Isi Artikel Utama

Abstrak

Memasuki era perkembangan teknologi saat ini, banyak kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan oleh karangtaruna salah satunya melalui pemberdayaan pemuda. Pemberdayaan yang dimaksud adalah memberikan pengetahuan maupun pelatihan supaya para pemuda memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kesejahteraan sosial. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan pada karang taruna PERMATA Dukuhwaluh tentang bagaimana cara perbaikan dan perawatan mesin refrijerasi AC mobil. Metode pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini dimulai dari sosialisasi ke karang taruna PERMATA untuk menyepakati konsep pelatihan. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian teori dasar-dasar berupa nama komponen dan sistem kerja mesin AC mobil. Materi disampaikan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab dilengkapi dengan bantuan layar monitor. Remaja karang taruna diberikan pemahaman terkait cara pengukuran tekanan, pengisian refrigeran, pemvakuman dan trouble shooting dalam AC. Pelatihan diikuti oleh 20 orang peserta. Hasil dari pelatihan ini peserta mampu memahami dengan baik berkaitan dengan sistem AC, hal ini dibuktikan dengan beberapa soal post tes yang kami laksanakan, rata-rata menjawab benar sehingga diharapkan melalui program ini dapat membuka usaha sendiri khususnya dalam bidang perawatan dan perbaikan AC yang baik dan benar.

Kata Kunci

AC Karang taruna Pelatihan

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Eqwar Saputra, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Teknik Mesin

Referensi

  1. Akbar, S., Anhar, W., & Dahlan, B. (2020). Pelatihan Kompetensi Air Conditioning (AC) Bagi Guru SMK Bidang Keteknikan Kota Balikpapan. KACANEGARA Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 3(1), 91-98
  2. Effendy, M. (2005). Pengaruh kecepatan Udara pendingin kondensor terhadap koefisien Prestasi Air Conditioning. Jurnal teknik Gelagar, 16
  3. Effendy, M. (2005). Pengaruh Kecepatan Putar Poros Kompresor Terhadap Prestasi Kerja Mesin Pendingin AC.
  4. Lee, M. Y. (2017). Design and cooling performances of an air conditioning system with two parallel refrigeration cycles for a special purpose vehicle. Applied Sciences, 7(2), 190
  5. Lianda, J., & Amri, H. (2018). Pelatihan Perawatan Air Conditioning (Ac). DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1).
  6. Pangripto, T., Sutandi, T., Badarudin, A., Adrianto, S., & Sukamto, E. (2020). Pelatihan Dan Pembekalan Instalasi AC Split Siswa Smkn-1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Difusi, 3(1), 53-53.
  7. Rahardjo, I. A. (2016). Pelatihan Perbaikan dan Perawatan Air Conditioner (AC). Sarwahita, 13(1), 24-26.
  8. Saputra, E., & Effendy, M. (2017). Studi Eksperimental Pengaruh Variasi Beban, Waktu dan Temperatur Pendinginan Terhadap Coefficient Of Performance (COP) pada Split Air Conditioning.
  9. Sunaryo, S. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Mekanik Sepeda Motor di Desa Pulus & Gumiwang, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 2(1), 61-68.
  10. Suprayoga, S., Iswoyo, A., & Syahrial, R. (2016). Model Pemberdayaan Karang Taruna di Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 1(2), 134-147.
  11. Suwarto, S., & Suparno, S. (2022). Pelatihan Perawatan Dan Perbaikan Berkala Sepeda Motor Bagi Pemuda Karang Taruna Di Samarinda Kalimantan Timur. In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M) (Vol. 7, No. 1, pp. 425-429).

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.