Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, namun guru-guru madrasah di Lombok Timur masih menghadapi berbagai keterbatasan, terutama kurangnya pemahaman, keterampilan praktis, dan kepercayaan diri dalam memanfaatkan teknologi tersebut secara tepat dalam pembelajaran.Kondisi ini berdampak pada rendahnya inovasi pembelajaran dan kurang optimalnya pemanfaatan teknologi digital di madrasah. Berdasarkan permasalahan tersebut kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru madrasah dengan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dalam memanfaatkan kecerdasan buatan secara tepat dan kontekstual. Metode kegiatan meliputi sosialisasi, pelatihan partisipatif, praktik simulasi, diskusi reflektif, dan pendampingan berkelanjutan. Peserta terdiri dari dua puluh satu guru madrasah yang mengikuti rangkaian pelatihan secara aktif dan aplikatif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru mampu menggunakan berbagai aplikasi berbasis kecerdasan buatan untuk mendukung penyusunan rencana pembelajaran, pembuatan media ajar, serta mampu dan berani berbicara bahasa Inggris. Selain itu, terjadi perubahan pola pikir dari yang semula pasif terhadap teknologi menjadi lebih terbuka, kreatif, dan adaptif. Dengan demikian, kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan kompetensi guru serta membangun ekosistem pendidikan madrasah yang inovatif, kolaboratif, dan responsif terhadap tuntutan era digital.

Kata Kunci

AI era digital guru madrasah inovasi pembelajaran pelatihan guru

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Agustina, Y., M. Adib Nazri, & Setiawan, B. (2025). AI untuk Guru Madrasah: AI untuk Guru Madrasah di Kecamatan Montong Gading Lombok Timur: Inovasi Pembelajaran di Era Digital. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(4), 516–526. https://doi.org/10.30651/aks.v9i4.27952

Referensi

  1. Achyanadia, S. (2016). Peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1).
  2. Akavova, A., Temirkhanova, Z., & Lorsanova, Z. M. (2023). Adaptive Learning and Artificial Intelligence in the Educational Space. E3s Web of Conferences, 451, 6011. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202345106011
  3. Bardah, D., & Handiyani, H. (2020). Untitled. Syntax Idea, 2(2), 13. https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i2.139
  4. Firmansyah, D., Gyanendra, A., Zafitri, P., Surya, P., Nadid, T., Auliya, A. S., & Lutfianti, L. (2024). Seminar Introduction AI: Membangun Kesiapan Guru Menghadapi Pembaharuan Teknologi Pendidikan di SDN 15 Cakranegara. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 266–274.
  5. Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2019). Artificial intelligence in education promises and implications for teaching and learning. Center for Curriculum Redesign.
  6. Kebudayaan, K. P. (2016). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
  7. Kustriyono, E., Panuntun, I. A., & Hayati, R. (2022). Pendampingan Implementasi Jigsaw Online Strategy Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP N 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Pena Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 69. https://doi.org/10.31941/abdms.v3i2.2147
  8. Lestari, G. D., Yulianingsih, W., Widodo, W., Yusuf, A., & Widyaswari, M. (2021). Pendampingan Penyusunan Dokumen KTSP Pendidikan Kebencanaan Dalam Tema Pembelajaran Di Satuan Paud Kabupaten Nganjuk. Community Development Journal Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 777–784. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2588
  9. Luckin, R., & Holmes, W. (2016). Intelligence unleashed: An argument for AI in education.
  10. Nasrulloh, U. F., Mukhlis, I., Inayati, R., & Prayitno, P. H. (2022). Pelatihan inovasi pembelajaran quizizz dan kahoot sebagai media pembelajaran berbasis di masa pandemi bagi guru madrasah ibtidaiyah kabupaten malang. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 585–593.
  11. Popenici, S. A. D., & Kerr, S. (2017). Exploring the impact of artificial intelligence on teaching and learning in higher education. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1), 22.
  12. Pramana, P. M. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Relevansi teori belajar konstruktivisme dengan model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 487–493.
  13. Riska, N., Rosmilawati, I., & Juansah, D. E. (2025). Integrasi teknologi AI dalam Pembelajaran adaptif untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 4(1), 180–198.
  14. Sudirman, A. N. A., Ilham, R., & Panigoro, S. (2022). Edukasi Manajemen Bencana Banjir Pada Mahasiswa Korps Suka Rela Universitas Muhammadiyha Gorontalo. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(9), 2853–2864. https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i9.6789
  15. Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. John Wiley & Sons.
  16. Zhao, Y., Llorente, A. M. P., & Gómez, M. C. S. (2021). Digital Competence in Higher Education Research: A Systematic Literature Review. Computers & Education, 168, 104212. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104212

Artikel Serupa

<< < 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.