Prilaku Investasi dan pengguna Media Sosial: Fomo dan Keterbukaan Diri di Media Sosial

Authors

  • Ahmad Thoriq Alfan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Egi Regi Prayoga Universitas Idlam Negeri Sumatera Utara
  • Wein Rizki Dharmawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Purnama Ramadani Silalahi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.14036

Keywords:

Perilaku Investasi, Media Sosial, Fomo, Keterbukaan diri

Abstract

Media social sebagai media pertukaran informasi dan komunikasi dimasyarakat yang diminati oleh mayoritas Generasi Z diindonesia dengan rentang usia 20-30 tahun, perilaku Generasi Z diindonesia cenderung fomo (takut akan ketingagalan sesuatu) dan terbuka dalam menanggapi isu-isu, informasi, dan tren yang sedang maraak diperbincangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi perilaku investasi dan pengguna media social serta melihat pengaruh fomo dan keterbukaan diri mereka dalam mengahadapi isu dengan melihat keterlibatan media social dalam mnentukan investasi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan path analysis. Oengumpulan data menggunakan kuisioner dan penelitian diuji dengan alat uji analisis SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara tidak langsung FoMo (X1) melalui dengan dihubungkan oleh Media Sosial(Z) mempunyai pengaruh signifikan terhadap Keputusan (Y), dan sedangkan pada Keterbukaan diri secara langsung Keterbukaan diri (X2) melalui Media Sosial (Z) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan (Y). ini terjadi akibat pengaruh yang diberikan pada fomo dan Keterbukaan diri para generasi Z sangat berpengaruh pada media social apalagi generasi z merasa media social sudah menjadi kebutuhan yang wajib mereka penuhi, yang berarti media sosiallah yang menyebabkan seseorang mengalami fomo dan keterbukaan diri, apalagi generasi z sekarang merasa semua informasi yang mereka dapat berasal dari media social, sehingga mereka menganggap media social adalah patokan bersosial.

References

Setiadi, G. J. (2019). Self-disclosure individu androgini melalui instagram sebagai media eksistensi diri. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(2), 272. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i2.1497

Sagiyanto, A., & Ardiyanti, N. (2018). SELF DISCLOSURE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Pada Anggota Galeri Quote). Nyimak (Journal of Communication), 2(1), 81–94. https://doi.org/10.31000/nyimak.v2i1.687

Christina, R., Yuniardi, M. S., & Prabowo, A. (2019). Hubungan Tingkat Neurotisme dengan Fear of Missing Out (FoMO) pada Remaja Pengguna Aktif Media Sosial. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 105–117. https://doi.org/10.23917/indigenous.v4i2.8024

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

Pratiwi, A., & Fazriani, A. (2020). Hubungan antara fear of missing out (Fomo) dengan kecanduan media sosial pada remaja pengguna media sosial. Jurnal Kesehatan, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i1.123

Pratiwi, A., & Fazriani, A. (2020). Hubungan antara fear of missing out (Fomo) dengan kecanduan media sosial pada remaja pengguna media sosial. Jurnal Kesehatan, 9(1), 1–13. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i1.123

Dewi, N. K., Hambali, I., & Wahyuni, F. (2022). Analisis intensitas penggunaan media sosial dan social environtment terhadap perilaku. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 5(1), 11–20. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/view/1352

Setiadi, G. J. (2019). Self-disclosure individu androgini melalui instagram sebagai media eksistensi diri. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 3(2), 272. https://doi.org/10.25139/jsk.v3i2.1497

Silalahi, Purnama Ramadani. (2020).Perilaku Investor Muslim Dalam Pemngambilan Keputusan Investasi Saham Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Repostary uinsu. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9589

Murshala, Fakri, Purnama Ramadhani Silalahi. (2022). Perilaku Investor: Pengambilan Keputusan Investor Saham Penerbangan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, Vol.1, No.2, 100-104. http://ulilalbabinstitute.com/index.php/PESHUM/article/view/56

Fauzia, A. Z., Maslihah, S., & Ihsan, H. (2019). Pengaruh Tipe Kepribadian Terhadap Self-Disclosure Pada Dewasa Awal Pengguna Media Sosial Instagram Di Kota Bandung. Journal of Psychological Science and Profession, 3(3), 151. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i3.23434

Siregar, H. S., Ermawati, W. J., & Fariyanti, A. (2021). Pengaruh Kepribadian Terhadap Perilaku Penggunaan Online Trading Dan Preferensi Resiko Pada Investor. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 157–167. https://doi.org/10.17358/jabm.7.1.157

Rasuma Putri, N. M. D., & Rahyuda, H. (2017). Pengaruh Tingkat Financial Literacy Dan Faktor Sosiodemografi Terhadap Perilaku Keputusan Investasi Individu. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9, 3407. https://doi.org/10.24843/eeb.2017.v06.i09.p09

Aisafitri, L., & Yusriyah, K. (2021). KECANDUAN MEDIA SOSIAL (FoMO) PADA GENERASI MILENIAL. Jurnal Audience, 4(01), 86–106. https://doi.org/10.33633/ja.v4i01.4249

Ratnasari, R., Hayati, E. N., & Bashori, K. (2021). Self Disclosure Media Sosial pada Fase Kehidupan Dewasa Awal. Jurnal Diversita, 7(2), 141–147. https://doi.org/10.31289/diversita.v7i2.4511

Arnus, S. H. (2016). Self disclosure di media sosial pada mahasiswa IAIN Kendari. Fakultas Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah IAIN Kendari, 11(2), 1–18.

Mailoor, A., Senduk, J. J., & Londa, j w. (2017). Pengaruh penggunaan media sosial. Jurnal Acta Diurna, VI(1), 1–10.

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Setiawan, E., Wahyudi, S., & Mawardi, W. (2016). Pengaruh Sosial Demografi, Pengetahuan Keuangan, dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Investasi Keuangan Individu (Studi Kasus pada Karyawan Swasta di Kabupaten Kudus). E-Journal Undip, 1–19. http://eprints.undip.ac.id/50508/1/Jurnal_Tesis_Pengaruh_Sosial_Demografi%2C_Pengetahuan_Keuangan%2C_dan_Sikap_Keuangan_Terhadap_Perilak.pdf

I Made Adnyana, S.E., M. M. (2020). Manajemen Investasi Dan Portofolio. Jakarta Selatan: Lembaga Penerbitan Universitas Nasional (LPU-UNAS).

Lubis, T. A. (2016). Manajemen Investasi dan Perilaku Keuangan. Jambi: Salim Media Indonesia.https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://repository.unja.ac.id/10151/1/Manajemen%2520Investasi%2520dan%2520Perilaku%2520Keuangan.pdf&ved=2ahUKEwjO7e_P7Or4AhWWUGwGHZFeAKEQFnoECAMQAQ&usg=AOvVaw2kDhpiriOQFlhqFWYM9Gsz

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Alfan, A. T., Prayoga, E. R., Dharmawan, W. R., & Silalahi, P. R. (2022). Prilaku Investasi dan pengguna Media Sosial: Fomo dan Keterbukaan Diri di Media Sosial. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4). https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.14036

Issue

Section

Artikel