Pemahaman Mahasiswa tentang Konsep Grup pada Mata Kuliah Struktur Aljabar

Hanim Faizah

Abstract

Pemahaman konseptual harus ditekankan bagi setiap mahasiswa Pendidikan Matematika. Pemahaman konseptual adalah pemahaman konsep-konsep matematika, operasi dan relasi dalammatematika. Dalam struktur aljabar, mahasiswa dapat belajar tentang pentingnya peran timbal balik antara konsep matematika dan bahasa. Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika yaitu dengan menunjukkan pemahaman konsep matematika yang dipelajarinya, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Namun dalam kenyataannya, masih banyak mahasiswa yang belum belum menguasai konsep pada teori grup, dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan masih banyaknya nilai mahasiswa yang kurang memuaskan. Berdasarkan penelitan yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti lain sebelumnya diketahui bahwa pemahaman mahasiswa tentang konsep grup sangat dipengaruhi oleh kemampuan matematis mahasiswa.

Keywords

grup; kemampuan matematika; pemahaman konseptual

References

Ag, M. M., dan Fathani, A. H. (2007). Mathematical Intelligence. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Arnawa, M. I. (2006). “Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Mahasiswa dalam Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS”. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Depdiknas (2003). Pedoman Khusus Pengembangan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi SMP. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Darminto, B. P. (2009). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aljabar dan SikapMahasiswa Calon Guru Matematika terhadap Pembelajaran Berbasis Komputer. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Aljabar, Pengajaran dan Terapannya. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta.

Fadhilah, N. (2014). Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Volume Prisma Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Fadillah, S., dan Jamilah. (2016). “Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa”. Yogyakarta: Jurnal Ilmiah Cakrawala Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Hanifah dan Abadi, A. P. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Teori Grup. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 235-244.

Ikrimah dan Darwis, M. (2016). Understanding Student Profile SMP IT Al-Fityan Gowa School Class IX at Problem Solving Viewed from The Reasoning Ability of Mathematics. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 129-142.

Jafar. (2013). Membangun Pemahaman yang Lengkap (Completely Understanding) dalam Pembelajaran Konsep Grup. KNPM V Himpunan Matematika Indonesia.

Kesumawati, N. 2008. Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008.

Listiawati, E. (2015). Pemahaman Mahasiswa Calon Guru pada Konsep Grup. Jurnal APOTEMA, 1(2).

Nickerson, R. S. (1985). Understanding understanding. American Journal of Education, 43(2), 201-239.

Rahayuningsih, S. (2018). Pemahaman Konsep Mahasiswa Perempuan dalam Menyelesaikan Masalah Grup. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(1), 70-81.

Rubowo, M. R., dan Wulandari, D. (2017). Profil Pemahaman Konseptual Mahasiswa Pendidikan Matematika Tentang Ring pada Mata Kuliah Struktur Aljabar 2 Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Semarang: Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (2nd SENATIK) Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI-Universitas PGRI Semarang. Dapat diakses secara Online http://prosiding.upgris.ac.id/index.php/sen_2017/sen_2017/paper/view/1692/1674

Sudjana, N. (1992). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Van de Walle, J. A., Karp, K. S., & Bay-Williams, J. M. (2010). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. USA: Pearson Education, Inc.


DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v4i1.2267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.