Peran E-Commerce dalam Menopang Keberhasilan UMKM di Indonesia

Authors

  • Purnama Ramadani Silalahi
  • Ibnu Habib Wahyudi
  • Muhammad Taufiq
  • Nurul Annisa
  • Zikri Rahman

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13930

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran e-commerce dalam menopang keberhasilan terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Perilaku serta tindakan tersebut yang akan menjadi dasar pembahasan untuk menjelaskan bagaimana peran e-commerce dalam menopang keberhasilan perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah eksplorasi. Perkembangan teknologi yang pesat dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pengusaha UMKM untuk memperluas pemasaran produk yang dihasilkan. Salah satu teknologinya menggunakan e-commerce agar mempermudah para pelaku usaha UMKM. 

Kata kunci : E-Commerce, Keberhasilan, UMKM, Indonesia

References

Farida Boangmanalu1, Zikri Rahman, Nurul Jannah, Peran Pasar Modal Syariah dalam Perekonomian Indonesia, Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam Vol. 2, No. 2 (2021).

Halim Abdul, Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju, Growth: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Volume 1, No. 2, 2020.

Kadeni , Srijani Ninik, Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Equilibrium, volume 8, nomor 2, 2020.

Nayla Akifa P., ―Komplet Akuntansi untuk UKM dan Waralaba‖, Laksana, Jogjakarta, 2014.

Ramadhani Adhilah, Yaenal Arifin, Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-Commerce sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015, dalam Jurnal Economics Development Analisys Journal. Edaj 2 (2) (2013).

Sidartha Iwan, Suzanto Boy, “Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen terhadap Sikap serta Perilaku Konsumen pada E-commerceâ€, Jurnal Computech & Bisnis, 2015

Undang-Undang Usaha Mokro, Kecil dan Menengah. Pustaka Mahardika, Yogyakarta, 2013.

Hafni, R dan Rozali, A. (2017). Analisis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

Casalino, N. Z. (n.d.). Digital Strategies And Organizational Perfomances Of SMEs In The Age of Coronavirus: Balance Digital Transformations with An Effective Bussines Reselience. Law and Economics Yearly Review Jurnal-LEYR.

Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).

Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227-235.

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Didi Achjari, “Potensi Manfaat dan Problem di E-Comerceâ€, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 15, No.3: 388-395 (2000), diakses pada 3 Juli 2019,

Donald Cristofer, dkk., Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model, Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 15 No.1, 2016, h. 77-93.

Chairul Shaleh, Metodologi Penelitian Sebuah Petunjuk Praktis. (Yogyakarta: CV. Jaya Abadi, 2008), hal. 80

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), hal

S. Margono, Metode Penelitian Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), hal. 36

Lexy J. Melong, Metodologi…, hal 37

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Silalahi, P. R., Wahyudi, I. H., Taufiq, M., Annisa, N., & Rahman, Z. (2022). Peran E-Commerce dalam Menopang Keberhasilan UMKM di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4). https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13930

Issue

Section

Artikel