Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi Dan Penanganan Masalah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada BMT Sidogiri Cabang Malang Kota)
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13609Keywords:
kepercayaan, komitmen, komunikasi, penanganan masalah, loyalitas nasabahhAbstract
AbstrakTujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan masalah terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yaitu dengan mengkaji hubungan antar masing-masing variabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis sampel simple random sampling. Sampel penelitian ini menggunakan 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan meggunakan pegujian uji t, uji f dan koefisien determinasi dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, komunikasi dan penangan masalah tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah sedangakan variabel komitmen berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.       Adapun hasil penelitian secara simultan, variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan masalah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BMT Sidogiri Cabang Malang Kota.
References
Bruhn, Manfred. 2003. Relationship Marketing: Management of Customer Relationship. Penerbit: Pretice Hall.
Chan, Syafruddin. (2003). Relationship Marketing: Inovasi Pemasaran yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hafiduddin, Didin. (2003). Manejemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.
Hurriyati, Ratih. 2011. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.
Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Kotler, Philip, GaryAmstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.
Ndubisi, N. O. (2007). Relationship marketing and customer loyalty. Marketing Intelligence and Planning, 25(1), 98–106.
Ningtyas Basuki Rachmad Pascasarjana STIE Perbanas Surabaya STIE Perbanas Surabaya, F. (2011). PENGARUH KEPERCAYAAN, KOMITMEN, KOMUNIKASI, PENANGANAN MASALAH DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT DI SURABAYA. In Journal of Business and Banking (Vol. 1, Issue 1).
Pratama, Kiki dan Sri Ekowati. 2021. Pengaruh Trust, Commitment, Communication dan Conflict Handling Terhadap Loyalitas Nasabah pada BNI Syariah Kota Bengkulu. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains. 2(1). 30-42.
Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).
Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).
Rafsanjani, H. (2016). Akad Tabarru'Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1).
Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.
Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.
Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).
Rusdiana. 2015. Manajemen Konflik. Jakarta: Pustaka Setia.
Safitri, Y. A. (2011). Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik, Dan Perannnya Terhadap Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Bca Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 1(1), 117.
Sukmawati, I. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Air Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 729–742.
Utomo, priyanto Doyo. 2006. Analisis Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen pada Operator Telepon Seluler. Thesis: UGM.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.