Nilai Organoleptik Kue Lumpur Berbahan Kentang (Solanum tuberosum L.) Tanpa Kulit dan Dengan Kulit Sebagai Media Edukasi Sumber Zat Besi Pada Masyarakat

Authors

  • Tri Agustina Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pbjppb.v11i2.11582

Keywords:

Kentang Kue lumpur, Media edukasi, Oganoleptik, Zat besi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai organoleptic kue lumpur kentang (Solanum tuberosum L.) dengan kulit dan tanpa kulit. Jenis penilitian yang digunakan adalah eksperimental dengan rancangan acak lengkap. Uji organoleptik dilakukan melalui uji hedonik terhadap 3 jenis kue yaitu kue lumpur tepung (X1), kue lumpur kentang tanpa kulit (X2) dan kue lumpur kentang dengan kulit (X3). Data uji hedonik dianalisis dengan uji Friedman pada taraf nyata 5% menggunakan SPSS 21. Jika berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai organoletik kue lupur, yaitu:  (1) perlakuan x2 untuk warna memperoleh nilai 4 yang termasuk dalam kategori suka; (2)  perlakuan x2 dan x3 untuk aroma memperoleh nilai 4 yang termasuk dalam kategori suka; (3)  perlakuan x2 untuk tekstur memperoleh nilai 4,44 yang termasuk dalam kategori suka, dan (4) perlakuan x2 untuk rasa memperoleh nilai 4,33 yang termasuk dalam kategori suka. secara keseluruhan responden lebih menyukai organoleptik kue lumpur pada perlakuan X2 dengan nilai 4,56 yang termasuk dalam kategori suka. Hasil uji statistik Friedman diperoleh nilai p < 0,05, sehingga Ho dotolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan nilai organoleptik kue lumpur berbahan kentang tanpa kulit dan kentang dengan kulit. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) nilai organoleptik kue lumpur yang paling disukai oleh responden adalah kue lumpur berbahan kentang (Solanum tuberosum L.) tanpa kulit, (2) ada perberbedaan yang signifikan nilai organoleptik kue lumpur berbahan kentang (Solanum tuberosum L.) tanpa kulit dan kentang (Solanum tuberosum L.) dengan kulit, dan (3)  hasil penelitian dapat digunakan sebagai media edukasi sumber zat besi pada masyarakat dalam bentuk pamflet.

References

Abduh, Mohammad Syaltut. 2020. Uji Coba PenggunaanTempe Sebagai Pengganti Kentang dalam Pembuatan Kue Lumpur. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 25 (1) : 11

Anova, Inda Three dkk. 2014. Substitusi Tepung Terigu dengan Tepung Kentang (Solanum Sp) pada Pembuatan Cookies Kentang. Jurnal Litbang, 4 (2) : 125, 129

Arifin, Sri Utami, Nelly Mayulu dan Julia Rottie. 2013. Hubungan Asupan Zat Gizi Dengan Kejadian Anemia Pada Anak Sekolah Dasar Di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Ejournal Keperawatan (e-Kp), 1 (1)

Fajiarningsih, Hernawati. 2013. Pengaruh Penggunaan Komposit Tepung Kentang (Solanum tuberosum L) terhadap Kualitas Cookies. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang

Goma, Mochamad Satrio. 2012. Pengaruh Pemberian Pamflet Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Inisiasi Menyusu Dini. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Universitas Diponegoro Semarang

Hapsari, Adelya Putri dan Niken Purwidiani. 2018. Pengaruh Proporsi Bahan Utama (Puree Kacang Merah Dan Tepung Terigu), Dengan Puree Ubi Madu Terhadap Sifat Organoleptik Kue Lumpur. Jurnal Tata Boga, 7 (2) : 2

Kalsum, Ummi dan Raden Halim. 2016. Kebiasaan Sarapan Pagi Berhubungan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja di SMA Negeri 8 Muaro Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Sains, 18 (1) : 18

Kenang, Maissy C dkk. 2018. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepatuhan Ibu Hamil dalam Mengkonsumsi Tablet Besi (Fe) di Puskesmas Sawang Kabupaten Siau Tagulandang Biaro. Jurnal Kesmas, 7 (5)

Laila, Rahmi. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Fisika Pengertian. Makalah

Laksmi, R. T., A.M. Legowo dan Kusrahayu. 2012. Daya Ikat Air, Ph dan Sifat Organoleptik Chicken Nugget yang Disubstitusi dengan Telur Rebus. Animal Agriculture Journal, 1 (1) : 456

Lean, Michele E. J. 2013. Ilmu Pangan, Gizi & Kesehatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lestari, Sri dan Pepi Nur Susilawati. 2015. Uji Organoleptik Mi Basah Berbahan Dasar Tepung Talas Beneng (Xantoshoma Undipes) untuk Meningkatkan Nilai Tambah Bahan Pangan Lokal Banten. PROS SEM NAS MASY BIODIV INDON, 1 (4) : 944

Lolita, Lola. 2019. 8 Cara membuat kue lumpur, sederhana, enak, lembut & ekonomis. https://brilicious.brilio.net/masak-yuk/8-cara-membuat-kue-lumpur-sederhana-enak-lembut-ekonomis-191003e.html diakses pada 7 Oktober 2020

Marfuah, Dewi dan Dewi Pertiwi Dyah Kusudaryati. 2016. Efektifitas Edukasi Gizi Terhadap Perbaikan Asupan Zat Besi pada Remaja Putri. PROFESI, 14 (1) : 6

Merawati, Desiana dkk. 2012. Uji Organoleptik Biskuit Dan Flake Campuran Tepung Pisang dengan Kurma Sebagai Suplemen Bagi Olahragawan. Jurnal TIBBS (Teknologi Industri Boga dan Busana), 3 (1) : 9

Midayanto, Dedy Nur dan Sudarminto Setyo Yuwono. 2014. Penentuan Atribut Mutu Tekstur Tahu untuk Direkomendasikan sebagai Syarat Tambahan dalam Standar Nasional Indonesia. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 2 (4) : 265

Moll, Rachel and Bernard Davis. 2017. Iron, vitamin B12 and folate. Medicine 45:4

Murtiningsih dan Suyanti. 2011. Membuat Tepung Umbi dan Variasi Olahannya. Jakarta : PT AgroMedia Pustaka

Negara, J. K. dkk. 2016. Aspek Mikrobiologis serta Sensori (Rasa, Warna, Tekstur, Aroma) pada Dua Bentuk Penyajian Keju yang Berbeda. Jurnal Ilmu Produksi dan Teknologi Hasil Peternakan, 4 (2) : 290

Paendong, Florencia T dkk. 2016. Profil Zat Besi (Fe) pada Ibu Hamil dengan Anemia di Puskesmas Bahu Manado. Jurnal e-Clinic (eCl), 4 (1) : 369-370

Prita. 2010. Pentingnya Pengetahuan Gizi bagi Masyarakat: "Jangan Jadi Tong Sampah!". https://www.itb.ac.id/news/2754.xhtml diakses pada 7 Oktober 2020

Singgih, Widian Dharma dan Harijono. 2015. Pengaruh Subtitusi Proporsi Tepung Beras Ketan dengan Kentang pada Pembuatan Wingko Kentang. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 3 (4) : 1575, 1581

Tarwendah, Ivani Putri. 2017. Jurnal Review: Studi Komparasi Atribut Sensoris dan Kesadaran Merek Produk Pangan. Jurnal Pangan dan Agroindustri, 5 (2) : 68

Thurnham, David I. 2013. Nutrition of Adolescent Girls in Low and Middle Income Countries in Sight and Life. Sight and life, 27 (3) : 26

Abidin, R., Sumriyeh, S., & Asy’ari, A. (2022). Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 222–231. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1732

Asy’ari, A., Dian Qonita, & Hefi Rusnita Dewi. (2021). Kelas Elite (Environmental Literacy) Anak Binaan Melalui Kegiatan Pembelajaran di Taman Baca Alam (TBA) Desa Sambogunung. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(3), 119–128. https://doi.org/10.36312/sasambo.v3i3.505

Asy’ari, A., Saefi, M., & Cholid, F. (2023). Strategi PQ4R Strategi PQ4R Terintegrasi Model Team Quiz Berbasis E-Learning dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 80–98. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5304

Daesusi, R., Riest, A., Arimurti, R., & Fahrzi, G. (2022). Status Terinfeksi Ektoparasit pada Kucing Kampung (Felis silvestris catus) Liar di Desa Waru Barat Kota Pamekasan. Jurnal Pedago Biologi, 10(1), 252–257. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/14433

Fauzy, A., & Asy’ari. (2020). Studi Etnobotani Tanaman Obat di Wilayah Jawa Timur dan Pemanfaatannya Sebagai Media Edukasi Masyarakat Berbasis Website. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 46–52. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/9333/4112#

Firdaus, Z., Listiana, L., Gayatri, Y., & Asy’ari, A. (2022). Penerapan discovery learning dalam melatih keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi siswa Miftahuddeen School, Nathawee District, Thailand. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 17–22. https://doi.org/10.22219/jppg.v3i1.24003

Hidayah, E. N., & Listiana, L. (2019). Uji Daya Anti Nyamuk Culex Sp Paper-Mat Dari Serbuk Daun Bahagia (Dieffenbachia Bowmanii). Pedago Biologi, 6(2), 22–30.

Ismail, A. A., & Suharti, P. (2021). PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN SEDUHAN UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) DAN LIDAH BUAYA (Aloe vera L.) SEBAGAI BIOPESTISIDA ALAMI TERHADAP AKTIFITAS HAMAJANGKRIK (Tarbinskiellus portentosus) SERTA IMPLEMENTASINYA SEBAGAI EDUKASI MASYARAKAT. Jurnal Pedago Biolog, 9(2), 1–8.

Juniawan, M. F., & Wikanta, W. (2023). The Effect of the Jigsaw Learning Model in Animal Tissue and Body Structure Courses on Student Problem Solving Ability. 9(4), 2042–2046. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i4.3129

Kartika, P. C., Daesusi, R., & Farichah, H. (2020). Ekoliterasi Masyarakat Stren Kali Kelurahan Karangpilang Kota Surabaya Menuju New Reality Era Pandemi Covid-19. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 401–409. https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1097

Krisnawati, Dwi Ayu, P. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Colaborative (IBSC) Untuk Melatih Keterampilan Bertanya dan Keterampilan Kolaborasi Pada Siswa SMA. Jurnal Pedago Biologi, 8(2), 26–34.

Kustianingrum, A. R., Lailatul Amaliyah, I. T., Ghonim, M. I., Azzuhroh, H. I., & Asy’ari, A. (2021). Plester Hidrogel Dari Ekstrak Daun Sidaguri Upaya Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes Melitus Sebagai Edukasi Masyarakat. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 255–261. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10016

Listiana, L., & Bahri, A. (2019). Empowering student’s creative thinking skill in biology classroom: Potential of group investigation combined with think talk write (gittw) strategy. Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), 477–483. https://doi.org/10.18510/hssr.2019.7370

Listiana, L., Daesusi, R., & Soemantri, S. (2019). Peranan metakognitif dalam pembelajaran dan pengajaran biologi di kelas. Symposium of Biology Education (Symbion), 2(December 2019). https://doi.org/10.26555/symbion.3504

Listiana, L., Raharjo, & Hamdani, A. S. (2020). Enhancing self-regulation skills through group investigation integrated with think talk write. International Journal of Instruction, 13(1), 915–930. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13159a

Lutfiah, I., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2021). Improving Students’ Creative Thinking Skills through the IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based on E-Learning. SEJ (Science Education Journal), 5(2), 85–97. https://doi.org/10.21070/sej.v5i2.1572

Mariyanti, S., Gayatri, Y., & Wikanta, W. (2022). Pengembangan Atlas Klasifikasi Hewan Vertebrata Berbasis Sumber Daya Hayati Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Sekolah. Journal of Science, Education, and Studies, 01(1), 1–9.

Nailun, L., Gayatri, Y., & Suharti, P. (2022). Pembelajaran Modifikasi CAM ( Concept Attainment Model ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Al- Ishlah Sendangagung Universitas Muhammadiyah Surabaya , ABSTRAK Kata kunci : CAM ( Concept Attainment Model ), Keteram. 10(2), 88–102.

Ridlwan, M., & Ri, A. ’. (2021). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini Volume 7 Nomor 2 Agustus 2021 KEBIJAKAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR 3 NEGARA (SINGAPUR, JEPANG, KOREA SELATAN) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 141–149.

Sugiharti, N., & Gayatri, Y. (2021). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMA Muhammadiyah Kota Surabaya pada pembelajaran biologi. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 34–40.

Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102

Ulva, Q., & Deususi, R. (2021). Pemanfaatan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) Sebagai Biokatalisator Alami Dalam Pemeraman Buah Pisang Kepok Kuning. Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 21–26.

Wahono, W., Asy’ari, Abidin, R., & Hermoyo, R. P. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305

Abidin, R., Asy’ari, & Suprapti, E. (2021). Sekolah Kreatif Berbasis Pembelajaran Upaya Membangun Budaya Cakap SOSIALISASI BAHAYA COVID-19 BAHAYA COVID-19 KESEHATAN Teknologi Di Era Revolusi Industri KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT KEPADA ANAK-ANAK TEMPAT SIDORAHAYU Prodi Pendidika. Jurnal Humanism, 2, 133–145.

Arimurti, A. R. R., Rohmayani, V., Romadhon, N., Rahmani, T. P. D., Watson, L. J., Wahyuni, K. S., & Ulumiya, N. (2022). The potency of bacteria isolated from the hydroponic rockwool of field mustard (Brassica rapa L.) for nitrogen fixation and indole acetic acid (IAA) production. Biogenesis: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 112–120. https://doi.org/10.24252/bio.v10i1.28451

Asy’ari, Saefi, M., & Cholid, F. (2023). Strategi PQ4R Strategi PQ4R Terintegrasi Model Team Quiz Berbasis E-Learning dalam Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Siswa. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 6(1), 80–98. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v6i1.5304

Azizah, F., Listiana, L., Juniawan, M. F., & Sholihah, Y. (2022). Uji Antibakteri Perasan Daun Kersen ( Muntingia Calabura L ) Dalam Berbagai Konsentrasi Terhadap Pertumbuhan Escherichia Coli Secara Invitro. Pedago Biologi, 10(1), 285–293.

Daesusi, R., Riest, A., Arimurti, R., & Fahrzi, G. (2022). Status Terinfeksi Ektoparasit pada Kucing Kampung (Felis silvestris catus) Liar di Desa Waru Barat Kota Pamekasan. Jurnal Pedago Biologi, 10(1), 252–257. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Biologi/article/view/14433

Kustianingrum, A. R., Lailatul Amaliyah, I. T., Ghonim, M. I., Azzuhroh, H. I., & Asy’ari, A. (2021). Plester Hidrogel Dari Ekstrak Daun Sidaguri Upaya Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Gangren Pada Penderita Diabetes Melitus Sebagai Edukasi Masyarakat. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 21(3), 255–261. https://doi.org/10.30651/didaktis.v21i3.10016

Ridlwan, M. &, Asy’ari, & Abidin, R. (2021). PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR INDONESIA Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Pascasarjana Pendidikan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya Surabaya 2 PG PAUD Fakultas Keguruan dan. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 141–149.

Rohmayani, V., Sari M., E. T., Romadhon, N., & Wahyuni, H. I. (2021). Diversity of Bivalvia, Gastropoda and Holothuroidea in Intertidal Zone of North Javan Sea Coastal, Indonesia. Jurnal Biologi UNAND, 9(1), 1. https://doi.org/10.25077/jbioua.9.1.1-7.2021

Rohmayani, Vella, Arimurti, A. R. R., Romadhon, N., & Lihabi, L. (2023). Prevalence Of Helmint Infection In Cat’s Feces In Surabaya City. Medicra (Journal of Medical Laboratory Science/Technology), 6(1), 32–37. https://doi.org/10.21070/medicra.v6i1.1685

Tsaniyah, I., & Daesusi, R. (2014). PENGARUH PEMBERIAN AMPAS KOPI SEBAGAI PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN CABAI RAWIT (Capsicum frutescens). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 16(2), 1–8.

Ulva, Q., & Deususi, R. (2021). Pemanfaatan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) Sebagai Biokatalisator Alami Dalam Pemeraman Buah Pisang Kepok Kuning (MUSA PARADISIACA FORMATYPICA). Jurnal Pedago Biologi, 9(1), 21–26.

Wahono, W., Asy’ari, Abidin, R., & Hermoyo, R. P. (2023). Transformasi Digital Kampung UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) Kreatif Kelurahan Putat Jaya Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Society : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 156–164. https://doi.org/10.37802/society.v3i2.305

Wahyuni, H. I., Shoukat, N., & Romadhon, N. (2023). Inventarisasi Pemanfaatan Tumbuhan dan Relevansinya Sebagai Sumber Pembelajaran Ekopedagogik Berbasis Kearifan Lokal. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7, 23–32.

Published

2024-07-24

Issue

Section

Artikel