Pengembangan Media Presentasi Visual dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika di SMP

Yulianti Yulianti, Achmad Buchori, Yanuar Hery Murtianto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika. Metode yang digunakan ADDIE. (1) Analyze, analisis kebutuhan siswa menunjukkan siswa membutuhkan media pembelajaran. (2) Design, produk yang dihasilkan pada penelitian ini media presentasi visual powerpoint for android. (3) Development, media yang dikembangkan kemudian divalidasi oleh ahli media persentase 89% dan ahli materi 84% sehingga dikatakan valid. (4) Implementation, tanggapan siswa di kelas VIII C tingkat pencapaian sebesar 88% berada pada kategori praktis. (5) Evaluation, data dalam penelitian ini terdiri dari data awal berupa nilai yang diperoleh melalui nilai ulangan harian. Data akhir berupa nilai yang diperoleh melalui posttest. Hasil dari posttest kedua kelas dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji-t pihak kanan) didapat diperoleh dan maka kesimpulan H0 ditolak. Jadi disimpulkan bahwa pengembangan media presentasi visual powerpoint for android dengan pendekatan kontekstual valid digunakan dan efektif serta praktis dari pada pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika di SMP.

Keywords

powerpoint for android; pendekatan kontekstual

References

Agustan, S. 2016. Usage of Contextual Approach to Increase Student’s Understanding in Learning Mathematics. IOSR Journal of Mathematics, 12 (6), 118-122.

Amin, Ahmad Kholiqul dan Novi Mayasari. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika Ikip Pgri Bojonegoro. Magistra, 94 (27), 12-23.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Banu, Sakila dan Vijayakumar, Kanakasabapathi. 2013. An Ide For Android Mobile Phones With Extended Functionalities Using Best Developing Methodologies. International Journal of Computer Networks & Communications, 5 (4), 131-145.

Buchori, Achmad, dkk. 2015. Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Tapps Pada Materi Barisan Dan Deret Kelas X Semester I di SMA Nasima Semarang. JKPM, 2 (2), 1-7.

Ekowati, Ch. Krisnandari, dkk. 2015. The Application of Contextual Approach in Learning Mathematics to Improve Students Motivation At SMPN 1 Kupang. International Education Studes, 8 (8), 81-86.

Jawale, Damini S., dkk. 2015. Android based PC Remote Control using Wi-Fi. International Journal of Computer Science and Mobile Computing, 4 (3), 732-738.

Makari, K. Eben. 2013. The Use Of Contextualised Teaching And Learning In Grade 11 and 12 Mathematics Classrooms In Gobabis, Namibia. Journal for Studies in Humanities and Social Sciences, 2 (1), 73-85.

Murtianto, Yanuar Hery. 2014. Pengembangan Strategi Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Pendekatan Metakognitif ditinjau dari Regulasi diri Siswa. AKSIOMA. 5(2).

Nursit, Isbadar. 2015. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Power Point (Macro-Enabled) Pada Mata Kuliah Geometri Euclid Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Media Pendidikan Matematika “J-MPM”, 4 (1), 38-46.

Pribadi, Benny. 2010. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.

Putra, Nusa. 2013. Research & Development Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. RajaGrafinda Persada.

Sandy, Teguh Arie. 2017. PowerPoint For Android.Yogyakarta: CV Budi Utama.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: PT Tarsito Bandung.

Suminto. 2016. Ektivitas Model Pembelajaran Open Ended Dengan Media Power Poin Pada Materi Lingkaran Dan Bangun Ruang Kubus Dan Balok. Jurnal e-DuMath, 2 (1), 28-37.

Syahbana, Ali. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning. Edumatica, 2 (1), 45-57.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i2.859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.