Kewirausahaan Anak Penyandang Disabilitas di SLB Dharma Wanita Jiwan dalam Usaha Mengahadapi Era Industri 4.0

Adib Khusnul Rois (1), Yustika Caprillin Costantina (2), Syamsul Arifin (3)
(1) Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia,
(2) STIT AL-Azhar Tanjung Bunga, Indonesia,
(3) Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Indonesia

Abstract

Berkembangnya era industri 4.0 di dunia saat ini, menyebabkan persaingan di berbagai aspek kehidupan yang sangat ketat. Bagi anak penyandang disabilitas tantangan di era 4.0 merupakan sebuah peluang dan bisa juga menjadi ancaman yang serius. Disinilah peran lembaga pendidikan dibutuhkan untuk membekali anak difabel dengan berbagai kompetensi, baik kompetensi akademik, sosial, spiritual, moralitas, dan kompetensi kecakapan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pelaksanaan program kewirausahaan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Wanita Jiwan dan melihat sejauh mana dampak program kewirausahaan terhadap peningkatan kreativitas dan produktivitas siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Wanita Jiwan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif. Penelitian dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Dharma Wanita Jiwan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatoris, wawancara dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, display data, dan kesimpulan. Sedangkan Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) program kewirausahan di SLB Dharma Wanita Jiwan adalah  a) pemetaan nilai-nilai kewirausahaan dan indikator keberhasilan pada setiap jenjang; 2) program pendidikan kewirausahaan di sekolah dapat diinternalisasikan melalui  kegiatan terpadu dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler; 2) Output yang dihasilkan dalam program kewirausahaan di SLB Dharma Wanita Jiwan efektif dan berhasil membentuk jiwa kewirausahaan siswa.

Full text article

Generated from XML file

References

AberÅ¡ek, B., & Flogie, A. (2017). Evolution of competences for new era or education 4.0. XXV Conference of Czech Educational Research Association (CERA/ÄŒAPV)“Impact of Technologies in the Sphere of Education and Educational Researchâ€, Czech.

Afrianto, A. (2018). Being a Professional Teacher in the Era of Industrial Revolution 4.0: Opportunities, Challenges and Strategies for Innovative Classroom Practices. English Language Teaching and Research, 2(1). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/eltar/article/view/102675

Anwar, C., Saregar, A., Hasanah, U., & Widayanti, W. (2018). The Effectiveness of Islamic Religious Education in the Universities: The Effects on the Students’ Characters in the Era of Industry 4.0. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 77–87.

Arifin, S., Abidin, N., & Anshori, F. A. (2021). Kebijakan Merdeka Belajar dan Implikasinya terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1), 65–78. https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i1.2394

Arifin, S., & Muslim, M. (2020). TANTANGAN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN “MERDEKA BELAJAR, KAMPUS MERDEKA†PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM SWASTA DI INDONESIA. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i1.589

Gamar, M. M., Faruq, M. S. A., & Lina, L. (2018, October). Challenging the Indonesian Primary Education in Industrial Revolution 4.0 Era. 3rd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2018). https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.12

Jiwandono, L. (2005). IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 4 TAHUN 1997 TENTANG PENYANDANG CACAT DALAM KAITANNYA DENGAN HAK DAN KESAMAAN KESEMPATAN PADA PROSES REHABILITASI BAGI PENYANDANG CACAT TUBUH (Studi di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa Prof. Dr. Soeharso Surakarta) [PhD Thesis]. Universitas Sebelas Maret.

Kusrini, S. (2018). Moralitas dan Spiritualitas Islam Sebagai Arah Reformasi Pendidikan. ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, 4(1), 78–88. https://doi.org/10.18860/ua.v4i1.6138

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2010). Methods in educational research: From theory to practice (Vol. 28). John Wiley & Sons.

Mulyani, E. (2011). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705

Munir, M. S. (2018). URGENSI EVALUASI KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA PENDIDIKAN. Jurnal Al-Hikmah, 6(1), 27–35.

No, P. M. P. U. (30). Tahun 2006 tentang Pedoman Teknis Fasilitas dan Aksesibilitas pada Bangunan Gedung dan Lingkungan.

Norman K. Denzin & Yvonnas S Lincoln. (2009). Handbook Qualitative Research. Pustaka Pelajar.

Nurul Hidayat. (n.d.). Urgensi Pendidikan di Era Industri 4.0. ResearchGate. Retrieved December 26, 2019, from https://www.researchgate.net/publication/333208864_URGENSI_PENDIDIKAN_ISLAM_DI_ERA_40/link/5ce2532aa6fdccc9ddbed458/download

Organization, W. H. (1980). International classification of impairments, disabilities, and handicaps: A manual of classification relating to the consequences of disease, published in accordance with resolution WHA29. 35 of the Twenty-ninth World Health Assembly, May 1976.

Rae, D. (2010). Universities and enterprise education: Responding to the challenges of the new era. Journal of Small Business and Enterprise Development, 17(4), 591–606. https://doi.org/10.1108/14626001011088741

Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).

Rafsanjani, H. (2016). Akad Tabarru'Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1).

Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan strategi pemasaran melalui media online pada produk usaha rumahan krupuk bawang dan kripik sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227-235.

Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).

Sampe, F., Nazipawati, N., Samosir, M. S., Siregar, N. A., Pahlevi, R. W., Aziz, A. A., ... & Shadiq, T. F. (2022). Dasar-Dasar Ekonomi Pembangunan.

Setianingsih, E. S., & Widyaningrum, A. (2017). Scientific Article Education Evaluation of Inclusion of Junior High Schools In Central Java. 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017).

Siswanto, S. (2015). MEMBUDAYAKAN NILAI-NILAI AGAMA DALAM KOMUNITAS SEKOLAH. KARSA: Journal of Social and Islamic Culture, 22(1), 66–80.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Alfabeta.

Suratmi, T., Nugrohadi, W., & Agustin, D. (2018, September). Entrepreneurial Learning Design in Higher Education in the Era Revolution Industry 4.0. International Conference on Teacher Training and Education 2018 (ICTTE 2018). https://doi.org/10.2991/ictte-18.2018.63

Syam, A. R., & Arifin, S. (2017). KEDUDUKAN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI. 12.

Syam, A. R., & Arifin, S. (2018). Islamic Educational Institution Policies Based on Creative Economic the Asean Era Economic Community. EDUKASI : Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 6(1), 049–063. https://doi.org/10.5281/edukasi.v6i1.307

Tan, S. Y., Al-Jumeily, D., Mustafina, J., Hussain, A., Broderick, A., & Forsyth, H. (2018). Rethinking Our Education to Face the New Industry Era. Proceedings of EDULEARN18 Conference 2nd-4th July 2018, Palma, Mallorca, Spain, 6562–6571.

Undang-Undang, R. I. (2003). no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Yaruss, J. S. (1998). Describing the consequences of disorders: Stuttering and the international classification of impairments, disabilities, and handicaps. Journal of Speech, Language, and Hearing Research, 41(2), 249–257.

Authors

Adib Khusnul Rois
adibkhusnulrois@gmail.com (Primary Contact)
Yustika Caprillin Costantina
Syamsul Arifin
Author Biography

Adib Khusnul Rois, Universitas Muhammadiyah Ponorogo

ekonomi syariah
Rois, A. K., Costantina, Y. C., & Arifin, S. (2023). Kewirausahaan Anak Penyandang Disabilitas di SLB Dharma Wanita Jiwan dalam Usaha Mengahadapi Era Industri 4.0. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1). https://doi.org/10.30651/jms.v8i1.14455

Article Details