Pengaruh Kemampuan Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 8 Tarakan

Alfian Mucti (1), Nurmala R (2)
(1) Universitas Borneo Tarakan, North Kalimantan, Indonesia,
(2) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh number sense terhadap hasil belajar matematika siswa di SMP Negeri 8 Tarakan sehingga guru dapat merencanakan pembelajaran dari karakteristik number sense yang mereka miliki. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di SMP N 8 Tarakan sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dimana kemampuan number sense siswa sebagai X dan hasil belajar matematika siswa sebagai Y. dari hasil penelitian diperoleh model persamaan linier regresi sederhana 14Y=4,003+0,22 X  dimana jika kemampuan number sense siswa nol maka hasil belajar matematika siswa 4,003 sedangkan jika kemampuan number sense meningkat sebesar 1 satuan maka hasil belajar siswa akan naik sebesar 0,22. Sedangkan dengan menggunakan R square diperoleh nilai sebesar 0,163 artinya pengaruh number sense hanya sekitar 16,3% terhadap hasil belajar matematika, artinya salah satu hal yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa adalah kemampuan number sense.

Full text article

Generated from XML file

References

Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

A.M. Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Greeno, J.G. (1978). Natures of problem solving abilities. In W.K. Estes (ed) Handbook of learning and cognitive processes. Volume 5. Human Information Processing; New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publisher.

Indriati, I., & Hartono, Y. (2011). Penerapan model pembelajaran cooperative tipe STAD dengan soal-soal pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika di SMA negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 157-170. https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.583.

Mucti, A., Izzatin, M., & Nurmala, R. (2018) Pengembangan media “card 24†pada siswa SD kelas V dalam operasi hitung bilangan bulat. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 45-52. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5119.

Riduwan. (2012). Metode & teknik menyusun proposal penelitian. Bandung: Alfabeta.

Saleh, A. (2009). Number sense. Belajar matematika selezat coklat. Bandung: Trans Media Pustaka.

Sugiyono. (2015). Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Authors

Alfian Mucti
alfianmucti@gmail.com (Primary Contact)
Nurmala R
Author Biography

Alfian Mucti, Universitas Borneo Tarakan, North Kalimantan

Google Scholar ID: 

https://scholar.google.co.id/citations?hl=id&user=Uk1pvAQAAAAJ

SINTA ID:

http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6174998&view=overview
Mucti, A., & R, N. (2020). Pengaruh Kemampuan Number Sense terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SMP Negeri 8 Tarakan. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 12–18. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3660

Article Details