Peran E-Commerce dalam Menopang Keberhasilan UMKM di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13930Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran e-commerce dalam menopang keberhasilan terhadap perkembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Perilaku serta tindakan tersebut yang akan menjadi dasar pembahasan untuk menjelaskan bagaimana peran e-commerce dalam menopang keberhasilan perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah di Indonesia. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah eksplorasi. Perkembangan teknologi yang pesat dapat dimanfaatkan untuk mempermudah pengusaha UMKM untuk memperluas pemasaran produk yang dihasilkan. Salah satu teknologinya menggunakan e-commerce agar mempermudah para pelaku usaha UMKM.Â
Kata kunci : E-Commerce, Keberhasilan, UMKM, Indonesia
References
Farida Boangmanalu1, Zikri Rahman, Nurul Jannah, Peran Pasar Modal Syariah dalam Perekonomian Indonesia, Al-Sharf Jurnal Ekonomi Islam Vol. 2, No. 2 (2021).
Halim Abdul, Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju, Growth: Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, Volume 1, No. 2, 2020.
Kadeni , Srijani Ninik, Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Equilibrium, volume 8, nomor 2, 2020.
Nayla Akifa P., ―Komplet Akuntansi untuk UKM dan Waralaba‖, Laksana, Jogjakarta, 2014.
Ramadhani Adhilah, Yaenal Arifin, Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Berbasis E-Commerce sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Daya Saing dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015, dalam Jurnal Economics Development Analisys Journal. Edaj 2 (2) (2013).
Sidartha Iwan, Suzanto Boy, “Pengaruh Kepuasan Transaksi Online Shopping dan Kepercayaan Konsumen terhadap Sikap serta Perilaku Konsumen pada E-commerceâ€, Jurnal Computech & Bisnis, 2015
Undang-Undang Usaha Mokro, Kecil dan Menengah. Pustaka Mahardika, Yogyakarta, 2013.
Hafni, R dan Rozali, A. (2017). Analisis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah terhadap Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia. Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Casalino, N. Z. (n.d.). Digital Strategies And Organizational Perfomances Of SMEs In The Age of Coronavirus: Balance Digital Transformations with An Effective Bussines Reselience. Law and Economics Yearly Review Jurnal-LEYR.
Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).
Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227-235.
Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.
Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).
Didi Achjari, “Potensi Manfaat dan Problem di E-Comerceâ€, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 15, No.3: 388-395 (2000), diakses pada 3 Juli 2019,
Donald Cristofer, dkk., Pengembangan Model Peningkatan Daya Saing UMKM di Indonesia: Validasi Kuantitatif Model, Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 15 No.1, 2016, h. 77-93.
Chairul Shaleh, Metodologi Penelitian Sebuah Petunjuk Praktis. (Yogyakarta: CV. Jaya Abadi, 2008), hal. 80
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2007), hal
S. Margono, Metode Penelitian Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), hal. 36
Lexy J. Melong, Metodologi…, hal 37
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.