Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAKÂ
Pengabdian masyarakat ini bertujuan melatih guru-guru sekolah dasar untuk menulis kreatif sastra anak. Pelatihan ini didesain sejalan dengan program gerakan literasi nasional, yang salah satunya adalah program literasi sastra, di tingkat sekolah dasar. Pengabdian masyrakat ini bermitra dengan lima sekolah dasar di bawah pengelolaan Muhammadiyah Sidoarjo. Setiap sekolah mengirim dua guru perwakilan mereka untuk mengikuti pelatihan menulis kreatif yang dilaksanakan sejak Juli hingga September 2019. Kegiatan ini menggunakan metode Project Based Learning di mana guru dilibatkan untuk membuat proyek penulisan karya sastra anak. Proses pelatihan mengimplementasikan blended learning yang terdiri dari 16 jam workshop penulisan kreatif secara luring dan 32 jam sesi pendampingan yang dilakukan secara daring. Sesi luring dilakukan untuk membangun pengetahuan dasar peserta mengenai penulisan kreatif dan sastra anak. Sedangkan sesi online memfasilitasi peserta untuk mengirimkan dan mengkonsultasikan draf cerita mereka pada tim fasilitator pengabdian, yang kemudian mendapatkan umpan balik untuk revisi. Menggunakan penilaian mastery learning, sebanyak 90% (yakni 9 dari 10 peserta) berhasil menuntaskan proyek penulisan cerita anak. Lebih lanjut, para peserta menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat bagi mereka, mengenalkan mereka akan pengetahuan literasi sastra dan meningkatkan kemampuan menulis sastra anak khususnya dalam bentuk cerita gambar dan cerita pendek.Â
Kata Kunci: guru sekolah dasar; penulisan kreatif sastra anak; Â project based learning.
 ABSTRACTÂ
This community service aims to enhance elementary school teachers’ literary literacy skills through children literature creative writing project. The training project designed was in line with the need of the inclusion of literary literacy in formal education particularly in primary educational level. The program was conducted by partnering with five elementaryschools under the management of Muhammadiyah Organizationin Sidoarjo. Each school registered their representative teachers to join the creative writing program which was held fromJuly until September 2019. The activity employed Project Based Learning in which the teachers were involved in children literature writing project. The training procedure was designed by implementing blended learning consisting 16-hour offline creative writing workshop and 32-hour online coaching session. The offline sessions were conducted to build the teachers’ basic knowledge on creative writing and children literature. The online coaching sessions facilitated the participants to consult their drafts and revise them based on the facilitator’s feedback. Measured by mastery learning assessment, 90% of participants (9 out of 10 participants) were successfully accomplished the writing project. For more, the participants agreed that this program was beneficial for them to enhance their knowledge on literary literacy and their writing ability to create children literary works like picture book and short story.
Keywords: children literature creative writing; project based learning; teacher of elementary school
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: Raja Grafindo.
- Antoro, Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah -Dari Pucuk Hingga Akar. Jakarta. Kemendikbud.
- http://www.indonesiapisacenter.com/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia.html pada 29 November 2019>
- Efendi, Muhajir. Mendikbud Melalui Bahasa dan Sastra Kita Bangun Bangsa Indonesia yang Cerdas dan Berkarakter. http://www.kemdikbud.go.idpada 15 Agustus 2019 >
- Gold Standard of Project Based Learning Design. https://www.pblworks.org/what-is-pbl/gold-standard-project-design>
- Martati, B. dan Ari Setyorini. 2018. Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Berbasis Multikulturalisme untuk Guru-Guru Sekolah Dasar Muhammdaiyah di Surabaya. JPP IPTEK 3. 1: 4
- Mayani, Luh Anik (Ed.). 2017. Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. Jakarta. Kemendikbud <https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-budaya-dan-kewargaan-gabung.pdf>
- Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
- Peserta 1, Guru. SDM. Program Kemitraan Masyarakat. Wawancara oleh peneliti. Sidoarjo, Indonesia, 28 Juli 2019
- Peserta 1, Guru. SDM. Program Kemitraan Masyarakat. Wawancara oleh peneliti. Sidoarjo, Indonesia, 28 Juli 2019
Referensi
Abidin, Zainal. 2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: Raja Grafindo.
Antoro, Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah -Dari Pucuk Hingga Akar. Jakarta. Kemendikbud.
http://www.indonesiapisacenter.com/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia.html pada 29 November 2019>
Efendi, Muhajir. Mendikbud Melalui Bahasa dan Sastra Kita Bangun Bangsa Indonesia yang Cerdas dan Berkarakter. http://www.kemdikbud.go.idpada 15 Agustus 2019 >
Gold Standard of Project Based Learning Design. https://www.pblworks.org/what-is-pbl/gold-standard-project-design>
Martati, B. dan Ari Setyorini. 2018. Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Berbasis Multikulturalisme untuk Guru-Guru Sekolah Dasar Muhammdaiyah di Surabaya. JPP IPTEK 3. 1: 4
Mayani, Luh Anik (Ed.). 2017. Materi Pendukung Literasi Budaya dan Kewarganegaraan. Jakarta. Kemendikbud <https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/10/cover-materi-pendukung-literasi-budaya-dan-kewargaan-gabung.pdf>
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Peserta 1, Guru. SDM. Program Kemitraan Masyarakat. Wawancara oleh peneliti. Sidoarjo, Indonesia, 28 Juli 2019
Peserta 1, Guru. SDM. Program Kemitraan Masyarakat. Wawancara oleh peneliti. Sidoarjo, Indonesia, 28 Juli 2019