Isi Artikel Utama
Abstrak
Griya Tenun Lajer merupakan kelompok usaha yang diinisiasi dalam upaya pemberdayaan masyarakat yang digagas oleh Pemerintah Desa Lajer, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan dengan tujuan untuk menghidupkan kembali tenun ikat sebagai produk unggulan lokal. Sebanyak 20 pengrajin terlibat dalam program ini, yang bertujuan meningkatkan kapasitas mereka melalui pelatihan diversifikasi produk dan pengembangan desain motif berbasis pendekatan design thinking. Meskipun tenun ikat Lajer telah dikenal secara nasional, para pengrajin menghadapi tantangan seperti kurangnya inovasi motif, ketergantungan pada pesanan luar daerah, serta menurunnya permintaan pasar. Rangkaian kegiatan dalam program ini meliputi sosialisasi, pelatihan teknis desain, produksi kain tenun menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM), serta evaluasi melalui diskusi kelompok terfokus (FGD). Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan berhasil mendorong kreativitas dan kepercayaan diri pengrajin dalam menciptakan motif yang mencerminkan identitas lokal sekaligus relevan dengan tren pasar, khususnya bagi segmen anak muda pengguna wastra nusantara. Program ini diharapkan menjadi langkah awal menuju keberlanjutan UMKM, regenerasi pelaku tenun, dan peningkatan daya saing tenun ikat Grobogan di tingkat lokal dan nasional.
Kata Kunci
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Hak cipta artikel dimiliki oleh jurnal AKSIOLOGIYA
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Referensi
- Ardian, N. F., & Werdhaningsih, H. (2019). PENGGUNAAN DESIGN THINKING DALAM PENGEMBANGAN PRODUK KERAJINAN IKM (Studi Kasus: Sentra Kerajinan Patung Kayu, Subang). Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.25105/dim.v15i1.4193
- Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan. (2024). STATISTIK DAERAH KABUPATEN GROBOGAN 2024.
- Dra Suhardini, & Jusuf, D. S. (1984). ANEKA RAGAM HIAS TENUN IKAT INDONESIA.
- Kolb, B. M. (t.t.). Entrepreneurship for the Creative and Cultural Industries; Second Edition.
- Koto, I. (t.t.). THE POTENTIAL OF TRADITIONAL KNOWLEDGE AS AN IMPROVEMENT OF THE WELFARE OF COMMUNAL COMMUNITIES. Jurnal Ilmu Hukum, 9, 162–169. https://doi.org/10.30596/dll.v9i2.19769
- Kristian Wahyu Candra, & Nurul Hidayatin Nisa. (2023). PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK, STRATEGI PROMOSI, DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9.
- Murdiyana, O. :, & Mulyana, D. (2017). ANALISIS KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN DI INDONESIA (Vol. 10, Nomor 1). www.bps.go.id,
- Novita, D. E., Fajrin2, A. H., Chamidi, A. L., Ribab Sibilana, A., Sayyid, U., & Rahmatullah, A. (t.t.). Inovasi Produk Industri Kreatif Tenun Ikat Bandar Kota Kediri : Stretegi Dan Tantangan. https://jurnal.gerakanedukasi.com/index.php/CETHE
- Nurfitriana, A. (2023). Pendampingan Pengurusan PIRT untuk Peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produk UMKM Aren. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 358–365. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.148
- Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, J., Rudianto, M., Sarwono, S., Rahmad Hidayat, S., Endah Santoso, R., & Bina Affanti, T. (2024). Diversifikasi Produk Batik Motif Simplicity dengan Teknik Cap Kertas dan Pewarnaan Alami. 6. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i4.978
- Purwati, A. A., Hamzah, M. L., Irman, M., & Rahman, S. (2023). Implementasi Teknologi Digital pada Pengelolaan UMKM Cahaya Kemilau (Pengrajin Tenun Songket Melayu Riau). Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), 108–118. https://doi.org/10.29407/ja.v7i1.18749
- Sulianta, F. (t.t.). Diagram Fishbone untuk Berbagai Kebutuhan. https://www.researchgate.net/publication/385503999
- Triwijayati, A., Paulus Luciany, Y., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital Article Info ABSTRAK. Dalam Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science (Vol. 2, Nomor 03).
- Turturică, O. O. (2023). 6. Design – Synthesis Phenomenon: Art, Science and Technology. Review of Artistic Education, 26(1), 186–189. https://doi.org/10.2478/rae-2023-0026
- Widayat, R., & Sigi Prameswari, N. (t.t.). THE EFFECT OF TRADITIONAL KNOWLEDGE ON THE COMMUNITY’S PREFERENCE IN USING TRITIK AND JUMPUTAN CRAFT IN INDONESIA. Dalam Fibres and Textiles (Nomor 1).
Referensi
Ardian, N. F., & Werdhaningsih, H. (2019). PENGGUNAAN DESIGN THINKING DALAM PENGEMBANGAN PRODUK KERAJINAN IKM (Studi Kasus: Sentra Kerajinan Patung Kayu, Subang). Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 15(1), 1–16. https://doi.org/10.25105/dim.v15i1.4193
Badan Pusat Statistik Kabupaten Grobogan. (2024). STATISTIK DAERAH KABUPATEN GROBOGAN 2024.
Dra Suhardini, & Jusuf, D. S. (1984). ANEKA RAGAM HIAS TENUN IKAT INDONESIA.
Kolb, B. M. (t.t.). Entrepreneurship for the Creative and Cultural Industries; Second Edition.
Koto, I. (t.t.). THE POTENTIAL OF TRADITIONAL KNOWLEDGE AS AN IMPROVEMENT OF THE WELFARE OF COMMUNAL COMMUNITIES. Jurnal Ilmu Hukum, 9, 162–169. https://doi.org/10.30596/dll.v9i2.19769
Kristian Wahyu Candra, & Nurul Hidayatin Nisa. (2023). PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK, STRATEGI PROMOSI, DAN PRODUCT KNOWLEDGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Aplikasi Bisnis, 9.
Murdiyana, O. :, & Mulyana, D. (2017). ANALISIS KEBIJAKAN PENGENTASAN KEMISKINAN DI INDONESIA (Vol. 10, Nomor 1). www.bps.go.id,
Novita, D. E., Fajrin2, A. H., Chamidi, A. L., Ribab Sibilana, A., Sayyid, U., & Rahmatullah, A. (t.t.). Inovasi Produk Industri Kreatif Tenun Ikat Bandar Kota Kediri : Stretegi Dan Tantangan. https://jurnal.gerakanedukasi.com/index.php/CETHE
Nurfitriana, A. (2023). Pendampingan Pengurusan PIRT untuk Peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produk UMKM Aren. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 358–365. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.148
Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, J., Rudianto, M., Sarwono, S., Rahmad Hidayat, S., Endah Santoso, R., & Bina Affanti, T. (2024). Diversifikasi Produk Batik Motif Simplicity dengan Teknik Cap Kertas dan Pewarnaan Alami. 6. https://doi.org/10.24036/abdi.v6i4.978
Purwati, A. A., Hamzah, M. L., Irman, M., & Rahman, S. (2023). Implementasi Teknologi Digital pada Pengelolaan UMKM Cahaya Kemilau (Pengrajin Tenun Songket Melayu Riau). Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 7(1), 108–118. https://doi.org/10.29407/ja.v7i1.18749
Sulianta, F. (t.t.). Diagram Fishbone untuk Berbagai Kebutuhan. https://www.researchgate.net/publication/385503999
Triwijayati, A., Paulus Luciany, Y., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital Article Info ABSTRAK. Dalam Jurnal Bisnis dan Manajemen West Science (Vol. 2, Nomor 03).
Turturică, O. O. (2023). 6. Design – Synthesis Phenomenon: Art, Science and Technology. Review of Artistic Education, 26(1), 186–189. https://doi.org/10.2478/rae-2023-0026
Widayat, R., & Sigi Prameswari, N. (t.t.). THE EFFECT OF TRADITIONAL KNOWLEDGE ON THE COMMUNITY’S PREFERENCE IN USING TRITIK AND JUMPUTAN CRAFT IN INDONESIA. Dalam Fibres and Textiles (Nomor 1).

