Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Secara Blended Learning Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Smp Islamic Qon Gresik
DOI:
https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v9i2.13601Kata Kunci:
Model Problem Based Learning (PBL), Blended learning, Kemampuan berfikir kritis, Respon siswa, Keterlaksanaan pembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan pengaruh model problem based learning secara blended learning tehadap kemampuan berfikir kritis siswa SMP Islamic Qon Gresik; 2. Mendeskripsikan respon siswa model problem based learning secara blended learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMP Islamic Qon Gresik; 3. Mendeskripsikan keterlaksanaan model problem based learning secara blended learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMP Islamic Qon Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperiment dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini siswa kelas VII-A SMP Islamic Qon Gresik. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes, observasi dan angket. Pada tes menggunakan instrumen tes kemampuan berfikir kritis, lembar observasi digunakan untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran dan lembar angket digunakan untuk melihat respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Teknik analisis data secara deskriptif dan statistik uji T. Dari hasil penelitian disimpulkan ada pengaruh model problem based learning secara blended learning terhadap kemampuan berfikir kritis siswa SMP Islamic Qon Gresik. Hasil rata-rata respon positif sebanyak 95.5 % yang tergolong dalam kategori yang sangat setuju dan setuju sedangkan hasil rata-rata respon negatif 4.5 % yang tergolong dalam kategori kurang setuju. Semua tahap keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan terlaksana 100%Â dalam modus kategori sangat baik.
Referensi
Anggraeni, A., Supriyana, E., & Hidayat, A. (2019). “Pengaruh Blended Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor.†Jurnal Pendidikan. 4 (6): 758-763.
Ariani, R, F. (2020). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA.†Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4 (3): 422-432.
Dahar , R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Damanik, D, P., & Bukit, N. (2013). Analize Critical Thinking Skills and Scientific Attitude in Phisics Learning Used Inquiry Training and Direct Instruction Learning Model. Jurnal Pendidikan Fisika. 2 (2): 16-24.
Eveline, S. (2011). Hartini Nara Teori dan Pembelajaran
Hamruni, A. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013.
Husamah, H. (2014). Pembelajaran Bauran (Blended Learning).
Kemendikbud. (2018). Permendiikbud37 Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kholifah, S, N, N, R., & Buditjahjanto, I, G, P, A. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI TEI Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto.†Jurnal Pendidikan Teknik Eelektro. 5 (3).
Kurnia, F., & Fathurohman, A. (2014). “Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains.†Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1 (1): 43-47.
Kuswana, W, S. (2011). Taksonomi Berfikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moestofa, Mochammad., & Meini Sondang S. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 2 (1).
Nafiah, Y, N., & Suyanto, W. (2014). “Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Pendidikan Vokasi. 4 (1).
Naidu, S. (2014). Looking Back, Looking Forward: The Invention and Reinvention of Distance Education.
Pradnyana, P, B., Marhaeni, A., & Made, C. I. (2013). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD.†Ganesha University of Education.
Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). “Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika melalui Pendekatan problem based learning bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7 (3): 241-250.
Rusman, M, P. (2013). Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Cet. VI.
Rusman, M, P. (2017). “Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan.†Prenada Media.
Sagala, S. (2014). Pengaruh Metode Sirkuit Training terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani pada Siswa/i Kelas VII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2013/2014. Unimed.
Sanjaya, W. (2019). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim. 2: 1-7.
Silviana, N. (2011). The Teaching of English in The Acceleration Class Grade X at SMA Negeri 3 Malang. Malang: Universitas Malang.
Trianto. (2014). “Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).†Jakarta: Bumi Aksara.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Â
Penulis tetap memegang hak cipta akan karyanya dan memberikan hak publis pertama kepada Jurnal PEDAGO BIOLOGI: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons — Attribution-NonCommercial 4.0 International — CC BY-NC 4.0 yang mana mengizinkan orang lain untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali karyanya dalam bentuk atau format apapun termasuk menggubah, mengubah dan membuat turunan dari karyanya tanpa kepentingan komersial.