Pengembangan Bahan Ajar Statistika untuk Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini pada Matakuliah Statistika

Yenni Yenni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemahaman matematis mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) pada matakuliah Statistika. Pemamahaman matematis mahasiswa PGPAUD rendah karena ketidakminatan mereka dalam menempuh matakuliah yang dinilai melelahkan. Berdasarkan hal tersebut, penanganan yang dilakukan adalah dengan menyajikan bahan ajar yang representative dan mampu mengembangkan kemampuan pemahaman matematis. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan, berupa pengembangan bahan ajar. Sumber data ditentukan secara purposive dengan maksud dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal. Prosedur pengembangan dimulai dengan fase investigasi awal; fase desain; fase realisasi/konstruksi; fase tes, evaluasi dan revisi serta fase implementasi. Berdasarkan hasil analisis diperoleh data bahwa nilai uji materi ajar sangat kuat, uji pendidikan sangat kuat, uji kepraktisan sangat praktis dan uji keefktifan sangat efektif. Dengan demikian, bahan ajar statistika yang telah disusun layak dipergunakan untuk mengembangkan kemampuan pemahman matematika

Keywords

pengembangan; bahan ajar; pemahaman matematis

References

Amalia P.R., Wuryanyo, Sukestiyarno Y. L. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Multi Level Pada Materi Aritmetika Sosial Sekolah untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan. Unnes Journal of Mathematics Education (138-145)

Delekori Alfonsus, Yenni, Badawi Achmad. 2014. Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap kemampuan Pemahaman Konsep matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Tangerang. Skripsi Universitas Muhammadiyah Tangerang : Tidak diterbitkan.

Dharma, Surya. 2008. Penulisan Modul. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan.

Khomsiatun Siti, Renawati Heri. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Penemuan Terimbing untuk Meningkatkan kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol 2 No 1, Mei 2015 (92-106)

Ningrum Widaningsih, Yenni. 2016. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa antara yang mendapat Model Pembelajaran Course Riview Horay dan Numbered Head Together. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. Volume 9 Nomor 1. Febuaro 2016 (116-123)

Prastowo. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif, Yogyakarta : Diva Press

Safitri Prahesti Tirta, 2016. Pengembangan Bahan Ajar matematika Level IGCSE Berbasis Tugas terstruktur Bagi mahasiswa Calon Guru Matematika. JPPM Vol. 9 No 1

Sudarwan Robert edy, Retnawati Heri. (2015). Pengembangan Perangkat Assesment Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Geometrid dan Pengukuran SMP/MTs. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Vol 2. Nomor 2. November 2015 (251-261).

Yenni, Komalasari Risna. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemahaman dan Koneksi Matematis Siswa SMP. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1 No 1 April 2016 (71-83)


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v2i1.522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.