Efektivitas Model Guided Discovery Learning untuk Video Pembelajaran dalam Mengetahui Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Khilya Ulfa, Achmad Buchori, Yanuar Hery Murtianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1)Apakah terdapat perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran guided discovery learning berbantu video pembelajaran dengan software Aurora 3D Presentation dan Camtasia Studio dengan model pembelajaran konvensional (2) Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran guided discovery learning berbantu video pembelajaran dengan software Aurora 3D Presentation dan Camtasia Studio lebih baik dari siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (3)Apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang dierikan perlakuan mencapai tuntas secara klasikal maupun individual. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling terpilih kelas XI Akuntansi 1 yang diberikan perlakuan dan kelas XI Pemasaran 2 yang diberikan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode non tes. Berdasarkan uji prasyarat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal, mempunyai varians yang sama, dan mempunyai kemampuan awal yang sama. Hasil penelitiannya adalah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan pembelajaran model guided discovery learning berbantuan video pembelajaran dan pembelajaran konvensional, model pembelajaran guided discovery learning berbantu video pembelajaran lebih baik dari pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang menggunakan model Guided Discovery Learning berbantuan video pembelajaran mencapai tuntas klasikal maupun individual.

Keywords

aurora 3d presentation; camtasia studio; efektivitas; guided discovery learning; kemampuan pemecahan masalah

References

Buchori, Achmad. (2010). Keefektivan Penggunaan Autograph, Cabri 3D dan Maple Sebagai Media Pembelajaran Matematika. 1(1).

Gunantara, G., Suarjana, I. M., &Riastini, P. N. (2014).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurrnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Hertiavi.(2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia.6(1).

Murtianto, Yanuar Hery dan Lukman Harun. (2014). Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif Ditinjau dari Regulasi Diri Siswa. AKSIOMA. Vol 5. No 2. Hal 76-92.

Nurhajati.(2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Model PembelajaranKooperatif Berbantuan Program Cabri 3D Terhadap Kemampuan Penalaran DanKoneksi Matematis Siswa SMA Di Kota Tasikmalaya.1(1).


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i2.888

Refbacks

  • There are currently no refbacks.