Regresi Logistik Biner dalam Menentukan Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya

Nikie Ramsi Tamnge (1)
(1) Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

Abstract

Quality of service is seen as one of the tools to achieve a competitive advantage because it is one of the factors that determine the selection something that can satisfy the students. Student satisfaction will be achieved if the quality of services provided according to needs. Student satisfaction itself can be defined as a student feeling after comparing the perceived outcome with expectations. This study aimed to determine the effect of service quality of BAAK on student satisfaction FKIP Muhammadiyah University of Surabaya. This study used quantitative descriptive design. The samples were taken from FKIP students proportionally in each department. There were five explanatory variables used in this study, namely: tangible (ð‘‹1), reliability (ð‘‹2), responsiveness (ð‘‹3), assurance (ð‘‹4), and emphaty (ð‘‹5). While the response variable is student satisfaction (ð‘Œ). Based on the partial test using binary logistic regression, it was known that the five explanatory variables were variables that influenced individual student satisfaction.

Full text article

Generated from XML file

References

Agresti, A. 1990. Categorical Data Analysis. New York: John Wiley & Sons.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Hosmer, D. W. and Lemeshow, S. 2000. Applied Logistic Regression. New York: John Wiley & Sons.

Ikmaluhakim, Dihein Reksa. 2012. Pengukuran Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan BAAK ITSâ€. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Jaelani, Ujang. 2010. Pendeteksian Outlier dalam Regresi Logistik Biner dengan Metode Detects Outliers Using Weights (DOUW). Bandung: Universitas Padjadjaran Bandung.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane . 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Melawati, Yuni. 2013. Klasifikasi Keputusan Nasabah dalam Pengambilan Kredit Menggunakan Model Regresi Logistik Biner dan Metode Classification and Regression Trees (CART) (Studi Kasus pada Nasabah Bank BJB Cabang Utama Bandung). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Nawawis, Wawis. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Online Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Pusat Data dan Informasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang). Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Paramita, Septa. 2011. Penerapan Analisis Regresi Logistik Biner untuk Mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Matahari Departement Store Malang Town Square). Malang: Universitas Negeri Malang.

Samosir, Zurni Zahara. 2005. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU†(Online). Diakses dari: http://www.repository.usu.ac.id. 2 Februari 2015.

Santoso, Ratno Dwi dan Kusnadi, Mustadjab Hary. 1992. Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Saputra, Randi Lefino. 2014. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Administrasi Pegawai Biro Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan (BAAK) di Universitas Negeri Padang†(Online). Diakses dari: http://ejournal.unp.ac.id. 24 januari 2015.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 1978. Perbedaan antara Pemimpin dan Aktivis dalam Gerakan Protes Mahasiswa. Jakarta: Bulan Bintang.

Siswoyo, Dwi dkk. 2007. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Srinadi, I Gusti A. M. dan Nilakusumawati, Desak P. E. 2008. “Faktor-faktor penentu Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Fakultas Sebagai Lembaga Pendidikan†(Online). Diakses dari: http://www.journal.uny.ac.id. 4 Februari 2015.

Suchaeri, Heri. 2012. Total Customer. Solo: Metagraf.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjaraka, Heru dan Handriana, Tantri. 2006. Pengaruh Komitmen Manajemen Atas Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Kepuasan Mahasiswa Melalui Kepuasan Kerja Frontliner dan Persepsi Mahasiswa Atas Kualitas Layanan. Surabaya: Universitas Airlangga.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2007. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Waridah, Emawati dan Suzana. 2014. Kamus Bahasa Indonesia untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Umum. Bandung: Ruang Kata.

Winarto, dkk. 2012. “Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan

Bidang Akademik Politeknik Negeri Semarang†(Online). Diakses dari: http://www.polines.ac.id. 4 Februari 2015.

http://www.um-surabaya.ac.id/baak/profil.html# Diakses pada: 22 Juni 2015.

Authors

Nikie Ramsi Tamnge
end_sby@yahoo.com (Primary Contact)
Tamnge, N. R. (2016). Regresi Logistik Biner dalam Menentukan Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 1(2), 222–233. https://doi.org/10.30651/must.v1i2.241

Article Details