Penerapan Media Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2022

Penulis

  • Lilis Trisnawati Universitas Pendidikan Mandalika
  • Ida Royani Universitas Pendidikan Mandalika
  • Ismail Efendi Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v11i1.17966

Kata Kunci:

Media Google Classroom, Hasil Belajar Kognitif

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media google classroom dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 1 Batulayar tahun  pelajaran 2022 dengan jumlah siswa 20 orang. Data penelitian diambil dari siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal esay pada siklus I dan 10 butir soal pilihan ganda pada siklus II. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 39,3 dan siklus II 73,16 dengan kategori homogen dan terdistribusi normal. Data nilai akhir kedua siklus di uji menggunakan t Critial one-tail diperoleh thitung > ttabel dengan nilai thitung sebesar -15,03 dan ttabel sebesar 1,685 pada taraf  signifikan  5% sehingga Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media google classroom dapat meningkatkan  hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Negeri 1 Batulayar.

Referensi

Arnesi & Hamis A. (2015).Penggunaan Media Pembelajaran Online-Offline Dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.2(1).

Anggraini, E. (2018). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Menggunakan Aplikasi Google Classroom Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 9 Bandar Lampung.

Darmawan, Y. (2019). “Pengaruh Aplikasi Google Classroom Dalam Upaya Meningkatkan HasilBelajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas X Sma Jurusan Ips,†Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 1.

Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap KualitasPembelajaran dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MAN 1 Kota Tenggerang. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.15(4).

Fauziah, U. N. EI. Suryani, L., & Syahrizal, T. (2019). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kepada Guru-Guru Bahasa Inggris Di SMP Subang. Jurnal Pengapdian Kepada Masyarakat (Abdimas) IKIP Siliwangi, 02-183-191.

Gikas., J., & Grant, M. M. (2013). Mobile Computing Devices In Higher Education: Student Perspectives On Learning With Cellhones, Smartphones & Social Media. The Internet And Higher Edication, 19, 18-26.

Gofur,A. (2018). Using Google Classroom on Inquiry Based Learning to Improve Student’sLearning Participation. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 1503-1509.

Hakim, Abdul Barir, (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-STATEMENT: Information System And Technology Management, 2(1).

Haspari, S., Dan Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. Wacana, 18(2), 225-233.

Jamaludin,D., Ratnasih T, Gunawan H., Paujuah E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom,1(10).

Kusuma, A., dan Astuti, W. (2019). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom. Jurnal Lahjah Arabiyah,1(1), 33-36.

Linda Marlinda dkk., 2021.Pemanfaatan google classroom untuk proses pembelajaran siswa sekolah pada masa pandemi covid-19. Jurnal pengabdian kepada masyarakat nusa mandiri. Vol. 3 no.1 April. Hal. 17-22.

Maharani dan Kartini, 2019. Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Jounal of Science Education. vol. 3, no. 3, pp. 167-173, Nov.2019.

Mustafa, M.L., Chodzirin, M., & Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. 151-159.

Muhidin, Ayu Fajriani. (2021). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII SMPN 1 Natar Lampung Selatan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Nadziroh, F. (2017). Analisis Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1-14.

N. Maharani and k. S. Kartini, “Penggunaan Google Classroom Sebagai Pengembangan Kelas Virtual Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah Topik Kinematika Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer,†PENDIPA J. Sci. Educ., vol. 3, no. 3, pp. 167-173, Nov. 2019.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning Berbasis Virtual Classdengan Google Classroomsebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 9(2), 44-56.

Nugrahaeny. (2020).Government Launches Offocial Website About COVID-19,â€nasional. kompas.com.

Pradana, Diemas Bagas dan Harimurti, Rina. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Base. Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal IT- Edu Universitas Negeri Surabaya. 2 (2).

Sugiyono, (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, R & D. Bandung: Alfabeta. Journal AGORA Vol.1, No.3.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Soni. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengapdian Untuk Mu Negeri.

Sabran & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pendidikan Universitas Negeri Makasar, 122-125.

Simarmata. (2019). Inovasi Pendidikan Lewat Trnasformasi Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Sari, Isna Normalita, (2019). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa. Universitas Islam Indonesia.

Setiati, S., & Azwar, M. K.(2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana. 52(1), 84-89.

Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika Prisma. Prosiding Seminar Nasional Matematika. ISSN 2613-9189, 2, 498-502.

Waspodo, M. (2020). Pembelajaran Daring dan Kesehatan Mental Guru/siswa di Masa PandemiCovid 19. Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta.Jurnal Penjaminan Mutu Lembaga Penjamin Mutu,Institut Hindu Dharma Negeri Dempasar, vol. 7, no.1.

Zurimi, S. (2019). Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Sebagai Media Pendukung Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts Negeri Tulehu. Vol. 6. No. 1. pp. 1-8.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-20

Terbitan

Bagian

Artikel