Isi Artikel Utama

Abstrak

Di Daerah Istimewa Yogyakarta mata pelajaran Bahasa Jepang merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa SMA/ SMK. Salah satunya adalah Madrasah Aliyan Negeri 2 Yogyakarta (MAN 2 Yogyakarta), selain memasukan bahasa Jepang ke dalam kurikulum di MAN 2 Yogyakarta terdapat ciri khas yang tidak dimiliki oleh MAN lainnya yaitu dengan adanya ILC (International Language Class) di mana Kelas ini merupakan kelas pemintan dan siswa yang memilih kelas ini merupakan siswa yang memang memiliki ketertarikan untuk mempelajari bahasa Jepang. Tujuan dari Pengabdian kali ini adalah untuk mengenalkan bahasa dan budaya Jepang di tengah pandemi covid-19 dan tanggapan siswa mengenai program pengabdian. Pengabdian dilaksanakan secara online melalui webinar yang dilaksanakan sebanyak dua kali pada tanggal 9 dan 16 Mei 2020 dengan judul program “Ouchide Nihongo†(Bahasa Jepang di rumah) dengan tema yang diajarkan pada pertemuan satu “ Te o Arau†(Mencuci Tangan) dan pada pertemuan dua mengenai ungkapan- ungkapan dalam bahasa Jepang yang muncul di tengah- tengah pendemi covid-19. Dari hasil data angket dapat diketahui bahwa peserta pelatihan merasa puas dengan program pengabdian dan merasa lebih memahami kosakata dan budaya Jepang di tengah pandemi covid-19.

Kata Kunci

Siswa Kosa kata Budaya Bahasa Jepang Covid-19

Rincian Artikel

Referensi

  1. Diner, L. (2015). PENGENALAN BUDAYA JEPANG BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING BAGI PEMBELAJAR BAHASA JEPANG TINGKAT DASAR. Jurnal Abdimas, 18(2).
  2. Iqbal, C. I. (2018). Budaya Komunikasi Dalam Masyarakat Jepang. Walasuji : Jurnal Sejarah Dan Budaya, 9(1), 129–140. https://doi.org/10.36869/wjsb.v9i1.25
  3. Kartika, D., Astuti, Y., Bakar, Y., & Mardius, A. (2017). Pengenalan Bahasa dan Budaya Jepang Bagi Guru dan Siswa. JPPM: JURNAL PENGABDIAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, 1(2), 161. https://doi.org/10.30595/jppm.v1i2.1779
  4. KEPUTUSAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA. (n.d.).
  5. Pertalola, M., & Yulia, N. (2019). Efektivitas Media Lagu Bahasa Jepang Terhadap Penguasaan Goi Siswa Kelas X SMAN 05 Padang. Omiyage : Jurnal Bahasa dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 2(3), Article 3. http://omiyage.ppj.unp.ac.id/index.php/omiyage/article/view/143
  6. Suhaeri, S. (2020). GEGERA BUDAYA DALAM ADAPTASI KEBIASAAN BARU (ABK) (KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA WARGA GRAHA RANCAMANYAR DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID 19). JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(4), 209. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i4.43
  7. Suryadi, D., & Rosiah, R. (2018). Motivasi Belajar Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. In Journal of Japanese Language Education and Linguistics (Vol. 2, Issue 1).
  8. Tarigan, G. H. (1982). Pengajaran gaya bahasa. Angkasa.
  9. The Japan Foundation. (2017). Kaigai No Nihongo Kyoiku No Genjyou. In The Japan Foundation (Vol. 1, Issue 4).
  10. Tylor, E. B. (1920). Primitive Culture: Researches Into The Developmnet of Mythology, Phylosophy, Religion Language, Art, and Custom. II(May), 481.