Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Statistika Berdasarkan Gaya Belajar

Maya Safitri, Umi Farihah

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana terkadang siswa tidak begitu memperdulikan tatanan dalam menjawab ataupun penggunaan simbol yang mereka gunakan dalam menyelesaikan masalah matematika. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih belum mencapai hasil yang maksimal. Salah satu yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa adalah gaya belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual, audiotori, dan kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika materi statistika kelas IX di SMP Negeri 1 Jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah enam orang siswa yang dipilih berdasarkan gaya belajar, terdiri dari dua siswa gaya belajar visual, dua siswa gaya belajar audiotori, dan dua siswa gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner, tes kemampuan komunikasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar audiotori mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis.

Keywords

gaya belajar; kemampuan komunikasi matematis; menyelesaikan masalah

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Asri, K., & Permana, F. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Statistik. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(4), 58-65.

Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 204-212.

Farihah, U. (2018). Student’s Thinking Preferences in Solving Mathematics Problems Based on Learning styles: a Comparison of Paper Pencil and Geogebra. Journal of Physics: Conf. Series 1008 (2018) 012079.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo.

Milles B. M., dkk. (2014). Qualitative Data Analysis a methods Sourcebook. United States of America. NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America.

Nurhidayah, D. A. (2015). Pengaruh Berprestasi Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 13-24.

Polya, G. (2004). How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Sari, I. P. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematika Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Wajo pada Materi Statistika. Jurnal Nalar Pendidikan, 5(2), 86-92.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vebri, N. A. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Ukuran Pemusatan Data ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Skripsi, Diterbitkan. Universitas Negeri Jember.

Wulandari, R. (2018). Kemampuan Komunikassi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dalam Menyelesaikan Sola Materi Lingkaran Kelas VIII-A MTs Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Skripsi. Diterbitkan. IAIN Tulungagung.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i2.3506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.