Analisis Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) Pada Dinas Bina Marga Dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara

Authors

  • Rika Sapriyani
  • Laylan Syafina

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13406

Abstract

ABSTRAK
Suatu organisasi sudah diwajibkan mengembangkan sistem informasi yang dimiliki yang digunakan untuk melayani kepentingan publik. Pengunaan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) adalah salah satu upaya yang digunakan untuk mengembangkan sistem informasi manajemen yang handal. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dampak dan kendala terkait penggunaan aplikasi SIMBADA di Dinas Bina Marga Dan Bina Kontruksi Pemprovsu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini ialah terdapat dampak negatif dan positif terkait penggunaan aplikasi SIMBADA serta kendala dalam aplikasi tersebut yang belum mampu untuk menginput bilangan berkoma pada satuan barang/aset, sehingga pada proses penginputannya berlakulah pembulatan angka pada bilangan berkoma tersebut. Dimana jika terjadi miscommunication antara staf/ASN yang melakukan perjalanan dinas dengan bendahara pengeluaran pembantu serta pengurus barang pembantu (yang menginput data ke aplikasi SIMBADA) maka akan terjadi perbedaan pencatatan sampai ke buku kas umum. Untuk itu diperlukan penyempurnaan aplikasi SIMBADA secara berkala serta menghilangkan ataupun meminimalisir miscommunicationantara bendahara pengeluaran pembantu dengan pengurus barang pembantu supaya tidak terjadi perbedaan antara catatan pengeluaran dengan pengadaan BBM dengan aplikasi SIMBADA.
Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen, Barang Milik Daerah

References

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Wulandari, A. S., & Putra, I. S. (2015). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah Dengan Metode Technology Acceptance Model Pada Pemerintah Kabupaten Blitar. Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK), 2 (2), 239–258.

Rafsanjani, H. (2017). Kepemimpinan spiritual. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).

Rafsanjani, H. (2014). Analisis Islamic Human Development Index di Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Rambe, K. A. (2018). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (Simbada) pada Pemerintah Daerah (Studi pada Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan AsetDaerah Kabupaten Tapanuli Selatan, 1-89.

Rizqi, L. N., Domai, T., & Wachid, A. (2016). Penatausahaan Asset Pemerintah Daerah Melalui Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah ( Simbada ) Di Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Publik, 1(1), 93–101.

Jogiyanto. (2005). Sistem Teknologi Informasi : Pendekatan Terintegrasi : Konsep Dasar, Teknologi Aplikasi, Pengembangan Dan Pengelolaan (3rd ed.). CV Andi Offset.

Pasolong. (2007). Teori Administrasi Publik. Alfabeta.

Mahmudi. (2010). Manajemen Keuangan Daerah. Erlangga.

Widjaja. (2005). Penyelenggaraan Otonomi di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.

http://binamarga.sumutprov.go.id

Anisya, & Iwan. (2015). Analisis Penerapan Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah Dengan Metode Technology Acceptance Model Pada Pemerintah Kabupaten Blitar. Jurnal Riset Mahasiswa Ekonomi (RITMIK),2(2).

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Sapriyani, R., & Syafina, L. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Barang Daerah (SIMBADA) Pada Dinas Bina Marga Dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4). https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13406

Issue

Section

Artikel