Implementasi Pak Buya (Pembelajaran Aktif dan Budaya Baca) Mewujudkan Excelennce School di Sekolah Dasar

Authors

  • Yantoro Yantoro PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI
  • Agung Rimba Kurniawan PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI

DOI:

https://doi.org/10.30651/else.v4i2.5745

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran aktif dan budaya baca di sekolah Mitra Universitas Jambi dalam mewujudkan sekolah unggul. Tempat penelitian yaitu SDN 197/IX Mendalo dan SDN 131/IV Kota Jambi. Informan penelitian adalah guru dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan Milles dan Huberman yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) implementasi pembelajaran aktif di sekolah mitra  dimulai pada tahap perencanaan, guru membuat rencana pembelajaran, skenario pembelajaran dan menyiapkan media pembelajaran yang mengacu pada ciri pembelajaran aktif dengan menerapkan konsep MIKIR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan refleksi) yang didapatkan melalui kerjasama dengan Tanoto Fondation. Pada tahap Pelaksanaan, guru menerapkan konsep MIKIR dalam proses pembelajaran. Pada tahap penilaian belum semua guru melakukan penilaian yang variatif, kebanyakan penilaian dilakukan dengan cara tes. 2). Implementasi budaya baca yang dilakukan sekolah mitra dilakukan dengan cara melakukan kegiatan pembiasaan di sekolah secara terus menerus, pemenuhan  dan peningkatan sarana dan prasarana untuk  mendukung pengembangan  budaya baca di sekolah, memberikan contoh atau keteladanan secara nyata oleh kepala sekolah dan guru, membangun kerjasama dengan berbagai pihak seperti dengan Universitas Jambi maupun Lembaga Swasta Tanoto Fondation untuk mendukung pengembangan budaya baca dan membuat klinik baca di sekolah.

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran aktif, Budaya Baca, Excellence School

 

Abstract: The purpose of this study was to determine the implementation of active learning and reading culture in Jambi University's partner schools in realizing superior schools. The research sites were SDN 197 / IX Mendalo and SDN 131 / IV Jambi City. Research informants were teachers and school principals. Data were collected through direct observation, interviews and documentation study. Data analysis was performed using the Milles and Huberman approach, namely data reduction, data display and data verification. Testing the validity of the data using the method triangulation technique. The conclusions of this study are: 1) the implementation of active learning in partner schools begins at the planning stage, the teacher makes lesson plans, learning scenarios and prepares learning media that refers to the characteristics of active learning by applying the concept of MIKiR (Experiencing, Interaction, Communication and reflection) which obtained through collaboration with Tanoto Foundation. At the implementation stage, the teacher applies the MIKiR concept in the learning process. At the assessment stage, not all teachers have made varied assessments, most of the assessments are carried out by means of tests. 2). The implementation of a reading culture carried out by partner schools is carried out by continuously carrying out habituation activities in schools, fulfilling and improving facilities and infrastructure to support the development of a reading culture in schools, providing real examples or exemplary by school principals and teachers, building cooperation with various parties such as the Jambi University and the Tanoto Foundation Private Institution to support the development of a reading culture and set up reading clinics in schools.

Keywords: Implementation, Active Learning, Reading Culture, Excellence School

Author Biography

Yantoro Yantoro, PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Ketua Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Dosen PGSD FKIP Universitas Jambi

References

Hamalik, U.2017. Dasar dasar pengembangan kurikulum.Bandung PT emaja Rosdakarya

Hasibuan, J. J., Ibrahim, dan A. J. E. Toenlioe. Proses Belajar Mengajar: Ketrampilan Dasar Pengajaran Makro. Bandung: Remaja Rosda Karya, 1993.

Lezotte, Lawrence W. and Jo-Ann Cipriano Pepperl. The Effective Schools Process: A Proven Path to Learning for All. Effective Schools Products, Ltd., Okemos, MI, 1990.

Pasiak, T.(2004) Membangunkan Raksasa Tidur : Optimalkan kemampuan Otak Anda dengan Metode Alissa. Jakarta : Gramedia

Republik Indonesia. Permendiknas No 24 tahun 2007.Tentang standar sarana dan prasarana untuk sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah tentang ruang perpustakaan.

Sagala, S.2010. Manajemen strategic dalam meningkatkan mutu Pendidikan Bandung Alfabeta

Silberman.2103.Belajar Aktif. Jakarta PT Indeks

Tanoto Foundaton.2018 Modul 1 Praktik baik dalam manajemen berbasis sekolah. Jakarta. Tanoto Foundation

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca sebagai suatu ketrampila berbahasa. Bandung angkasa

Wahjosumidjo (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teori dan. Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Published

2020-08-31

Issue

Section

Artikel