Isi Artikel Utama

Abstrak

Upaya peningkatkan minat siswa terhadap sains fisika harus dari usia karena selama ini bidang fisika masih dianggap pelajaran yang sulit . Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah melaksanakan pembelajaran pengukuran dasar di SDN 022 Samarinda Utara. Khalayak sasaran merupakan siswa kelas 4-6 berjumlah 25 orang yang dipilih secara acak. Alat ukur dasar yang digunakan adalah mistar, jangka sorong, mikrometer, gelas ukur dan bahan-bahan yaitu kertas, batu, pasir, telur dan gelas. Tahapan pelaksanaan kegiatan penjelasan nama dan fungsi alat ukur, contoh penggunaan alat ukur dan praktek oleh siswa. Pemantauan dan dievaluasi dilakukan terhadap: pengalaman dan pemahaman alat ukur, ketrampilan penggunaan alat, apakah kegiatan menarik bagi peserta, saran/masukan kegiatan praktek di sekolah dan saran/masukan untuk kampus. Hasil menunjukkan, dari seluruh alat ukur yang familiar adalah mistar, sedangkan yang lain sebatas tahu dari gambar dan tidak pernah mempraktekan. Sebaiknya kegiatan praktikum di sekolah dapat dilaksanakan secara rutin dan berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, dan untuk mendukung hal tersebut sekolah dan Universitas Mulawarman berkolaborasi secara berkelanjutan dalam bentuk kesepakatan sekolah mitra.

Kata Kunci

alat ukur sains fisika sdn 022 samarinda utara

Rincian Artikel

Referensi

  1. Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
  2. Hamka, D., & Purwanto, H. (2021). Strategi Everyone is A Teacher Here (ETH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemahaman Konsep Sains Fisika. EduTeach: Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 2(2), 51-58.
  3. Jamun, Yohannes Marryono. 2018. Dampak Teknologi terhadap Pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio Vol. 10 (1) p.48-52.
  4. Larasati, A., & Yulianti, D. (2014). Pengembangan bahan ajar sains (fisika) tema alam semesta terintegrasi karakter dan berwawasan konservasi. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).
  5. Lestari, Y. P. (2021). Penerapan dan Diskusi Penugasan Media Belajar Berbasis Internet sebagai Penguatan Pendekatan Saintifik dalam Menningkatkan Hasil dan Aktifitas Belajar Fisika Siswa Kelas X TKJ A SMKN 3
  6. Metro Tahuna Pelajaran 2016/2017: Jurnal Guru Indonesia, 1(3), 13-23.
  7. Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2).
  8. Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456-462.
  9. Sarjono. 2017. Internalisasi Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Fisika, Jurnal Madaniyah Vol. 7 (2) p. 343-353.
  10. SD Negeri 022 Samarinda Utara diakses pada tanggal 15 Oktober 2021, https://dapo.kemdikbud.go.id/sekolah/52ECB5D467011B597B30
  11. Sofyana, L., & Abdul, R. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp pada Kelas Karyawan Prodi Teknik.

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.