Pengelolaan Panti Asuhan Putri Aisyiyah 2 Surabaya Sebagai Harta Wakaf Perspektif Maqasid Shari’ah

Penulis

  • Prima Nurmada Syuaro' Prodi Ahwal al Syakhshiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/mqsd.v8i2.5279

Abstrak

ABSTRAK

PRIMA NURMADA SYUARO’ (NIM 20161551050), Pengelolaan Panti Asuhan Putri Aisyiyah 2 Surabaya Sebagai Harta Wakaf Perspektif Maqa>s}hid Shari>’ah Prodi Ahwal Syakhsiyyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya 2019. Pembimbing 1, Dian Berkah, M.H.I.. Pembimbing 2, Saiful Ibnu Hamzah, M.Ag.

Panti Asuhan Putri Aisyiyah 2 Surabaya ini adalah salah satu dari sekian banyak panti yang berdiri di atas tanah wakaf. Panti asuhan tersebut berdiri di atas tiga tanah wakaf yang status hukumnya sah. Dengan ini peneliti ingin lebih dalam menelusuri bagaimana proses pengelolaan yang diterapkan oleh panti tersebut. dan penelitian ini bertujuan untuk meluruskan apa saja dirasa kurang dalam pengelolaan pasti asuhan sebagai harta wakaf.

Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan yaitu penelitian yang berdasarkan hasil dari observasi dan wawancara kepada pengelola atau pengasuh Panti Asuhan Putri Aisyiyah 2 Surabaya. Setelah semua data terkumpul menjadi satu. Selanjutnya penulis melakukan analisis terkait objek tersebut menggunakan pendekatan kualitatif.

Hasil penelitian menyatakan bahwa ada beberapa hal yang harus segera diselesaikan. Karena dikhawatirkan, jika tidak segera ditangani maka akan berdampak pada penjagaan agama, akal, jiwa, keturunan dan harta. Hal ini berjalan selaras dengan perspektif yang penulis gunakan yaitu Maqa>s}hid Shari>’ah. Akan tetapi, realita yang ada di lapangan pengelola masih menemuka beberapa kendala dalam penyelesaian masalah tersebut.

Kata Kunci: Panti Asuhan, Harta Wakaf, Maqa>s}hid Shari>’ah

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-03

Terbitan

Bagian

Artikel