdiana, R. (2020). Pengaruh Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio dan Ukuran Perusahaan (SIZE) Terhadap Return On Equity (ROE) (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Konsumsu Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2018). Manajemen Dan Akuntansi, 1–44.

Mudrikah, A. (2021). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap minat Penggunaan Produk Finansial Teknologi Pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.54543/etnik.v1i2.23

Mukminin, A., & Wahyudi, R. R. dan H. (2019). Penerapan Model Utaut Untuk Perilaku Pengguna “Paylater†Di Dalam Traveloka. Jurnal Computech & Bisnis, 13(2), 81–90.

Pengguna, T. M. (2022). GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, Volume 02, No. 01, Tahun (2022). 02(01), 60–72.

Pramono, R. (2016). Minat Beli. Diponegoro Business Review, 6–19.

Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rahayu, R. W. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Inovasi Teknologi Terhadap Aplikasi GO PAY Dari PT . GOJEK Indonesia (Studi Pada Masyarakat di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta). Fakultas UII Yogyakarta, 101.

Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058

Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502

Tarmizi, A. (2018). Strategi Pemasaran Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 191–198. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i2.107

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Silalahi, P. R., Althariq, G. N., Pohan, A., Wibowo, A., & Wijaya, I. R. (2022). Pengaruh Sistem Paylater Terhadap Minat Belanja Konsumen Pengguna Gojek. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4). https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.16164

Issue

Section

Artikel