Pengaruh Tangibility, Pertumbuhan Penjualan dan ROA Terhadap DAR Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks LQ-45 Tahun 2018-2020

Penulis

  • Ika Lingga Febriyanti Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nurullaili Mauliddah Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v2i1.12989

Abstrak

The purpose of this study was to test and empirically prove the effect of Tangibility, Sales Growth and Return on Assets (ROA) on the Debt to Asset Ratio (DAR) of Companies Incorporated in the LQ-45 Index 2018-2020. The following research uses a quantitative approach and uses multiple linear regression analysis with data processing using the Eviews 9 program tool. The sampling method uses purposive sampling technique. The sample of this study consisted of 19 companies. The results show that tangibility, sales growth and return on assets simultaneously have a significant effect on the debt to asset ratio with a probability value of 0.0000. The t-test shows that the tangibility and return on assets variables have a significant effect on the debt to asset ratio, while sales growth has no significant effect on the debt to asset ratio. The value of the coefficient of determination in this study amounted to 0.379 or 38% which means that the contribution of the independent variable to the dependent variable.

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh tangibility, pertumbuhan penjualan dan return on asset terhadap debt  asset ratio perusahaan yang tergabung dalam Indeks LQ-45 tahun 2018-2020. Penelitian berikut menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan pengelolahan data menggunakan alat bantu program Eviews 9. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 19 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tangibility, pertumbuhan penjualan dan return on asset secara simultan berpengaruh signifikan terhadap debt asset ratio dengan nilai probabilitas 0,0000. Dengan dilakukan uji t menunjukkan bahwa variabel tangibility dan return on asset berpengaruh signifikan terhadap debt asset ratio sedangkan pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap debt asset ratio. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini berjumlah 0,379 atau sebesar 38% yang berarti bahwa besarnya kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen.

Keywords: Tangibility, Pertumbuhan Penjualan, Return on Asset, Debt Asset Ratio

Biografi Penulis

Ika Lingga Febriyanti, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Nurullaili Mauliddah, Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Referensi

Ajija, & Rohmatul, S. (2011). Cara Cerdas Menguasai Eviews. Jakarta: Salemba Empat.

Ali, K. (2009). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal serta Pengaruhnya Terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate yang Go-Public di BEI. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. II, Hal. 38-45.

Amalia, H. &. (2017). Komparasi Metode Data Mining Untuk Penentuan Proses Persalinan Ibu Melahirkan. Jurnal Sistem Informasi, 13(2), 103-109. Retrieved from https://doi.org/10.21609/jsi.v13i2.545

Aprill, C. B. (2013). Belajar Data Mining Dengan Rapid Miner. Jakarta, April 2013.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bayadi, T., Suwendra, I. W., & Yudiaatmaja, F. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas terhadap Struktur Keuangan. E-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4.

Fahmi, I. (2016). Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Fatihudin, D. (2020). Metodologi Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Sidoarjo: Zifatma Publisher.

Fitri Fauziah, A. H. (2018). Pengaruh Pertumbujan Penjualan, Leverage Operasi, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2014-2015). Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, Vol. 6, No. 1-12.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS. Edisi Ketujuh. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.

Nita, A., & Stella. (2015, Maret). Pengaruh Struktur Aset,Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Resiko Bisnis, Dividen dan Degree Of Operating Leverage Terhadap Struktur Keuangan. Jurnal Media Bisnis, Vol. 7, No. 1-7.

Oktavia, S. I. (2013). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Operating Leverage dan Profitabilitas terhadap Struktur Keuangan pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI. Universitas Negeri Padang.

Pandey, I. M. (2001). Capital Structure And the Firm Characteristics: Evidence Form an Emerging Market. IIMA Working Paper.

Priyanto, D. (2013). Mandiri Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Rasul, A. A. (2011). Ekonometrika (Formula dan Aplikasi dalam Manajemen). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Riyanto, B. (2016). Dasar Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Rosadi, D. (2012). Ekonometrika & Runtut Waktu Terapan dengan EVviews: Aplikasi Untuk Bidang Ekonomi, Bisnis dan Keuangan Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sartono, A. (2010). Manager Keuangan teori dan aplikasi. Edisi 4. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sudana, I. M. (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori & Praktik. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Widarjono, A. (2009). Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya. Yogyakarta: Ekonosia.

www.idx.co.id (diakses pada tanggal 12 Maret 2021)

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-30