Analisis Efektivitas Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Masyarakat di Kota Medan
DOI:
https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13219Abstract
ABSTRAK
Pendidikan dapat dikatakan sebagai salah satu kunci utama dalam upaya memajukan bangsa dan negara. hubungan keterkaitan antara pemerintah, masyarakat, serta pihak-pihak swasta lainnya tidak dapat dipisahkan dalam upaya peningkatan kualitas masyarakat di Indonesia terutama dari segi peningkatan kualias pendidikan dan pemerataan pendidikan masyarakat. Sehingga, dalam hal ini pengembangan pendidikan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, melainkan masyarakat juga memiliki tanggungjawab dalam pengembangan pendidikan baik dari segi tenaga, sarana dan prasarana, hingga dari segi pembiayaan pendidikan. Adanya program dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) memiliki tujuan untuk membantu peserta didik yang tidak memiliki kemampuan dalam memenuhi biaya pendidikan sehingga dapat memberikan bebas tanggungan biaya dan dapat meringankan beban pembiayaan pendidikan siswa yang lain. Selain itu, dengan adanya dana BOS diharapkan dapat membantu peserta didik dalam memperoleh pelayanan pendidikan yang lebih bermutu hingga dapat menyelesaikan rangkaian wajib belajar pada pendidikan dasar 9 tahun. Dengan adanya penyaluran dana BOS, maka peserta didik di tingkat pendidikan dasar nantinya akan dibebaskan dari berbagai jenis pembiayaan pendidikan sekolah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dana BOS dalam meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat khususnya di Kota Medan. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dan menggunakan metode pengumpulan data studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa bantuan dana BOS akan efektif dalam peningkatan kualitas pendidikan bagi masyarakat Kota Medan khususnya apabila memenuhi ketentuan dalam hal segi ketepatan penyaluran dana, kecukupan penyaluran dana dan ketepatan tujuan penggunaan data.
Kata Kunci : Evektifitas BOS, Kualitas PendidikanReferences
Alfiani, M. (2021). Komparasi Pengelolaan Dana BOS Sebelum dan Pada Saat Pandemi Covid-19. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , Dan Akuntansi ), 5(3), 1927–1941. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/1639
Bhawa, G. A. S., Haris, I. A., & Artana, M. (2014). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada. Tahun, 4(1), 11–22. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/4118
Congge, U. (2018). Di Kabupaten Sinjai ( Studi Pada Smp Negeri 3 Sinjai ). 1, 38–42.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauziyyah, N. A., Mulyani, H., & Purnamasari, I. (2018). Analisis Efektivitas Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Kota Bandung. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 6(1), 21. https://doi.org/10.17509/jpak.v6i1.15828
Rafsanjani, H. (2017). Peranan Pemerintah dan Aturan Al-Qur’an. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(2).
Rafsanjani, H. (2014). Analisis Islamic Human Development Index di Indonesia (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
Rafsanjani, H. (2017). Kepemimpinan spiritual. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 2(1).
Rafsanjani, H. (2022). Hutang Negara dan Sumber Alternatif Keuangan Negara Perspektif Islam. Maqasid: Jurnal Studi Hukum Islam, 9(2).
Saisarani, K. G. P., & Sinarwati, N. K. (2021). Analisis pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di SMA Negeri 4 Singaraja tahun 2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Humanika, 11(2), 340–348.
Sari, P. (2021). Analisis Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada SDN 060864. Accumulated Journal, 3(1), 84–90.
Sjioen, A. E., & Ludji, S. R. (2020). Analisis Efektivitas Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar Negeri Bonipoi 2 Kota Kupang. Jurnal Inspirasi Ekonomi, 2(3), 12–18.
Sudarmono, S., Hasibuan, L., Us, K. A., & Menengah, S. (2021). Pembiayaan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 266–280.
Suparman, M. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Madrasah Ibtidaiyah Di Kota Makassar. Jurnal Andi Djemma Jurnal Pendidikan, 3, 98–115.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc., will be allowed only with a written permission from Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah and Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya, the Editors and the Advisory Editorial Board make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in the Tadarus are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
Rights of Authors
The Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah And Faculty Of Islamic Religiuos Universitas Muhammadiyah Surabaya recognize the retention of the following:
- Patent and trademark rights and rights to any process or procedure described in the article.
- The right to photocopy or make single electronic copies of the article for their own personal use, including for their own classroom use, or for the personal use of colleagues, provided the copies are not offered for sale and are not distributed in a systematic way outside of their employing institution (e.g. via an e-mail list or public file server). Posting of an article on a secure network (not accessible to the public) within the author institution is permitted.
- The right, subsequent to publication, to use the article or any part thereof free of charge in a printed compilation of works of their own, such as collected writings or lecture notes.