Pengaruh E-Commerce dan Inovasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan UMKM (Studi Kasus : UMKM Kota Binjai)

Authors

  • Niza Utami UIN Sumatera Utara
  • Muhammad Syahbudi

DOI:

https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13223

Abstract

ABSTRAK

Sebagai pelaku ekonomi, UMKM dihadapkan pada banyak ketidakpastian yang terlihat dari aspek ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-Commerce dan Inovasi Produk terhadap peningkatan penjualan UMKM di kota Binjai. Jenis penelitian ini menggunakann metode kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer. Data primer adalah data dari sumber pertama. Data primer dalam penelitian ini berasal dari pelaku UMKM kota Binjai yang menerapkan E-Commerce dan inovasi produk. Populasi penelitian ini adalah UMKM kota Binjai. Teknik pengumpulan data yaitu dengan kuesioner kemudiann di olah dengan ujii Validitas dann reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Commerce berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM di kota Binjai. Inovasi Produk berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan UMKM di kota Binjai.

KATA KUNCI : UMKM, E-Commerce, Inovasi Produk

References

Arief, & Satria, A. (2017). PENGARUH HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PERUSAHAAN A-36. Jurnal Lentera Bisnis, 6(1), 85. https://doi.org/10.34127/jrlab.v6i1.169

Cicik Harini dan SB Handayani. (2019). Pemasaran Kewirausahaan Melalui E-Commerce Untuk Meningkatkan Kinerja Umkm. Derivatif Jurnal Manajemen, 3(2252), 58–66.

Iskandar, D. A. (2020). Pengaruh Celebrity Adsense di Media Sosial dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Situs Belanja Online Wardah. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi, 7(1), 27–33. http://112.78.142.42/index.php/kalbisocio/article/view/145

Mahzura, T. A. S. (2020). Pemanfaatan E-Commerce dalam Peningkatan Penjualan pada Buger Sei Putih Kota Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 2(1), 65–80. https://doi.org/10.34012/jebim.v2i1.1178

Maftuhah, R. A., & Rafsanjani, H. (2019). Pelatihan Strategi Pemasaran Melalui Media Online Pada Produk Usaha Rumahan Krupuk Bawang dan Kripik Sukun. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 227-235.

Muzdalifa, I., Rahma, I. A., Novalia, B. G., & Rafsanjani, H. (2018). Peran fintech dalam meningkatkan keuangan inklusif pada UMKM di Indonesia (pendekatan keuangan syariah). Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 3(1).

Ningtyas, P. K., & Sunarko, B. (2011). ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI E-COMMERCE DAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA UMKM. Jp.Feb.Unsoed, 95–107.

Noviani Hanum, A., & Sinarasri, A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi E Commerce Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Umkm Di Wilayah Kota Semarang). Maksimum, 8(1), 1. https://doi.org/10.26714/mki.8.1.2018.1-15

Nurlinda, & Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-Commerce dan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 7(3), 445–464. https://doi.org/10.17509/jrak.v7i3.18105

Rudi Suprianto Ahmadi, Nining, H., & Luthfi, S. (2020). Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce Di Kota Bandung. Jurnal Ilmu -Ilmu Sosial Dan Humaniora, 22(2), 172–180. https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537

Rafsanjani, H., & Sukmana, R. (2014). Pengaruh perbankan atas pertumbuhan ekonomi: studi kasus bank konvensional dan bank syariah di Indonesia. Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(3), 492-502.

Rafsanjani, H. (2014). Analisis Islamic Human Development Index di Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Safrianti, T. N. (2020). PENGARUH TRANSAKSI ONLINE (E-COMMERCE), MODAL, DAN LAMA USAHA TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM DI KABUPATEN TEGAL. 151–156.

Sari, I. Y. (2016). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Kinerja UKM Kota Makassar. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Alauddin Makassar, 1–134.

Downloads

Published

2022-12-07

How to Cite

Utami, N., & Syahbudi, M. (2022). Pengaruh E-Commerce dan Inovasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan UMKM (Studi Kasus : UMKM Kota Binjai). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 7(4). https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13223

Issue

Section

Artikel