Pengaruh Pemberian Pupuk Organik Cair Air Cucian Ikan Dan Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi Pakcoy (Brasica rapa L.)

Authors

  • Salimatu Zuhdiyyah MTs Muhammadiyah 10 Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v10i2.17826

Keywords:

Pupuk Organik, Air cucian Ikan, Kandang, Pertumbuhan Tanaman, Sawi pakcoy

Abstract

Limbah air cucian ikan adalah salah satu limbah yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Potensi dari limbah air cucian ikan yang merupakan sisa dari cucian ikan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair karena masih mengandung unsur hara seperti nitrogen, fosfor dan kalium yang dibutuhkan oleh tanaman. Pupuk organik cair merupakan salah satu pupuk yang digunakan untuk tanaman holtikultura seperti sawi pakcoy (Brasica rapa L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan pemberian pupuk organik yaitu pupuk cair air cucian ikan dan pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brasica rapa L.). Jenis penelitian ini  yaitu penelitian eksperimen.  dengan menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan menggunakan 3 perlakuan, 9 ulangan sehingga terdapat 27 sampel penelitian. Pengamatan dilakukan terhadap 2 parameter yaitu tinggi tanaman dan jumlah helaian daun. Analisis data menggunakan One-Way ANOVA dengan taraf signifikan 0,05 dan uji lanjutan LSD. Hasiluji One-way ANOVA didapatkan signifikansi 0,001 baik terhadap pertumbuhan tinggi batang tanaman  maupun jumlah helaian daun. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh yang nyata dari ketiga perlakuan tersebut, baik terhadap tinggi tanaman maupun jumlah helaian daun. Pada uji lanjutan LSD menunjukan bahwa perlakuan (P1) dengan pemberian pupuk cair air cucian ikan berpengaruh yang paling baik terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy (Brasica rapa L.), dengan rata-rata tinggi tanaman 8,63 dan jumlah helaian daun 13,55.

References

Lingga, pinus & Marsono. 2013. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta : Penebar Swadaya.

Susilo,Eko. 2016. Peluang Usaha dari Budidaya Sawi Pakcoy : Jakarta

Hertos, Mohammad. 2015. Pengaruh Pemberian Pupuk Kandang Kotoran Ayam dan Pupuk NPK Mutiara Yaramila Terhadap Pertumbuhan dan hasil tanaman Terung (Solanum melongena L.) pada tanah perpasir. Universitas Muhammadiyah Palangkarya.

Lusiana. (2015). Pengaruh berbagai jebis pupuk organic terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa) di daratan rendah. Jurnal Agrorektan Fakultas Agrobisnis dan Rekayasa Pertanian, Univertsitas Subang. Vol. 2.

Sofian,A, Maryani, Y, Kusdiarti,L. (2016). Pengaruh Macam dosis Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pakchoy (Brasica rapa L.). Fakultas Pertanian Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Pratama, Y.T, Nurmayulis, Rohmawati,I. (2018). Tanggap Beberapa Dosis Pupuk Organik Kascing Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi (Brasica juncea L.) yang berbeda varietas. Agrologia: Volume 7 No 2. Halaman 81-89. P-ISSN 2301-7287; e-ISSN 2580-9636.

Fitri, A.N. (2013). Penngaruh Pemberian Pupuk Kotoran Ayam dan Pupuk Kotoran Kambing Terhadap Produktivitas Tanaman cabai Merah (Capsicum Annum L.) Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surabaya. 54 halaman.

Anjarwati, H, Waluyo,S, Purwanti,S. (2017). Pengaruh Macam Media dan Takaran Pupuk Kadang Kmbing Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Sawi Hijau (Brasica rapa L.). Vegetalia. 2017. 6 (1): 35-45.

Prasetyo, D. (2017). Pertumbuhan dan Kadar Protein Tanaman Sawi Sendok (Brasica rapa L.) Dengan Pemberian Pupuk Orgnik cair (POC) dari Limbah Ampas Teh dan Limbah Biji Nangka. Solo: Universits Muhammadiyah Surakarta.

Rasyidin, A. F. (2017) Kajian Pupuk Organik. Fakultas Pertanian UMP.

Piay, S.S. 2012. Peertanian Organik. Jakarta: Arianti Tyasdajaj.

Piri, A. G, Mirwan, M. (2015). Pembuatan Pupuk Cair dari Limbah Pengolahan Ikan Tradisional. Jurnal Envirotek Vol 9 No 2. Universitas Pembangunan Nasional Veteran: Jawa Timur.

Ernanda,M.Y. (2017). Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Pakcoy (Brasica rapa L.) Terhadap pemberian Pupuk Organik Cair (POC) Urin Sapi. Universitas Medan Area.

Rahmawati, L, Agustina,R, Nurasiah. (2015). Penggunaan Air Cucian Ikan dalam Peningkatan Pertumbuhan Tanaman Tomat (Lycopersicum esculentum Mill). Prosiding Seminar Nasional Biotik. ISSN: 978-602-18962-5-9.

Parnata Ayub S. (2010). Meningkatkan Hasil Panen dengan Pupuk Organik. Jakarta: PT Agro Media Pustaka.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. ISBN: 979-8433-64-0

Lakitan, Benyamin. 2012. Dasar-dasar Fisiologi Tumbuhan. Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada.

Indriani, Y. H. 2007. Membuat Kompos secara kilat. Penebar Swadaya. Jakarta.

Meirina, T., Sri D., dan Sri H. 2014. Produktivitas Kedelai yang diperlukan dengan pupuk organik cair lengkap pada dosis dan waktu pemupukan yang berbeda. Laporan. Lab Biologi Struktur dan fungsi tumbuhan jurusan Biologi MIPA UNDIP.

Published

2022-10-28

Issue

Section

Artikel