Isi Artikel Utama

Abstrak

Program Kemitraan Masyarakat ini berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di tempak praktik bidan yang didominasi permasalahan modal yang minim menyebabkan mitra belum memiliki mesin pemanas sterilisator alat kesehatan, catatan pembukuan yang kurang baik dan rapi, serta kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat berobat ke praktek bidan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Praktik Bidan Mandiri Drima Yance Parhusip beralamat di Jalan Serasi Dusun X Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang diselenggarakan bulan Juni hingga bulan Juli Tahun 2020. Metode pendekatan yang diterapkan pada kegiatan pengabdian ini dalam bentuk pelatihan, pendampingan dan praktikum. Keikutsertaan dan motivasi mitra serta masyarakat setempat turut mendorong terlaksananya program pengabdian kepada masyarakat di Praktik Bidang Mandiri Drima Yance Parhusip dengan baik dan lancar, sehingga pelaksanaan kegiatan kemitraan masyarakat pada praktik bidan Mandiri ini memperoleh hasil berupa serah terima alat TTG mesin sterilisasi dan alat kesehatan bed gynecology, pelaksanaan pelatihan dan pendampingan manajemen dan pembukuan keuangan usaha, serta pelaksanaan penyuluhan pola hidup.

Kata Kunci

sterilisasi bidan pelatihan pendampingan

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Mukti Hamjah Harahap, Universitas Negeri Medan

Fisika

Jonny Haratua Panggabean, Universitas Negeri Medan

Fisika

Dedy Husrizal Syah, Universitas Negeri Medan

Departemen Bisnis Digital

Pangkat Lektor III-d

Debora Paninsari, Universitas Prima

Kebidanan

Deo Demonta Panggabean, Universitas Negeri Medan

Fisika

Referensi

  1. Angrahma, R., & Safriantini, D. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan pasien jaminan kesehatan nasional di Puskesmas Pakjo Kota Palembang Tahun 2021. Sriwijaya University.
  2. Arifudin, A., Sudirman, S., & Andri, M. (2017). Evaluasi sistem manajemen sumber daya manusia pada penempatan kerja petugas di UPT Puskesmas Lembasada. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 1–14.
  3. Ipa, A., Pratama, R., Hasan, Z. A., & Husniyah, H. (2020). Penguatan Kemitraan Dengan Kader Kesehatan Dalam Pencapaian Standar Pelayanan Minimal Program Kesehatan Untuk Meningkatkan Kesehatan Ibu Dan Anak Di Wilayah Desa Binaan. Media Implementasi Riset Kesehatan, 1(1).
  4. Karo, M. B. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) strategi pencegahan penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 1–4.
  5. Kemenkes, R. I. (2016). Permenkes Nomor 43 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.
  6. Nuraini, I. (2015). Mutu Pelayanan Bidan Praktek Mandiri Kota Surabaya. EMBRIO, 7, 22–43.
  7. Septiani, R., & Lestari, G. I. (2020). Hubungan Karakteristik Bidan dengan Praktik Kebidanan Komplementer di Praktek Mandiri Bidan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 15(2), 114–119.
  8. Septikasari, M. (2018). Kader Kesehatan sebagai Konselor Gizi Anak. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15–21.
  9. Suwarni, L., Selviana, S., Sarwono, E., & Ruhama, U. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui PENKES (Pendidikan dan Kesehatan) untuk Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat. Jurnal Abdimas Mahakam, 2(1), 16–23.
  10. Wahyuni, W., Mustar, M., Yanti, I., Sulfianti, S., Indryani, I., Winarso, S. P., Aini, F. N., Sopiah, O., Nurdiana, A., & Alim, N. (2020). Kebidanan Komunitas. Yayasan Kita Menulis.