Keefektifan Penggunaan Soal Dengan Sistem Berurut (Systematic Question System) Dan Soal Dengan Sistem Acak (Random Question System) Dalam Meminimalisir Perilaku Menyontek Dan Mengukur Ketercapaian Hasil Belajar Peserta Didik SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya

Authors

  • Fitri Fajriyah Sekolah Menengah Atas Negeri 19 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v11i1.19367

Keywords:

Perilaku Menyontek, Hasil Belajar

Abstract

Di masa sekarang peserta didik di sekolah menengah masih melakukan kegiatan menyontek dalam mengerjakan soal. Soal dalam bentuk acak dapat dijadikan alternatif untuk menghindari perilaku menyontek pada peserta didik ketika mengerjakan soal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan soal dengan sistem berurut (Systematic Question System) dan soal dengan sistem acak (Random Question System)dalam meminimalisir perilaku menyontek dan mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya.Penelitian ini merupakan True Experimentaldengan dua sampel kelas (kelas kontrol dan kelas eksperimen). Rancangan penelitian Posttest Only Control Design.Kelompok eksperimen menggunakan jenis soal dengan sistem acak (Random Question System) dan kelompok kontrol menggunakan jenis soal dengan sistem berurut (Systematic Question System). Analisis data secara deskriptif, dan hasil belajar menggunakan uji Mann Whitney Test (U).Hasil Penelitian diperoleh persentase perilaku menyontek di kelas kontrol 7% dan kelas eksperimen 8%, hal ini dapat dilihat dari kriteria telah ditentukan. Perhitungan Uji U diperoleh bahwa ada perbedaan yang nyata antara hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen karena p=0,000 (p<α), penggunaan soal dengan sistem berurut (Systematic Question System) dan soal dengan sistem acak (Random Question System) sangat efektif dalam meminimalisir perilaku menyontek dan ada perbedaan hasil belajar peserta didik di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya.

References

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta

Saputro, Hedrik Eko Agus. 2012. Studi Perbandingan Penggunaan Media Animasi dan Media Power Point pada Materi Ekosistem Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VII SMPN 2 Sumberejo Bojonegoro. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Surabaya : Jurusan Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

Kushartanti, Anugrahening. 2009. Perilaku Menyontek Ditinjau dari Kepercayaan Diri. Online. http:/journal.unnes.ac.id. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. 11 (2): 38-46.

Veronikha, Munawir dan Machumaroch. 2013. Hubungan antara Moral Judgment Maturity dengan Perilaku Menyontek pada Siswa Kelas X SMA 8 Surakarta. Online. http:/ eprints.uns.ac.id. Jurnal Psikologi.3(1):131-135.

Widiyowoko, S. Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Online. www.umpwr.ac.id. Jurnal Evaluasi.1(1):1-2.

Sukmana, Hadi. 2013. Analisis Alat Penilaian Ulangan Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Produktif pada Kompetensi Keahlian Nautika Kapal Penagkapan Ikan di SMK Negeri 2 Subang. Online. http:/research.upi.edu. Jurnal Pendidikan.1(1):1-3.

Downloads

Published

2023-04-20

Issue

Section

Artikel