Desain Kurikulum Berbasis Islamic Worldview

Authors

  • Mahmud Muhsinin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Khozin Khozin Dosen Program Doktor PAI Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/ah.v8i1.13169

Keywords:

, Islamic Worldview, Kurikulum

Abstract

Membentuk akhlak siswa merupakan hal yang mendasar dalam pendidikan Islam . Terbentuknya akhlak sangat berkaitan dengan konsep pandangan dunia seseorang. Membentuk pandangan dunia anak merupakan hal yang penting dalam sebuah pendidikan. Pendidikan Islam  harus memperhatikan Islamic worldview agar bisa membentuk siswa yang berakhlak dan berkepribadian Islam . Bagaimana konstruksi kurikulum pendidikan perspektif/berbasis Islamic worldview? inilah pertanyaan yang ingin dijawab oleh penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sebuah kurikulum yang berbasis Islamic worldview. Hasil penelitian : Komponen tujuan kurikulum adalah membentuk anak didik yang menghamba kepada Allah semata dan bersikap sebagai khalifah dalam keseharian. Komponen kedua isi kurikulum, yaitu mengenalkan Allah, manusia dan alam. Komponen ketiga strategi kurikulum, yaitu proses pembelajaran dilakukan dengan mengutamakan aspek amal atau perbuatan atau praktek. Pembelajaran dilakukan dengan strategi pengalaman siswa. Strategi pembelajaran ini mengajak siswa untuk praktek dan mengungkapkan pengalamannya untuk dilakukan pembinaan agar praktek yang dilakukan bisa lebih baik lagi. Komponen keempat evaluasi, yaitu kelulusan siswa dan evaluasi tingkat keberhasilan strategi kurikulum. Penilaian kelulusan siswa dengan komposisi 40% penilaian kognitif dan 60% penilaian akfektif dan moral.

Downloads

Published

2022-05-28

Issue

Section

Artikel