INTERNALIZATION OF ANTI-CORRUPTION CHARACTER IN GENERATION Z STUDENTS

Authors

  • Fazka Khoiru Rijal UNWAHAS
  • Mahmutarom Mahmutarom
  • Muh. Syaifuddin
  • Ifada Retno Ekaningrum

DOI:

https://doi.org/10.30651/ah.v9i1.17334

Keywords:

curriculum, character, anti corruption, islamic education

Abstract

Riset ini bertujuan buat menganalisis nilai-nilai anti korupsi yang diajarkan di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Perihal tersebut terdiri dari nilai kejujuran, kepedulian, kemandirian, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, kebenaran, serta keadilan. Penanaman nilai-nilai tersebut dalam kurikulum di sekolah bisa menanamkan jiwa anti korupsi semenjak masih sekolah. Tata cara yang digunakan dalam riset ini merupakan tata cara kualitatif dengan pendekatan fenomena sosial. Hasil dari riset ini menampilkan kalau Perencanaan kurikulum pembelajaran nilai- nilai anti korupsi Sekolah berbentuk terdapatnya visi, misi, serta tujuan sekolah( tanggung jawab) serta Keadaan, dalam keadaan yang gimana partisipan didik bisa menggapai tujuan. Keadaan tertib serta taat dalam peraturan partisipan didik bisa menjajaki aktivitas sekolah. Tata tertib semacam yang dilansir dalam novel tata tertib siswa( tanggung jawab). Implementasi kurikulum pembelajaran nilai- nilai anti korupsi di Sekolah meliputi aktivitas belajar mengajar, pelaksanaan shalat berjamaah, serta gerakan sedekah (kepedulian). Penilaian kurikulum pembelajaran nilai-nilai anti korupsi di Sekolah meliputi tahapan pengamatan (observation), tahapan penyelidikan lebih lanjut dari hasil pengamatan (inquiry), serta tahapan tindak lanjut revisi persoalan- persoalan yang terdapat (explanation).  

References

Al-Ba’dani, Faishol bin Ali. Bersedekahlah. Solo: Al-Qowam, 2007.

Ali, Mudzakkir. Ilmu Pendidikan Islam. Semarang: PKPI2 Universitas Wahid Hasyim, 2016.

Arifin, Zainal. Konsep Dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Bahri, Syamsul. “Korupsi Dalam Kajian Hukum Islam.†Kanun: Jurnal Ilmu Hukum 17, no. 3 (2015).

Calam, Ahmad, and Amnah Qurniati. “Merumuskan Visi Dan Misi Lembaga Pendidikan.†Jurnal SAINTIKOM 15, no. 1 (2016).

Cholid, Nur. Menjadi Guru Profesional. Semarang: CV. Presisi Cipta Media, 2007.

Hadziq, Abdullah. “Konsepsi Pendidikan Agama Anti Korupsi Di Sekolah Dasar.†Jurnal Elementary 5, no. 2 (2017).

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Handoyo, Eko. Pendidikan Anti Korupsi. Yogyakarta: Ombak, 2015.

Hidayat, Enang. Jihad Melawan Korupsi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Hosnan, M. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2016.

Junaedi, Mahfud, and Mirza Mahbub Wijaya. “Islamic Education Based on Unity of Sciences Paradigm.†Ulul Albab 22, no. 2 (2021): 292–312. https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.12031.

Kunandar. Penilaian Autentik. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2015.

MKDP, Tim Pengembang. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.

Noeh, Munawar Fuad. Kiai Di Republik Maling. Jakarta: Republika, 2005.

Nurdin, Muhammad. Pendidikan Anti Korupsi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Prastowo, Andi. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015.

Pratama, Andika and Sumaryati. “Strategi Sekolah Dalam Menanamkan Jiwa Anti Korupsi Di SMA 5 Muhammadiyah Yogyakarta.†Jurnal Citizenship 4, no. 2 (2015).

Rohman, Abdul. Pengembangan Kurikulum: Teori Dan Praktek. Semarang: Cv. Karya Abadi, 2015.

Rosikah, Chatrina Darul, and Dessy Marliani Listianingsih. Pendidikan Anti Korupsi. Jakarta: Sinar Grafika, 2016.

Sanjaya, Wina. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Umam, M. Helmi. “Pandangan Islam Tentang Korupsi.†Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam 3, no. 2 (2013).

Walton, Grant W. “Defining Corruption Where the State Is Weak: The Case of Papua New Guinea.†The Jorunal of Development Studies 51, no. 1 (2015).

Wibowo, Agus. Pendidikan Anti Korupsi Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Wijaya, Mirza Mahbub, and Mamdukh Budiman. “Character Development Based on Hybrid Learning in the Post-Pandemic Era.†At-Ta’dib 16, no. 2 (2021): 170–79. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v16i2.6736 Available.

Wijaya, Mirza Mahbub, and Ahmad Yusuf. “Character Education Management: Analysis of Character-Building.†Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2021): 1–11.

Wyrostkiewics, Michal. “Corruption As An Anthropological Problem. Reflections Based On The Papal Document on Transparency, Control And Competition In Public Life.†Journal for the Study of Religions and Ideologies 19, no. 57 (2020): 91–103.

Xu, Xixiong, Yaoqin Li, Xing Liu, and Weiyu Gan. “Does Religion Matter to Corruption? Evidence from China.†China Economic Review 42 (2017): 34–49. https://doi.org/10.1016/j.chieco.2016.11.005.

Yusmaliana, Desfa. “Reconstruction Of Islamic Education Curriculum In The Disruption.†IJISH (International Journal of Islamic Studies and Humanities) 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.26555/ijish.v2i1.748.

Yusuf, Ahmad, Mirza Mahbub Wijaya, Ahmad Mohdlori, Hadi Susilo, Muhamad Ansori, and Muchammad Nuryadi. “The Role of Personality Psychology in Islamic Religious Education.†Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies 5, no. 1 (August 29, 2021): 46. https://doi.org/10.30983/it.v5i1.4271.

Downloads

Published

2023-05-09

Issue

Section

Artikel