PENGGUNAAN MEDIA KARTU PERMAINAN MELALUI STRATEGI THINK PAIR SHARE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA SMA

Authors

  • Fathurrohmi Fithriyani Universitas Muhammadiyah surabaya
  • Lina Listiana Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/jpb.v8i2.9332

Keywords:

Strategi Think Pair Share, media kartu permainan, aktivitas belajar, dan hasil belajar kognitif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh terhadap peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan menggunakan Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, angket respon dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Adanya pengaruh terhadap aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 70% termasuk dalam kriteria aktivitas “Baikâ€. (2) Adanya pengaruh Penggunaan Media Kartu Permainan melalui Strategi Think Pair Share pada Materi Sistem Reproduksi Manusia terhadap hasil belajar kognitif siswa. Nilai rata-rata ketuntasan secara klasikal pada kelas Eksperimen mencapai 100%.

References

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Pemugari, Meylany. 2012. Penerapan Metode Think-Pair-Share untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Teori Pkk di SMP Negeri 3 Margasari – Tegal. (Skripsi). PDF. Diakses pada 30 Januari 2018, 21:11 WIB.

Rahayu, Vita Citra. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Inquiry Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. (Skripsi). PDF. Diakses pada tanggal 30 Januari 2018, pukul 20:21:26 WIB.

Slavin, Robert. E. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik (Alih Bahasa: Nurulita). Bandung: Nusa Media.

Wahdah, M. Tahir. 2018. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa menggunakan Media Kartu Bilangan pada Pembelajran Matematika. (Skripsi). PDF. Diakses pada tanggal 30 Januari 2018, pukukl 20:25:10 WIB.

Wardhani, Aisah Ika. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) Menggunakan Strategi Peta Konsep dan Peta Pikiran terhadap Prestasi Belajar Siswa Materi Ikatan Kimia Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia Vol. 3 No. 2 Tahun 2014 Hal. 36-44. Diakses dari: http://www.neliti.com/media/publications/123607-ID-pengaruh-pembelajaran-kooperatif-model-pdf. April, 2018.

Published

2020-10-30

Issue

Section

Artikel