Penerapan Metode Tajdid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas IB SD Muhammadiyah 6 Gadung

Penulis

  • M. Ardiansyah I. Sulaiman Prodi Ahwal al Syakhshiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30651/mqsd.v4i2.1382

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca
Al-Qur‟an siswa di SD Muhammadiyah 6 Gadung yang memiliki karakteristik
yang bebeda, yang mana dalam perkembangannya, SD Muhammadiyah 6 Gadung
sudah menerapkan beberapa metode pembelajaran Al-Qur‟an, namun kenyataan
yang terjadi dilapangan menunjukkan bahwa hasil yang didapatkan tidak
memuaskan, sehingga SD Muhammadiyah 6 Gadung menjadikan metode Tajdied
sebagai metode berikutnya yang diterapkan, dan yang menjadi pokok permasalahn
disini adalah apakah penerapan metode tajdied ini merupakan metode
pembelajaran Al-Qur‟an yang praktis, efektif, dan efisien untuk para siswa
khususnya siswa kelas IB. Untuk itu perlu adanya suatu penelitian tentang
penerapan metode tajdied terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa kelas
IB SD Muhammadiyah 6 gadung. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan
sejauh mana kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa sebelum dan setelah
menggunakan metode tajdied.
Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif-deskriptif. Pengumpulan
data dilakukan dengan Observasi partisipan, Wawancara/Interview, dan
Dokumentasi/teknik dokumenter.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pre test banyak didominasi oleh
siswa yang kurang lancar sedangkan hasil post test menunjukkan hasil yang
positif karena didominasi oleh siswa yang lancar sehingga menunjukkan bahwa
penerapan metode tajdied mampu memberikan peningkatan terhadap kemampuan
membaca Al-Qur‟an siswa kelas IB SD Muhammadiyah 6 gadung.

Kata Kunci : Penerapan Metode Tajdied dan kemampuan membaca Al-
Qur’an siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2018-02-14

Terbitan

Bagian

Artikel