Community Economic Empowerment Based on Local Wisdom: Cimpa Culinary Khas Karo

Authors

  • Ahmad Thoriq Alfan Islamic University Of North Sumatra
  • Marliyah Marliyah Islamic University Of North Sumatra
  • Alya Ratu Balqis Islamic University Of North Sumatra
  • Bagus Mulya Pratama Islamic University Of North Sumatra
  • Nurul Adilla Islamic University Of North Sumatra
  • Putri Oktavia Islamic University Of North Sumatra

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.15117

Keywords:

Economic Empowerment, Creative Economy, Cimpa

Abstract

Fungsi ekonomi kreatif adalah membuat laporan kerja baru. membuat orang lebih kreatif. dan mengurangi gerakan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran pengembangan ekonomi kreatif berbasis home industry. dengan merumuskan strategi dalam pemasaran cimpa dan menjelaskan tentang pendapatan masyarakat. 

Author Biography

Marliyah Marliyah, Islamic University Of North Sumatra

Dosen Pembimbing Lapangan KKN 35 UINSU

References

References

Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Brannen, Julia. 2005. Memadu Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Pelajar. Yogykarta

Baud Bovy, and Lawson . 1998. Tourism and Recreation Handbook of Planning and Design. London: Architectural PresCri.

Ismawati, K., Darmawati, D., Fuad, M., Dewi, G. A. K. R. S., Fatchurrohman, M., Ristiyana, R., ... & Abdurohim, A. (2022). Pengetahuan Dasar Pasar Modal dan Investasi.

Murthi, Adi. 2009. Kemana arah pembangunan kepariwisataan Indonesia. http://caretourism.wordpress.com/2009/08/30/ diakses pada tanggal 11 Mei 2020. SilabanBrotherhood.2012.http://silabanbrotherhood/blogspot/silalahi diakses pada tanggal 11 Mei 2020.

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).

Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan strategi pemasaran melalui media online pada produk usaha rumahan krupuk bawang dan kripik sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227-235.

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).

Rafsanjani, H. (2017). Peran Koperasi Wanita dalam Membangun Keuangan Inklusif Syariah. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).

Wibowo, Agus. 2015. Pendidikan karakter berbasis kearifan local. Angkasa: Yogyakarta.

Yoeti, Oka.A. 2000. Pemasaran Pariwisata. Angkasa : Bandung.

Pusparini, H. 2011. Strategi Pengembangan Industri Kreatif Di Sumatra Barat. Pasca Sarjana Universitas Andalas Padang.

Fandy, Tjiptono dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategic. Yogyakarta: ANDI

Kotler, Philip, and A B Susanto. 2001. Manajemen Pemasaran Di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi Dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Stanton, William J. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Ke Tujuh. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Downloads

Published

2023-01-29

How to Cite

Alfan, A. T., Marliyah, M., Balqis, A. R., Pratama, B. M., Adilla, N., & Oktavia, P. (2023). Community Economic Empowerment Based on Local Wisdom: Cimpa Culinary Khas Karo. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1). https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.15117

Issue

Section

Artikel