Pengaruh Sistem Paylater Terhadap Minat Belanja Konsumen Pengguna Gojek
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.16164Abstract
AbstrakSystem bayar nanti atau paylater sangat memberikan kemudahan pagi penggunanya sehingga menimbukan individual yang konsumtif. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beanja konsumen dengan adanya system bayar paylater dan ingin mengetahui peminat gopay later. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif. Hasil uji T menunjukkan bahwa hipotesis terhadap pengaruh sistem paylater terhadap minat belanja konsumen pengguna gojek secara parsial diterima. Hadirnya sistem bayar paylater juga meningkatkan minat belanja konsumen pengguna gojek dalam melakukan transaksi pada layanan tersebut. Tetapi, masih terdapat beberapa akun gojek yang belum bisa mengaktifkan fitur paylater.
Â
Kata kunci: pay later, minat belanja konsumen
References
Achsa, A., & Dewi, M. S. E. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen: Studi Pada Online Shop Shopee. Ekonomi & Bisnis, 20(1), 80–87. https://doi.org/10.32722/eb.v20i1.4065
Adirinekso, G. P. (2021). Minat dan Penggunaan Fintech PayLater Pekerja Urban Pelanggan Traveloka dan GoJek Sebelum dan Selama Pandemi Covid 19 di DKI Jakarta. Journal of Management and Business Review, 18(2), 327–342. https://doi.org/10.34149/jmbr.v18i2.283
Aziah, A., & Adawia, popon rabia. (2018). analisis perkembangan industri transportasi online di era inovasi disruptif (studi kasus PT gojek indonesia). Cakrawala-Jurnal Humaniora, volume 18(2).
Eviana, V., & Saputra, A. J. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1968–1977.
Hardhika, R. E., & Huda, M. A. (2021). Pengalaman Pengguna Paylater Mahasiswa di Surabaya. Commercium, 4, 19–32.
Khairunnisa, S. A., Rahman, M. C., Apriyanti, C., Putri, D. O., & Fajrussalam, H. (2022). Perilaku Konsumtif Penggunaan Online Shopping dan Sistem Pay Later dalam Perspektif Ekonomi Islam. Fondatia, 6(1), 130–147. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i1.1711
Mahanani, E., & Roosdiana, R. (2020). Pengaruh Current Ratio (CR), Debt To Equity Ratio dan Ukuran Perusahaan (SIZE) Terhadap Return On Equity (ROE) (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Konsumsu Yang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2018). Manajemen Dan Akuntansi, 1–44.
Mudrikah, A. (2021). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap minat Penggunaan Produk Finansial Teknologi Pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. ETNIK: Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.54543/etnik.v1i2.23
Mukminin, A., & Wahyudi, R. R. dan H. (2019). Penerapan Model Utaut Untuk Perilaku Pengguna “Paylater†Di Dalam Traveloka. Jurnal Computech & Bisnis, 13(2), 81–90.
Pengguna, T. M. (2022). GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, Volume 02, No. 01, Tahun (2022). 02(01), 60–72.
Pramono, R. (2016). Minat Beli. Diponegoro Business Review, 6–19.
Prastiwi, I. E., & Fitria, T. N. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(1), 425. https://doi.org/10.29040/jiei.v7i1.1458
Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).
Rahayu, R. W. (2018). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Persepsi Risiko, dan Inovasi Teknologi Terhadap Aplikasi GO PAY Dari PT . GOJEK Indonesia (Studi Pada Masyarakat di Kabupaten Sleman dan Kota Yogyakarta). Fakultas UII Yogyakarta, 101.
Sari, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1), 44–57. https://doi.org/10.35313/jrbi.v7i1.2058
Taan, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 8(1), 89. https://doi.org/10.19184/ejeba.v8i1.19502
Tarmizi, A. (2018). Strategi Pemasaran Umkm. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 191–198. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i2.107
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.