Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Kuliner Berbasis Syariah di Kota Medan

Authors

  • Salman Nasution
  • Purnama Ramadani Silalahi

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.13785

Abstract

Abstrak

Peningkatan pendapatan UMKM kuliner berbasis syariah dapat dilakukan melalui digital marketing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran digital marketing dalam meningkatkan pendapatan para UMKM kuliner syariah di Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil yang di peroleh dari penelitian adalah digital marketing yang diterapkan oleh para UMKM  dibidang kuliner sangat berpengaruh besar terhadap pendapatan mereka dan sangat membantu mereka dalam memasarkan produknya.

Kata kunci: Digital Marketing, Pendapatan UMKM, UMKM Kuliner

 

Increasing the income of sharia-based culinary SMEs can be done through digital marketing. This study aims to determine the role of digital marketing in increasing the income of sharia culinary SMEs in the city of Medan. This study used descriptive qualitative method. The results obtained from the research are that digital marketing applied by MSMEs in the culinary field has a major influence on their income and greatly helps them in marketing their products.

Keywords: Digital Marketing, MSMEs income, MSMEs culinary

 

 

References

Arifqi, M. M. (2021). Pemulihan Perekonomian Indonesia Melalui Digitalisasi UMKM Berbasis Syariah di Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 3(2), 192–205. https://doi.org/10.47467/alkharaj.v3i2.311

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Faizah, F. N. (2022). Eksistensi bisnis kuliner halal melalui digital marketing di era new normal. SERAMBI: Jurnal Ekonomi Manajemen …, 4(1), 85–98. http://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/SERAMBI/article/view/513%0Ahttps://ejournal.imperiuminstitute.org/index.php/SERAMBI/article/download/513/328

Fauzi, R. U. A., Kadi, D. C. A., Ernanda, G. K. S., Triwidya, P., & Adhelia, S. (2021). Keefektifan Peran Digital Marketing Melalui Media Sosial Dalam Proses Pemasaran Produk Galeri UMKM Ekawira, Kare Madiun. Indonesia Berdaya, 2(1), 21–30. https://doi.org/10.47679/ib.202176

Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16, 32–41.

Hasan, S. (2021). Pengaruh Sosial Media dalam Peningkatan Pemasaran UMKM Kuliner Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus: UMKM Kuliner Kota Bangkinang, Provinsi Riau). INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 30–40. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.121

Herosian, M. Y., & Samvara, M. A. (2019). Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Dan Kemudahan Akses Layanan Aplikasi Belanja Online Dalam Peningkatan Daya Beli Masyarakat Kota Medan Di Era Revolusi Industry Marketing 4.0. Akrab Juara, 4(5), 45–62. https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/868/769

Krisnawati, D. (2018). Peran Perkembangan Teknologi Digital Pada Strategi Pemasaran Dan Jalur Distribusi Umkm Di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1). https://doi.org/10.35137/jmbk.v6i1.175

Ma’arif, M. S., Muslim, U. B., & ... (2021). Pengenalan Manajemen Bisnis Syariah Melalui Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Desa Cimangggu I …. Sahid Empowerment …, 1, 26–36. https://jurnal.febi-inais.ac.id/ojsPengabdian/index.php/SahidEmpowermentJ/article/view/2

Pasaribu, R. M., & Oktavia, A. (2020). Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kota Medan. Journal Of Economic and Business, 1(01), 50–60.

Pelaku, B., Di, U., & Mekarsari, K. (2021). PELATIHAN PEMASARAN SYARIAH BERBASIS DIGITAL BAGI PELAKU UMKM DI KELURAHAN MEKARSARI CILEUNGSI Muhammad Salman Alfarisi 1 , Ajriyansyah 2 , Adi Purwanto 3 , Triyana 4. 1(1), 1–5.

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Rafiah, K. K., & Kirana, D. H. (2019). Analisis Adopsi Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Digital Bagi UMKM Makanan dan Minuman di Jatinangor. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 2(1), 188–198. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.45

Riswantio, A., & Devi, A. (2020). Digitalisasi Warung Sembako Dan Terintegrasi Dengan Payment Gateway Berbasis Syariah. Pkm-P, 4(2), 208. https://doi.org/10.32832/pkm-p.v4i2.747

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Volume 19 Issue 1 ( 2022 ) Pages 170-182 KINERJA : Jurnal Ekonomi dan Manajemen ISSN : 1907-3011 ( Print ) 2528-1127 ( Online ) Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro , kecil , dan menengah Digital marketing in the development of micro , small , and medium enterprises. 19(1), 170–182. https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207

We Are Social. (2021). Digital 2021: Indonesia. In Datareportal.Com (p. 103). https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Nasution, S., & Silalahi, P. R. (2022). Peran Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Kuliner Berbasis Syariah di Kota Medan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(2). https://doi.org/10.30651/jms.v7i2.13785

Issue

Section

Artikel