Konstruksi Sosial Keluarga Sakinah Pada Generasi Millenial Dalam Perspektif Sosiologi Keluarga Islam

Penulis

  • Robiatul Adawiyah STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.30651/mqsd.v9i1.6233

Kata Kunci:

Keyword, Social Construction, the Sakinah Family, and Millennial Generation.

Abstrak

Abstrak

Makna kata skinah memiliki dua sudut pandang, yaitu secara obyektif dan subyektif. Masyarakat yang secara terus menerus mengkonstruksi kata sakinah melalui proses eksternalisasi. Pada waktu yang bersamaan hal tersebut mempengaruhi kesadaran subyektif masyarakat tersebut melalui proses internalisasi. Sakinah merupakan suatu konsep yang sedang dikonstruksi dan bukan merupakan sebuah realitas yang final. Konstruksi keluarga sakinah akan selalu mengalami pembentukan yang disebut dengan proses dialektis yang dijalankan oleh masyarakat sebagai instrumen pembentuknya. Konstruksi keluarga sakinah nampaknya mulai terpisah dari masyarakat, bahkan tokoh agama sekalipun. Sakinah yang dijelaskan oleh seorang ulama sebagai keluarga yang saling mengerti peran dan tanggung jawab dalam keluarga dan saling menghormati serta mengedepankan musyawaroh telah menjadi suatu kenyataan yang obyektif. Dalam Islam maupun pemikiran barat menyatakan bahwa dalam membangun keluarga yang bahagia harus merujuk pada nilai-nilai moral, spiritual dan juga agama sebagai dasar kehidupan sebuah keluarga.

Referensi

Amalia, L. (2018). Penilaian Ketahanan Keluarga Terhadap Keluarga Generasi Millenial Di Era Globalisasi Sebagai Salah Salah Satu Pondasi Ketahanan Nasional. Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 5(2).

Hanum, S. L. (2017). Peran Ibu Rumah Tangga dalam Membangun Kesejahteraan Keluarga. Academica: Journal of Multidiciplinary Studies, 1(2).

Hidayat, A. (2018). Metode Pendidikan Islam untuk Generasi Millenial. Fenomena: Jurnal Penelitian, 10(1), 55–76.

Ikrom, M. (2013). Kiai Dan Hukum Keluarga : Kajian Sosiologis atas Peran Kiai terhadap Konstruksi Keluarga Sakinah pada Masyarakat. Al Ahwal, 5(1), 29–42.

Ifdil. (2018). Mengembangkan Kesehatan Mental di Lingkungan Keluarga dan Sekolah. Innovative Counseling: Journal of Innovative Counseling.2 (2), 1-9

Juwita, D. R. (2018). Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Di Era Millenial. At-Tajdid , Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 282–314.

Jannah, M. Konsep Keluarga Idaman dan Islami. Gender Quality: International Journal of Child and Gender Studies, 4 (2).

Mubarrak, D. H. (2016). Peranan Keluarga Samawa dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam. TArbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 221–248.

Suhartono. (2018). Dinamika Hukum Keluarga Islam Di Era Milenial. Al Mashalih – Journal Of Islamic Law 1(2).

Supaat, salmah F. (2019). The Muslim Millennial family typology : the role of Muslim family circumflex model to avoid parents ’ violent behavior against children in Indonesia. Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 9(1), 57–81. https://doi.org/10.18326/ijims.v9i1.

Diterbitkan

2020-11-28

Terbitan

Bagian

Artikel