Pengaruh Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Dalam Meningkatkan UMKM Yang Berdaya Saing Di Kota Binjai

Authors

  • Hilma Kholilah Lubis UINSU
  • Muhammad Syahbudi

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13289

Abstract

ABSTRAK

 

UMKM saat ini tentu saja sedang tumbuh di negara kita. Meskipun ini adalah bisnis kecil, perannya sangat berguna untuk mendukung upaya Ekonomi dan kreativitas Banyak pekerjaan baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiayaan KUR dalam meningkatkan daya saing UMKM di kota Binjai. Jenis penelitian ini menggunakann metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data primer dalam penelitian ini berasal dari pelaku UMKM kota Binjai yang menerapkan pembiayaan KUR. Populasi penelitian ini adalah UMKM kota Binjai. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner kemudian di olah dengan ujii Validitas dann reliabilitas. Teknik analis data menggunakan Uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiayaan KUR memberikan proporsi pengaruh secara signifikan pada peningkatan daya saing UMKM di Kota Binjai. Hal ini dibuktikan dengan Nilai t-tabel dengan derajat bebas 40 – 3 = 37 dan taraf nyata 5% adalah 2,026. Nilai t hitung untuk X (2,921 > 2,026) dan sedangkan untuk nilai dari signifikansinya ialah (0,006 < 0,05).

KATA KUNCI : UMKM – KREDI USAHA RAKYAT

References

Arief, & Satria, A. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN A-36. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169

Baiq Desthania Prathama. (2021). Analisis Faktor Daya Saing , Budaya Keuangan , dan Keputusan Pembayaran Kredit terhadap Peluang Akses Layanan Keuangan UKM Lombok. XIV(September).

Hakim, M. K. (2019). Peran Pembiayaan KUR Terhadap Perkembangan UMKM Masyarakat Muslim Di Kabupaten Kudus. 45(45), 95–98.

Husaeni, U. A., & Dewi, T. K. (2019). Pengaruh Pembiayaan Mikro Syariah Terhadap Tingkat Perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada Perkembangan Anggota BMT Di Jawa Barat. 2, 47–56.

Iskandar, D. A. (2020). Pengaruh Celebrity Adsense di Media Sosial dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Situs Belanja Online Wardah. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(1), 27–33. http://112.78.142.42/index.php/kalbisocio/article/view/145

Krisdiawan, R. A., & Yulyanto, Y. (2020). Pelatihan Pemanfaatan Internet Dibidang E-Commerce Dalam Meningkatkan Jangkauan Pemasaran Produk Umkm Desa Pamulihan Kecamatan Subang. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(02), 130. https://doi.org/10.25134/empowerment.v3i02.2341

MULYANA, S. (2018). Pengaruh Pinjaman Modal Terhadap Omzet UMKM di Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 4(1), 103–107. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v4i1.139

Nasri, A. F. D. (2020). Pengaruh Penerapan E-Commerce Terhadap Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. 24. htttp://repository.iainbengkulu.ac.id/4704/1/SKRIPSI al- fadlilah pdf .pdf

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Rafsanjani, H. (2022). Confirmatory Factor Analysis (CFA) untuk Mengukur Unidimensional Indikator Pilar Pengembangan Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 7(2).

Rafsanjani, H. (2022). Peran Dewan Pengawas Syariah (DPS) Pada Lembaga Keuangan Syariah (Pendekatan Psikologi Sosial). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(1), 267-278.

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Rudi Suprianto Ahmadi, Nining, H., & Luthfi, S. (2020). Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu -Ilmu Sosial Dan Humaniora, 22(2), 172–180. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537

Tambunan, T. (2019). Recent evidence of the development of micro, small and medium enterprises in Indonesia. Journal of Global Entrepreneurship Research, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40497-018-0140-4

Wiratna, S., & Lila, U. R. (2015). Analisis Dampak Pembiayaan Dana Bergulir KUR (Kredit Usaha Rakyat) Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE), 22(1), 11–25.

Zaelani, I. R. (2019). Peningkatan Daya Saing Umkm Indonesia: Tantangan Dan Peluang Pengembangan Iptek. Jurnal Transborders, 3(1), 15. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.23969/transborders.v3i1.1746

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Lubis, H. K., & Syahbudi, M. (2022). Pengaruh Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Dalam Meningkatkan UMKM Yang Berdaya Saing Di Kota Binjai. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4). https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13289

Issue

Section

Artikel