Isi Artikel Utama

Abstrak

Di Era industri 4.0, teknologi seharusnya dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha khususnya Koperasi Pondok Pesantren (KOPONTREN) secara maksimal. Progam pengabdian masyarakat dengan KOPONTREN Syarifuddin di Kabupaten Lumajang dilakukan untuk (1) meningkatkan keterampilan dan motivasi anggota KOPONTREN dalam mengelola sistem pemasaran usaha melalui online secara profesional, (2) melakukan pelatihan pemasaran secara digital melalui e-commerce sebagai penunjang kegiatan pemasaran produk, (3) meningkatkan pemahaman mengenai pentingnya inovasi pengemasan (packaging) dalam strategi penjualan suatu produk. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan cara memberikan edukasi dan pelatihan mengenai packaging produk serta digitalisasi pemasaran. Hasil dari kegiatan ini yaitu para pelaku UMKM anggota KOPONTREN berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas packaging produknya untuk meningkatkan pemasarannya, para pelaku UMKM anggota KOPONTREN telah memiliki akun instagram dan whatsapp bisnis serta dapat memperluas pasar artinya pendapatan UMKM anggota KOPONTREN didapatkan dari penjualan secara offline dan online.  

Kata Kunci

digital marketing e-commerce packaging SDG’s UMKM

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Atik Purmiyati, Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Surabaya, Indonesia

Departemen Ilmu Ekonomi , Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga

Referensi

  1. Alfina, A., Khoirina, M. M., & Nastiti, T. A. (2020). Pelatihan Digital Marketing bagi Entrepreneur Di Kota Gresik. Jurnal Abdidas, 1(6), 797–804. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.166
  2. Armayani, R. R., Chintiya Tambunan, L., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online. Analisis Peran Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Penjualan Online, 5(3), 8920–8928.
  3. Despriani, Suprianingsih, & Fahzurrahman, M. (2022). PELATIHAN BEAUTY SHOT PHOTOGRAPHY DENGAN KAMERA HANDPHONE PADA MURID TATARIAS PENGANTIN DI LKP LELLY MEDAN MARELAN. Journal of Community Dedication, 2, 141–150.
  4. Haq, R. I. S., & Mutmainnah, N. A. (2021). PENDAMPINGAN UMKM RENDANG KEMASAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DENGAN PEMASARAN SECARA ONLINE DAN INOVASI PACKAGING PRODUK. SEMINAR NASIONAL PATRIOT MENGABDI.
  5. Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., & Rayendra, A. (2019). PENGARUH MARKETING DIGITAL TERHADAP KINERJA PENJUALAN PRODUK UMKM ASTI GAURI DI KECAMATAN BANTARSARI CILACAP Program Doktor Ilmu Manjemen UNSOED. Dalam Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan (Vol. 4).
  6. Indika, D., & Jovita, C. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25–32.
  7. Kurniadi, H., Arif, M., & Lucky, N. (2019). OPTIMALISASI PEMANFAATAN SMARTPHONE SEBAGAI ALAT SEDERHANA DALAM MEMBUAT FILM BAGI SISWA SMA DI PEKANBARU. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 2(2), 119–124. https://doi.org/10.36341/jpm.v2i2.699
  8. Leovita, A., & Fauzi, D. (2021). PENYULUHAN PENINGKATAN KUALITAS PACKAGING PRODUK PADA UMKM SERAMBI MILK PADANG PANJANG. Dalam Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dewantara, Unitas Padang (Vol. 4, Nomor 1).
  9. Marka, M. M., Azis, N., & Alifiana, A. M. (2018). PENGEMBANGAN UMKM MADUMONGSO MELALUI MANAJEMEN USAHA DAN LEGALITAS USAHA. ABDIMAS, 22(2), 185–192.
  10. Maulidasari, D. C., & Damrus. (2020). Dampak Pemasaran Online di Era Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2), 233–245.
  11. Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). PERANAN PACKAGING DALAM MENINGKATKAN HASIL PRODUKSI TERHADAP KONSUMEN. Jurnal sosial humaniora (JSH), 8(2), 181–191.
  12. Nikmah, F. (2017). KAJIAN TENTANG PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN PELUANG BISNIS. Jurnal Administrasi Dan Bisnis, 11(1), 47–56.
  13. Octaviani, K. Z., Kusumanugraha, S., & Trihanondo, D. (2021). Fenomena Pemakaian Ponsel Cerdas sebagai Media Fotografi di Era Milenium (Studi Kasus : Kota Banjar). eProceedings of Art & Design, 8(2), 780.
  14. Putra, C. A., Ramadhan, A., Rahmadani, D., Sastra, A. O., Salsabil, Y. P., Wahyu, B., Pambudi, T., Hanifah, A. N., Hamidah, I. N., Hartono, R. A., Athaya, A., & Erbinavydho, Y. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Melalui Digital Marketing, Legalitas dan Manajemen Keuangan dalam Pengembangan UMKM di Kelurahan Plosokerep Kota Blitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 901–910.
  15. Sulistiono, & Mulyana, M. (2020). Pelatihan Pengembangan Merek Dan Kemasan Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(2), 87–94.
  16. Ukkas, I. (2018). PENGEMBANGAN SDM BERBASIS PELATIHAN KETERAMPILAN DAN PERBERDAYAAN PEMUDA. Prosiding, 3(1), 120–125.
  17. Wadi, M. (2020). POTENSI DAN PERAN PESANTREN DALAM MENGEMBANGKAN EKONOMI MASYARAKAT. Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 10(1), 30–67.
  18. Wicaksono, A. (2017). Strategi Pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT Tanpa Skala Industri Pada PT X Di Jakarta Jurnal Manajemen Industri dan Logistik. Jurnal Manajemen industri dan logistik, 1(2), 192–201. http://jurnal.poltekapp.ac.id/

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.