Pengaruh Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Dalam Meningkatkan UMKM Yang Berdaya Saing Di Kota Binjai
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13289Abstract
ABSTRAK
Â
UMKM saat ini tentu saja sedang tumbuh di negara kita. Meskipun ini adalah bisnis kecil, perannya sangat berguna untuk mendukung upaya Ekonomi dan kreativitas Banyak pekerjaan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiayaan KUR dalam meningkatkan daya saing UMKM di kota Binjai. Jenis penelitian ini menggunakann metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data primer dalam penelitian ini berasal dari pelaku UMKM kota Binjai yang menerapkan pembiayaan KUR. Populasi penelitian ini adalah UMKM kota Binjai. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner kemudian di olah dengan ujii Validitas dann reliabilitas. Teknik analis data menggunakan Uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan KUR memberikan proporsi pengaruh secara signifikan pada peningkatan daya saing UMKM di Kota Binjai. Hal ini dibuktikan dengan Nilai t-tabel dengan derajat bebas 40 – 3 = 37 dan taraf nyata 5% adalah 2,026. Nilai t hitung untuk X (2,921 > 2,026) dan sedangkan untuk nilai dari signifikansinya ialah (0,006 < 0,05).
KATA KUNCI : UMKM – KREDI USAHA RAKYAT
References
Arief, & Satria, A. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN A-36. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169
Baiq Desthania Prathama. (2021). Analisis Faktor Daya Saing , Budaya Keuangan , dan Keputusan Pembayaran Kredit terhadap Peluang Akses Layanan Keuangan UKM Lombok. XIV(September).
Hakim, M. K. (2019). Peran Pembiayaan KUR Terhadap Perkembangan UMKM Masyarakat Muslim Di Kabupaten Kudus. 45(45), 95–98.
Husaeni, U. A., & Dewi, T. K. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Perkembangan Anggota BMT Di Jawa Barat. 2, 47–56.
Iskandar, D. A. (2020). Pengaruh Celebrity Adsense di Media Sosial dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Situs Belanja Online Wardah. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(1), 27–33. http://112.78.142.42/index.php/kalbisocio/article/view/145
Krisdiawan, R. A., & Yulyanto, Y. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Internet Dibidang E-Commerce Dalam Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk Umkm Desa Pamulihan Kecamatan Subang. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(02), 130. https://doi.org/10.25134/empowerment.v3i02.2341
MULYANA, S. (2018). Pengaruh Pinjaman Modal Terhadap Omzet UMKM di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 4(1), 103–107. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v4i1.139
Nasri, A. F. D. (2020). Pengaruh Penerapan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. 24. htttp://repository.iainbengkulu.ac.id/4704/1/SKRIPSI al- fadlilah pdf .pdf
Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.
Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).
Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.
Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.
Rudi Suprianto Ahmadi, Nining, H., & Luthfi, S. (2020). Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu -Ilmu Sosial Dan Humaniora, 22(2), 172–180. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537
Tambunan, T. (2019). Recent evidence of the development of micro, small and medium enterprises in Indonesia. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40497-018-0140-4
Wiratna, S., & Lila, U. R. (2015). Analisis Dampak Pembiayaan Dana Bergulir KUR (Kredit Usaha Rakyat) Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 22(1), 11–25.
Zaelani, I. R. (2019). Peningkatan Daya Saing Umkm Indonesia: Tantangan Dan Peluang Pengembangan Iptek. Jurnal Transborders, 3(1), 15. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.23969/transborders.v3i1.1746
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.