Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi Dan Penanganan Masalah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada BMT Sidogiri Cabang Malang Kota)

Fitria Fitria (1), Siswanto Siswanto (2)
(1) Universitas Islam Negeri Maulaan Malik Ibrahim Malang, Indonesia,
(2)

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan masalah terhadap loyalitas nasabah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif yaitu dengan mengkaji hubungan antar masing-masing variabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis sampel simple random sampling. Sampel penelitian ini menggunakan 40 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan meggunakan pegujian  uji t, uji f dan koefisien determinasi dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, komunikasi dan penangan masalah tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah sedangakan variabel komitmen berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.         Adapun hasil penelitian secara simultan, variabel kepercayaan, komitmen, komunikasi dan penanganan masalah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BMT Sidogiri Cabang Malang Kota.

Full text article

Generated from XML file

References

Bruhn, Manfred. 2003. Relationship Marketing: Management of Customer Relationship. Penerbit: Pretice Hall.

Chan, Syafruddin. (2003). Relationship Marketing: Inovasi Pemasaran yang Membuat Pelanggan Bertekuk Lutut. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hafiduddin, Didin. (2003). Manejemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani.

Hurriyati, Ratih. 2011. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Kotler, Philip, GaryAmstrong. (2001). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa, Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Ndubisi, N. O. (2007). Relationship marketing and customer loyalty. Marketing Intelligence and Planning, 25(1), 98–106.

Ningtyas Basuki Rachmad Pascasarjana STIE Perbanas Surabaya STIE Perbanas Surabaya, F. (2011). PENGARUH KEPERCAYAAN, KOMITMEN, KOMUNIKASI, PENANGANAN MASALAH DAN KEPUASAN NASABAH TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT DI SURABAYA. In Journal of Business and Banking (Vol. 1, Issue 1).

Pratama, Kiki dan Sri Ekowati. 2021. Pengaruh Trust, Commitment, Communication dan Conflict Handling Terhadap Loyalitas Nasabah pada BNI Syariah Kota Bengkulu. Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains. 2(1). 30-42.

Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).

Rafsanjani, H. (2016). Etika Produksi Dalam Kerangka Maqashid Syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(2).

Rafsanjani, H. (2016). Akad Tabarru'Dalam Transaksi Bisnis. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 1(1).

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Rafsanjani, H. (2018). Studi Kritis Pemikiran Muhammad Yunus Tentang Grameen Bank. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).

Rusdiana. 2015. Manajemen Konflik. Jakarta: Pustaka Setia.

Safitri, Y. A. (2011). Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Penanganan Konflik, Dan Perannnya Terhadap Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Bca Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 1(1), 117.

Sukmawati, I. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt Air Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 729–742.

Utomo, priyanto Doyo. 2006. Analisis Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen pada Operator Telepon Seluler. Thesis: UGM.

https://kemenkopukm.go.id/

Authors

Fitria Fitria
fitria.phit123456@gmail.com (Primary Contact)
Siswanto Siswanto
Fitria, F., & Siswanto, S. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi Dan Penanganan Masalah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada BMT Sidogiri Cabang Malang Kota). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4). https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13609

Article Details